Bagaimana Tumbuhan Mendapatkan Air dan Nutrisi?

ASTALOG.COM – Dasar bagian tanaman Anda adalah akar, tunas, batang, dan daun. Tentu saja, ada banyak variasi terhadap berbagai jenis tumbuhan, tapi semua bermuara pada 4 bagian tersebut. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda. Bersama-sama, bagian-bagian ini mencerminkan bagaimana tumbuhan berevolusi.

Tanah menawarkan air dan mineral penting. Udara menawarkan karbon dioksida dan energi sinar matahari. Singkatnya, tanaman berkembang dari akar dan tunas. Tunas, pada gilirannya, dapat mengembangkan batang dan daun.

Sebelum membahas bagaimana tumbuhan mendapatkan nutrisinya, mari kita simak dulu bagian-bagian penting dari tumbuhan beserta fungsinya.

Akar

Akar itu bercabang, struktur bawah tanah yang memiliki dua fungsi utama. Pertama, akar menegakkan tumbuhan pada tempat yang tetap. Setelah tanaman berakar dan mulai tumbuh di daerah dengan akses yang baik terhadap kelembaban, nutrisi tanah, dan cahaya, ia menetap di sana.

Kedua, akar berfungsi sebagai sistem transportasi, yang memungkinkan tanaman untuk menyedot air dan nutrisi terlarut dari tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Akar memiliki spesialisasi bagian yang berkembang dari tiga jenis utama dari jaringan tumbuhan: tanah, kulit, dan pembuluh darah.

Bagian-Bagian Penting Tumbuhan

– Tunas
Tumbuhan muda mungkin memiliki tunas sederhana yang sedang berkembang. Bagaimanapun, semakin lama, tunas ini berkembang menjadi batang dan daun. Jadi, batang dan daun sebenarnya merupakan bagian dari sistem tunas.

Secara keseluruhan, sistem tunas memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh lebih tinggi, untuk mendapatkan akses ke sumber energi, dan memungkinkan tanaman untuk mengkonversi energi cahaya menjadi energi kimia gula.

Seperti akar, tunas berkembang dari tanah, kulit, dan jaringan pembuluh darah.

– Batang
Batang adalah struktur kokoh yang tumbuh untuk memberikan tumbuhan kesempatan berjuang untuk menyebarkan daun di bawah sinar matahari. Pertumbuhan batang dapat menambah tinggi tanaman, memperluas wilayah yang dicakup oleh daun, atau tumbuh bahkan langsung dari daerah gelap menuju suatu daerah yang lebih terang.

Untuk memberikan dukungan mekanik pada tumbuhan, batang harus kuat. Untuk membantu memindahkan air dan nutrisi ke seluruh bagian tanaman, batang memiliki pipa transportasi kecil dalam bentuk xilem dan floem.

– Daun
Daun adalah panel surya yang asli, menangkap energi dari sinar matahari dalam proses biokimia yang disebut fotosintesis.

Bagaimana tumbuhan mendapatkan air dan nutrisi?

Tumbuhan menyerap nutrisi dan air melalui akar mereka, tetapi fotosintesis – proses dimana tanaman membuat bahan bakar mereka – terjadi pada daun. Oleh karena itu, tanaman harus mendapatkan cairan dan nutrisi dari bawah ke atas melalui batang ke bagian yang berada di atas permukaan tanah.

Sama seperti hewan, tumbuhan juga mengandung jaringan pembuluh darah (xilem), yang mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, dan floem, yang mengangkut molekul gula, asam amino, dan hormon, baik atas dan ke bawah melalui tanaman.

Daun tanaman juga mengandung pembuluh darah, di mana nutrisi dan hormon bepergian untuk mencapai sel-sel di seluruh daun. Vena yang mudah untuk dilihat pada beberapa daun (pohon maple, misalnya). Dalam beberapa tanaman vena sulit untuk dilihat, tetapi mereka berada di sana.

Sap adalah campuran air dan mineral yang bergerak melalui xilem. Karbohidrat bergerak melalui floem. Ada beberapa “moda transportasi” yang berbeda melalui xilem dan floem; Fungsi utama mereka adalah untuk menjaga semua sel tanaman tetap terhidrasi dan ternutrisi.

Di dalam sel-sel akar, ada konsentrasi tinggi mineral daripada yang ada di tanah sekitar tanaman. Hal ini menciptakan tekanan akar, yang memaksa air keluar dari akar melalui xilem ketika lebih banyak air dan mineral yang “ditarik” ke dalam akar dari tanah. Hasil dari gaya ini mengakibatkan gutasi, yang merupakan pembentukan tetesan kecil di ujung daun atau rumput di pagi hari.

Alasan tetesan terlihat di pagi hari ialah karena transpirasi – hilangnya air dari daun – tidak terjadi pada malam hari, sehingga tekanan menumpuk sampai pagi. Tetesannya tidak hanya berupa air, tapi getah. Dan, tetesan getah adalah bukti bahwa air dan mineral bisa ditarik dari tanah dan diangkut melalui seluruh bagian tumbuhan.

Gutasi dapat bekerja dengan baik untuk tanaman kecil, tapi gravitasi bekerja melawan gerakan ke atas melalui tanaman yang lebih besar, sehingga proses-proses yang lebih aktif terlibat.