Manfaat Tanaman Buah Jeruk Nipis

ASTALOG.COM – Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, dengan beberapa ciri-ciri antara lain: berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit, dimana rasanya agak serupa dengan lemon. Perasan air jeruk nipis sering digunakan untuk membuat rasa pada makanan menjadi asam.

Manfaat Tanaman Buah Jeruk Nipis

Jika kita mencari tahu tentang manfaat jeruk nipis, maka beragam manfaat dari buah ini dapat kita temukan jawabannya. Mulai dari manfaat dalam bidang kesehatan termasuk diet dan juga dalam bidang kecantikan. Jeruk nipis memang sangat cocok dan menjadi solusi alami bagi mereka yang ingin mencoba menurunkan berat badan tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

Ada banyak sekali kandungan yang ada di dalam buah yang berasa asam ini, terutama adalah vitamin C. Selain itu jeruk nipis juga mengandung asam folat dan potasium. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pengurangan lemak. Apalagi jeruk nipis juga mengandung limonin yang berkhasiat bagi tubuh untuk mencegah sel-sel di organ hati memproduksi zat apo B, yaitu suatu zat yang erat hubungannya dengan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet dan kesehatan tubuh:

  1. Melancarkan pencernaan. Jika kita mengkonsumsi air hangat yang sudah dicampurkan dengan jeruk nipis, ternyata hal itu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Minuman tersebut akan membantu mengaktifkan dan merangsang proses pencernaan sehingga akan membuat tubuh tetap fit dan sehat. Dengan lancarnya pencernaan, maka proses pembakaran lemak dan pengurusan badan yang diinginkan pasti akan lebih cepat terwujud.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat sedang melakukan diet, mungkin kita akan kekurangan nutrisi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Namun dengan mengkonsumsi jeruk nipis, maka kita akan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup baik, dimana vitamin C sendiri bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan lebih kuat terhadap serangan penyakit. Dengan demikian kita akan tetap fit selama melakukan program diet.
  3. Mencegah sembelit. Tak bisa dipungkiri bahwa sembelit terkadang juga menjadi masalah yang cukup mengganggu saat seseorang sedang berdiet. Oleh karena itu, segelas air jeruk nipis yang hangat akan membantu dalam melancarkan gerakan usus sehingga juga akan membantu dalam mencegah segala hal yang berhubungan dengan sembelit.
  4. Detoksifikasi. Ketimbang harus melakukan detoks dengan obat-obatan kimia, mungkin kita perlu mencoba mengkonsumsi berbagai olahan jeruk nipis terutama air jeruk nipis. Jeruk nipis juga bisa membantu tubuh dalam membuang racun-racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh sehingga kita bisa merasa lebih sehat setelah mengkonsumsinya.
  5. Menurunkan berat badan lebih efektif. Berbagai kandungan di dalam jeruk nipis terutama vitamin C dan serat ternyata sangat berdampak positif bagi orang yang sedang melakukan diet. Dengan mengkonsumi air jeruk nipis, maka akan membantu dalam memberikan rasa kenyang yang lama dan membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih efektif.
  6. Pencegah diabetes yang efektif. Jeruk nipis mengandung serat larut yang cukup melimpah. Serat larut ini berfungsi untuk mengatur kadar gula di dalam darah sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula didalam darah secara berlebihan.
  7. Jantung yang lebih sehat dan kuat. Jeruk nipis berperan dalam menurunkan tekanan darah, memusnahkan kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang berkontribusi besar pada makin menurunnya penyakit jantung maupun stroke.
  8. Ampuh menyehatkan organ mata. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang bertindak sebagai antioksidan alami yang berperan dalam melindungi fungsi mata dari umur yang terus bertambah plus penurunan penglihatan di masa tua.
  9. Pertolongan pertama pada demam. Sumber vitamin C pada jeruk nipis juga memiliki fungsi untuk menurunkan suhu tubuh akibat demam secara alami. Jadi, jangan langsung panik, jika menderita demam dalam skala ringan maupun sedang.
  10. Nutrisi sempurna untuk kulit. Air perasan jeruk nipis dapat meremajakan kulit dan membuatnya lebih bersinar. Selain itu jeruk nipis juga dapat mengurangi bau badan serta menghilangkan ketombe yang menganggu kulit kepala.