Apa yang Dimaksud Kalimat Definisi?

ASTALOG.COM – Kata “definisi” berasal dari kata Latin definitio yang berarti “penentuan arti” atau “pembatasan”. Sekarang ini, pengertian definisi adalah keterangan yang merupakan uraian atau penjelasan tentang arti suatu kata atau ungkapan yang membatasi makna suatu kata atau ungkapan tersebut. Kata atau ungkapan yang hendak dijelaskan disebut definiendum, sedangkan bagian yang menjelaskan definiendum itu disebut definiens.

Definisi dapat dibagi menjadi dua bagian besar yakni definisi nominal (verbal) dan definisi real.
1. Definisi nominal terdiri atas definisi nominal umum dan definisi nominal khusus.
2. Defenisi real terdiri atas definisi real esensial dan definisi real deskriptif.

Pengertian Definisi

Definisi adalah menganalisis jenis dan sifat pembeda yang dikandungnya. Genera kita sebut untuk mendekatkan pikiran kita, karena dengan genera suatu barang atau benda akan mudah dikenal, termasuk kelompok apa, dan dengan menyebutkan differentia kita akan sampai pada pengertian kata yang kita definisikan. Dengan menggunakan contoh diatas, maka dapat kita lihat bahwa Ayah merupakan definiendum sedangkan orang tua laki-laki adalah definiens, yang bisa kita bedakan menjadi orang tua sebagai genera dan laki-laki sebagai differentia.

Dalam setiap definisi terbagi lagi menjadi dua, yaitu genera (genus), dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah jenis differentia (difference), dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah sifat pembeda

Jadi dalam mendefinisikan suatu kata adalah menganalisis jenis dan sifat pembeda yang dikandungnya. Genera kita sebut untuk mendekatkan pikiran kita, karena dengan genera suatu barang atau benda akan mudah dikenal, termasuk kelompok apa, dan dengan menyebutkan differentia kita akan sampai pada pengertian kata yang kita definisikan.

Bagian Definisi

Bagian dari efinisi terdiri dari:
1.definisi nominalis
2.definisi realis
3.definisi praktis

Ciri-ciri Difinisi

Dilansir dari wikipedia, suatu arti atau makna kata tidak bisa langsung disebut sebagai definisi, karena definisi mempunyai ciri-ciri khusus. Adapun arti/makna kata bisa diartikan sebagai definisi jika terdapat unsur kata atau istilah yang didefinisikan, atau lazim disebut definiendum. Selanjutnya, di dalam arti tersebut harus terdapat unsur kata, frasa, atau kalimat yang berfungsi menguraikan pengertian, lazim disebut definiens, dan tentunya juga harus ada pilihan katanya.

1. Pilihan kata tersebut ialah di mana definiens dimulai dengan kata benda, didahului kata ada-lah.
Misalnya kalimat Cinta adalah perasaan setia, bangga, dan prihatin dan kalimat Mahasiswa adalah pelajar di perguruan tinggi.
2. Definiens dimulai dengan selain kata benda umpamanya kata kerja atau didahului kata yaitu’.
Sebagai contoh Setia yaitu merasa terdorong untuk mengakui, memahami, menerima, menghargai, menghormati, mematuhi, dan melestarikan.
3. Definiens juga diharuskan memberi pengertian rupa atau wujud diawali kata merupakan, seperti kalimat Mencintai merupakan tindakan terpuji untuk mengakhiri konflik.’ Adapun yang terakhir ialah bahwa definiens merupakan sebuah sinonim yang didahului kata ialah.
Misalnya Pria ialah laki-laki.

Selain contoh diatas, defenisi juga biasa kita temukan dalam bentuk kalimat yang biasa disebut kalimat definisi. Definisi dan kalimat definisi memiliki pengertian yang berbeda.

Pengertian Kalimat Definisi

Kalimat definisi adalah kalimat yg mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

Contoh kalimat definisi :
1. Mamalia adalah binatang yang menyusui.
2. Kucing besar itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.