Sebutkan Batas – batas Negara Indonesia Secara Geografis

ASTALOG.COM – Indonesia yang beribukotakan Jakarta ini merupakan negara kepulauan dengan garis pantai sekitar 81.900 kilometer, memiliki wilayah perbatasan dengan banyak negara baik perbatasan darat (kontinen) maupun laut (maritim).

Setiap Negara tentulah memiliki batas- batas wilayah tertentu yang tujuannya digunakan untuk mengetahui dan menandai daerah mana saja yang berada dibawah kekuasaannya. Indonesia memiliki batas- batas wilayah yang menjadi pemisah antara wilayah indonesia dan wilayah Negara lain, Indonesia adalah Negara kepulauan yang paling luas di dunia.

Batas darat wilayah Republik Indonesia berbatasan langsung dengan negara-negara Malaysia, Papua New Guinea (PNG) dan Timor Leste. Perbatasan darat Indonesia tersebar di tiga pulau, empat Provinsi dan 15 kabupaten/kota yang masing-masing memiliki karakteristik perbatasan yang berbeda-beda.

Letak negara Indonesia secara geografis didasaran pada letak Indonesia jika dibandingkan dengan letak negara lain. Indonesia di lewati oleh garis katulistiwa. Letak negara Indonesia secara astronomis adalah terletak antara 6° LU—11° LS dan antara 95° BT—141° BT.

Secara geografis negara Indonesia terletak di Asia Tenggara dan diantara dua Benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia selian itu terletak juga diantara dua samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak Indonesia yang pada posisi silang tersebut, menjadikan wilayah indonesia sebagai persimpangan lalu lintas dunia, baik darat, udara, maupul laut. Indonesia juga bertetangga dengan banyak negara di Asia yang sedang menunjukan geliat pertumbuhan ekonomi yang luar biasa seperti China, India, dan Thailand. Selain itu, Indonesia berada pada titik persilangan perekonomian dunia dan perdagangan internasional, baik negara-negara industri maju maupun berkembang.

Pengaruh lain yang tampak nyata sebagai akibat dari letak geografis Indonesia adalah pengaruh di bidang sosial budaya. Secara nyata kita masih bisa saksikan kebudayaan asing yang masih tumbuh dan berkembang di tanah air kita seperti kebudayaan China. Kebudayaan-kebudayaan China yang ada di Indonesia seperti alat musiknya, musiknya, perayaan-perayaannya, keseniannya, pakaiannya, kulinernya dan masih banyak lagi. Selain kebudayaan China, ada juga kebudayaan asing lainnya yang masih eksis di Indonesia, yaitu kebudayaan Arab. Kebudayaan Arab masih bisa kita saksikan pada acara-acara pernikahan dan perayaan-perayaan hari besar agama Islam.

Dampak negatif dari letak geografis Indonesia yang strategis adalah rentan terhadap ancaman dari luar yang dapat membahayaka persatuan da kesatuan bangsa. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan menyebabkan segala tindakan yang akan di ambil seringkali terkendala masalah kordinasi.

Batas – batas Negara Indonesia Secara Geografis.

– Untuk batas negara Indonesia bagian timur adalah berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea, dan juga berbatasan dengan Samudra Pasifik.

– Indonesia sebelah selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudra Hindia. Timor Leste adalah bekas wilayah Indonesia yang telah memisahkan diri menjadi Negara sendiri pada tahun 1999, dulu wilayah ini dikenal dengan Provinsi Timor Timur. Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Provinsi yang berbatasan langsung dengan wilayah Timor Leste yang letaknya berada di Kabupaten Belu dan selain itu Indonesia juga berbatasan dengan perairan Australia.

– Sedangkan batas negara Indonesia bagian barat berbatasan dengan perairan negara India, dengan samudra Hindia sebagai perbatasannya.

– Di sebelah utara, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia. Indonesia dan Malaysia memiliki batas wilayah yang sama baik darat maupun laut. Wilayah darat Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia adalah bagian utara pulau Kalimantan. Sedangkan batas wilayah laut di perairan selat Malaka.

Jika batas darat wilayah Indonesia hanya bersentuhan dengan Malaysia namun tidak dengan batas laut wilayah Indonesia disebelah utara yang berbatasan dengan laut lima Negara yaitu, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Republik Palau dan Filipina.