Jenis-Jenis Otot Manusia

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis otot manusia beserta dengan letaknya. Langsung saja kita simak artikel berikut ini.

Pengertian Otot

Otot Adalah suatu organ yang sangat penting bagi tubuh kita, karena dengan otot tubuh kita dapat berdiri tegap. Otot merupakan suatu organ / alat yang memungkinkan tubuh kita agar dapat bergerak. Otot merupakan alat gerak aktif, ini adalah suatu sifat yang penting bagi organisme. Sebagaian besar otot tubuh ini melekat pada kerangka yang menyebabkan dapat bergerak secara aktif sehingga dapat menggerakkan bagian-bagian kerangka dalam suatu letak yang tertentu.

Otot merupakan sebuah alat yang menguasai gerak aktif dan memelihara sikap tubuh. Dalam tubuh kita terdiri dari bermacam-macam jenis otot serta mempunyai sifat dan cara kerja sendiri-sendiri, untuk saling menujang agar kita dapat bergerak.Daging merupakan bahan pangan yang dihasilkan dari perubahan post mortem (pascamerta) dari otot strip, otot yang membalut tulang rangka tubuh (skeletal), dikenal sebagai jaringan muskuler.

Jaringan muskuler merupakan jaringan yang sangat berkembang dan sangat spesifik, dimana berlangsung perubahan energi kimia menjadi energi mekanik yang menjamin penanganan dan pergerakan. Sistem ini yang menjamin metabolisme energetik jaringan muskuler dan peranannya sangat besar terhadap warna, tekstur dan kompoisisi otot.

Sistem ini yang mempengaruhi secara langsung sedikit atau banyaknya terhadap karakteristik organoleptik (sensorik) daging dan merupakan penanggung jawab yang besar pada heterogenitas yang teramati pada tingkat sifat-sifat daging. Dengan demikian pengetahuan tentang karakteristik otot melalui struktur dan sifat-sifat jaringan muskuler diperlukan dalam pemilihan otot dan perlakuan optimal yang diterapkan pada otot.

Otot merupakan suatu organ/alat yang memungkinkan tubuh dapat bergerak. Ini adalah suatu sifat penting bagi organisme. Gerak sel terjadi karena sitoplasma mengubah bentuk (lihat cara pergerakan amuba). Pada sel-sel, sitoplasma ini merupakan benang-benang halus yang panjang disebut miofibril. Kalau sel otot mendapat rangsangan maka miofibril akan memendek. Dengan kata lain sel otot akan memendekkan dirinya ke arah tertentu (berkontraksi).

Sebagian besar otot tubuh ini melekat pada kerangka, dapat bergerak secara aktif sehingga dapat menggerakkan bagian-bagian kerangka dalam suatu letak yang tertentu. Jadi Otot kerangka merupakan sebuah alat yang menguasai gerak aktif dan memelihara sikap tubuh. Dalam keadaan istriahat, keadaannya tidak kendur sama sekali, tetapi mempunyai ketegangan sedikit yang disebut tonus. Ini pada masing-masing orang berlainan bergantung pada umur, jenis kelamin, dan keadaan tubuh.

Jenis-Jenis Otot pada Manusia

Berikut ini adalah jenis-jenis otot manusia, yaitu

1. Otot Polos

Otot Polos adalah otot yang bekerja tampa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh sistem saraf tak adar atau saraf otonom, otot polos dibentuk oleh sel-sel yang berbentuk gelendong dimana kedua ujungnya runcing dan mempunyai 1 inti sel.

Ciri-Ciri Otot Polos

Ciri-ciri otot polos yaitu:

a. Waktu kontraksi antara 3 sampai 180 detik.
b. Bentuk dari otot polos seperti perahu.
c. Terletak pada organ dalam.
d. Memiliki satu inti sel yang berada ditengah.
e. Pergerakannya dari otot polos lambat, dan mudah lelah.
f. Dipengaruhi oleh saraf otonom.
g. Otot polos biasanya berada pada bagian usus, saluran peredaran darah, otot di saluran kemih.
h. Tidak diperintah oleh otak atau tidak dipengaruhi oleh otak.

2. Otot Lurik

Otot lurik adalah otot yang menempel pada rangka tubuh manusia yang digunakan dalam pergerakan dimana otot lurik adalah otot yang bekerja dibawah kesadaran (volunter). Otot lurik juga dinamakan otot rangka, Mengapa ?.. karna menempel pada rangka. Dimanakan otot lurik karna adanya sisi gelap terang yang berselang seling.

Ciri-Ciri Otot Lurik

a. Bentuk selindris dengan garis gelap terang.
b. Melekat pada rangka.
c. Bekerja secara sadar dengan perintah otak.
d. Cepat dan mudah lelah.
e. Bentuk yang panjang dan memiliki banyak inti sel (multi sel).
f. Mempunya pigmen mioglobin.
g. Inti sel yang berada di tepi.

3. Otot Jantung

Otot jantung atau myocardium adalah otot yang bekerja secara terus menerus tampa istirahat atau berhenti. Otot jantung merupakan perpaduan antara otot lurik dan otot polos karna adanya persamaan yang ada pada otot jantung misalnya, memiliki sisi gelap terang dan inti sel yang berada ditengah. Otot jantung berfungsi dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Otot Jantung bekerja dibawah kesadaran manusia saraf yang memengaruhi otot jantung adalah saraf simpatik dan parasimpatik.

Ciri-Ciri Otot Jantung

a. Otot jantung yang berbentuk silindris.
b. Memiliki percabangan disebut sinsitium.
c. Otot Jantung terletak pada jantung.
d. Memiliki satu Inti sel yang berada ditengah.
e. Bekerja tampa kesadaran manusia.
f. Bekerja terus menerus dan tak membutuhkan istirahat.