Arti dari Hutan Tropis Adalah?

ASTALOG.COM – Hutan tropis adalah hutan alam yang terletak di antara garis 23°27″ Lintang Utara dan 23°27″ Lintang Selatan, berada pada daerah iklim tropis. Hutan Tropis terdapat di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, Australia bagian Utara, sebagian besar wilayah Afrika, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan sebagian besar wilayah Amerika Selatan. Luas dari daerah tropis mencakup 30 persen dari keseluruhan wilayah di permukaan bumi.

Di daerah hutan tropis hanya terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, dengan curah hujan yang tinggi. Berbeda dengan daerah sub tropis atau temperate yang mempunyai empat musim yaitu musim panas (summer), musim gugur (autum), musim dingin (winter) dan musim semi (spring).

Struktur Hutan Tropis
Struktur hutan tropis secara vertikal terdapat beberapa stratifikasi. Struktur vertikal hutan tropis berlapis-lapis disebut stratum yang terdiri dari :

1. Stratum bawah
2. Stratum tengah
3. Stratum atas
4. Pohon tertinggi

Ciri Hutan Tropis
Hutan tropis memiliki ciri sebagai berikut:

1. Curah hujan sangat tinggi, lebih dari 2.000 mm/tahun
2. Pohon-pohon utama memiliki ketinggian antara 20 – 40 m.
3. Cabang pohon berdaun lebat dan lebar serta selalu hijau sepanjang tahun
4. Mendapat sinar matahari yang cukup, tetapi sinar matahari tersebut tidak mampu menembus dasar hutan.
5. Mempunyai iklim mikro di lingkungan sekitar permukaan tanah/di bawah kanopi (daun pada pohon-pohon besar yang membentuk tudung)

Keberagaman Flora dan Fauna di Hutan Tropis
Keragaman jenis satwa maupun flora di daerah hutan tropis sangat tinggi dibandingkan pada lokasi yang lain. Kondisi habitat pada daerah hutan tropis sangat heterogen, menyebabkan muculnya keanekaragaman jenis yang tinggi. Keranekaragaman jenis yang terbesar terdapat pada hutan tropis di Asia Tenggara, kemudian hutan tropis Amazon setelah itu hutan tropis Afrika. Perkiraan jumlah spesies pohon di hutan tropis Asia Tenggara sebanyak 12.000 – 15.000 spesies, untuk hutan tropis Amazon Amerika Latin sebesar 5000 – 7000 spesies, sedang pada hutan tropis Afrika sebesar 2000 – 5000 spesies.

Berikut beberapa hewan yang diketahui hidup dalam hutan tropis.
1. Jaguar
Hantu dari hutan hujan di Amerika Tengah dan Selatan adalah predator puncak di kisaran rumah mereka. Mereka adalah kucing terbesar yang menghuni Amerika dan terbesar ketiga di dunia selain harimau dan singa. Meskipun sebagian besar kucing terkenal karena memiliki keengganan untuk mendekati air, jaguar seperti harimau adalah pengecualian. Mereka sempurna disesuaikan dengan rumah hutan hujan mereka, jaguar sangat nyaman dan lincah berada di dalam air sama halnya seperti mereka di darat.

2. Okapi
Binatang satu ini terlihat seperti persilangan antara zebra dan antelop, dan bahkan hampir menyerupai unicorn. Okapi hidup relatif dekat dengan jerapah, makhluk yang sulit dipahami ini menghuni hutan hujan Afrika Tengah. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk merumput daun, tunas, rumput, pakis dan buah. Dengan lidah yang sangat panjang lincah dan lengket, mereka dapat menjangkau dedaunan dan buah yang berada di pohon yang tinggi,. Lidah mereka begitu terampil mampu mencuci kelopak mata dan telinga yang mereka sendiri.

3. Monyet Kecil
berasal dari hutan hujan di Amerika Selatan mungkin primata lucu sepanjang masa pada kenyataannya, mereka adalah monyet terkecil di dunia. Sekitar 22 spesies yang diketahui ada, masing-masing dengan variasi eksentrik mantel fuzzy. Bahkan lebih manis, mereka hampir selalu melahirkan kembar.

4. Siamang
]adalah kera hitam berbulu asli hutan Asia Tenggara. Mereka adalah spesies terbesar dari siamang di dunia. Mereka sangat khas karena mereka memiliki tenggorokan kantong seperti balon, yang mereka gunakan untuk membuat panggilan yang keras dan kencang. Panggilan mereka tersebut adalah tanda untuk menetapkan batas-batas teritorial antara kelompok-kelompok saingan.