Apa Itu Stroma dan Grana?

ASTALOG.COM –  Pengertian Kloroplas

Kloroplas adalah organel sel yang ditemukan di tumbuhan dan alga. Fungsi kloroplas adalah untuk menghasilkan energi yang berasal dari sinar matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam glukosa. Kloroplas merupakan bagian dari plastida yang menjadi tempat penyimpanan senyawa kimia penting. Kloroplas terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian amplop dan bagian dalam.

Bagian-bagian Kloroplas.

Berikut adalah bagian-bagian kloroplas:

– Membran: Membran kloroplas adalah struktur membran ganda yang terdapat di membran luar dan membran dalam. Masing-masing membran ini adalah bilayer fosfolipid, dan tebalnya sekitar 6 – 8 nm. Sebuah ruang tebal hadir sekitar 10-20 nm antara dua membran yang dikenal sebagai ruang antarmembran.

– Stroma: cairan yang berada dalam membran membran ganda disebut stroma. Komponen internal serta beberapa zat terlarut tersebar ke stroma. Stroma kaya protein, dan mengandung beberapa enzim yang diperlukan untuk proses penting seluler. DNA kloroplas juga hadir dalam stroma bersama dengan ribosom dan molekul lain yang diperlukan untuk sintesis protein. Pati disintesis melalui fotosintesis disimpan dalam stroma dalam bentuk butiran.

– Tilakoid: Selain dua membran yang membentuk membran, kloroplas mengandung sistem membran internal yang ketiga yang disebut membran tilakoid. Tilakoid internal, membran-terikat kompartemen yang dibentuk oleh membran tilakoid tersebut. Bagian internal tilakoid disebut lumen tilakoid, dan berisi plastocyanin dan molekul lain yang diperlukan untuk pengangkutan elektron.

– Grana: Beberapa tilakoid tersebut diatur dalam bentuk cakram yang ditumpuk antara yang satu dengan yang lain. Tumpukan ini disebut grana, dan terhubung satu sama lain melalui tilakoid intergrana atau tilakoid stroma.

– Fotosistem: Hadir dalam membran tilakoid, ini adalah unit struktural dan fungsional untuk memanfaatkan energi matahari. Sebuah fotosistem terdiri dari pusat reaksi yang dikelilingi oleh penangkap cahaya matahari atau antena kompleks yang mengandung klorofil, karotenoid, dan pigmen fotosintetik lainnya, serta protein yang terkait.

– Peripheral Retikulum: kloroplas tanaman tertentu mengandung paket tambahan membran tubulus yang disebut retikulum perifer yang berasal dari membran dalam membran. Vesikel tunas kecil yang terlepas dari membran dalam kloroplas, dan berkumpul untuk membentuk tubulus dari retikulum perifer.

Grana dan stroma memainkan peran penting dalam fotosintesis dan fotorespirasi.
Pengertian Fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses pembuatan molekul makanan berenergi tinggi dari komponen yang lebih sederhana, yang dilakukan oleh tumbuhan autotrof (tumbuhan yang dapat membuat makanan sendiri). Fotosintesis berasal dari kata foton yang artinya “cahaya” dan sintesis yang artinya “penyusun”, jadi fotosintesis juga diartikan dengan proses biokimiawi yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan energi (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya.

Daun merupakan komponen utama pada tumbuhan yang berperan dalam fotosintesis ini, pada daun terdapat klorofil (zat hijau daun), nah klorofil inilah yang akan menyerap energi matahari sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi (nutrisi).

Daun merupakan komponen utama pada tumbuhan yang berperan dalam fotosintesis ini, pada daun terdapat klorofil (zat hijau daun), nah klorofil inilah yang akan menyerap energi matahari sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi (nutrisi).

Perannya dalam Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses tergantung cahaya yang melibatkan penyerapan karbon dioksida molekul dan air untuk mensintesis glukosa, sehingga melepaskan molekul oksigen. Reaksi fotosintesis terjadi di grana dan stroma dari kloroplas.

* Grana
Tilakoid dari grana adalah situs untuk reaksi terang fotosintesis. Membran tilakoid mengandung kompleks pemanenan cahaya yang disebut fotosistem I (PS I) dan fotosistem II (PS II). Kompleks ini mengandung klorofil dan pigmen fotosintesis lain yang menjadi entitas menyerap cahaya. Reaksi terang fotosintesis melibatkan fotolisis molekul air dan generasi NADPH2 dan molekul ATP.

Fotolisis air terjadi di PS II, dan ini melibatkan pemisahan dua molekul air menjadi oksigen, proton dan elektron dengan memanfaatkan energi dari foton. Proton, sehingga dihasilkan, berpartisipasi dalam sintesis ATP sedangkan elektron diangkut ke PS I melalui rantai molekul secara kolektif disebut sistem transpor elektron (ETS). Selama ini transportasi, elektron kehilangan energi. Di PS I, elektron kembali bersemangat dengan memanfaatkan energi dari foton, dan pengurangan NADP ke NADPH2 dicapai dengan memanfaatkan elektron dan proton.

* Stroma
Stroma adalah situs untuk reaksi gelap atau terang-independen fotosintesis. Reaksi gelap melibatkan pemanfaatan NADPH2and ATP dari reaksi terang untuk mengurangi karbon dioksida diserap dari atmosfer. Proses ini disebut sebagai siklus Calvin dan terdiri dari serangkaian reaksi kimia. Enzim-enzim yang dibutuhkan untuk katalisis reaksi ini hadir dalam stroma. Molekul-molekul yang dihasilkan diubah menjadi pati dan disimpan dalam kloroplas atau diangkut ke sitosol di mana mereka akan dikonversi ke gula, asam amino, dan asam lemak