Jelaskan yang Kamu Ketahui Tentang Dasar Negara

ASTALOG.COM – Dasar Negara adalah fandemen yang kokoh dan kuat serta bersumbar dari pandangan hidup atau falsafah(cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan Indonesia) yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Secara umum,  pengertian dasar negara adalah sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya. Pada hakikatnya, dasar negara merupakan filsafat negara (political philosophy) yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertip hukum dalam negara. Agar lebih memahami pengertian filsafat negara, Pertama-tama mari kita membahas pengertian filsafat.

Secara etimologis, filsafat berasal dari kata philos yang berarti sahabat, cinta, dan sophia yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan, dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumannya. 

Fungsi Dasar Negara

1. Sebagai Dasar Berdiri dan berdaulatnya Suatu Negara, artinya Suatu negara akan kuat dan berdaulat sebagai negara apabila memiliki suatu Dasar, yang menjadi landasan dan pedoman dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Sebagai Dasar Penyelenggaraan Negara, Artinya Dasar negara berfungsi menjadi pedoman nasional dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan untuk kemajuan negara tersebut.

3. Sebagai Dasar dan Sumber Hukum, artinya setiap aktivitas dan tingkah laku warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus didasari atas hukum yang berlaku di negara tersebut, nah sumber dari hukum yang berlaku ini merupakan Dasar Negara.

4. Dasar Bagi Hubungan Antarwarganegara, artinya selama terjadi interaksi sosial, warga negara menjadikan Dasar Negara sebagai pedoman, sehingga dapat melancarkan kerjasamanya dan tidak mengganggu kebebasan individu warga negara tersebut karena memiliki pedoman yang sama.

Dasar negara bagi suatu negara merupakan sesuatu yang amat penting. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, maka akibatnya negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup cita-cita negara, tujuan negara, norma bernegara.

Di Indonesia sendiri telah menggunakan Pancasila sebagai Dasar Negara. Dimana, Pancasila merupakan ideologi yang memiliki karakter utama sebagai ideologi nasional, disamping itu Pancasila juga menjadi cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmur.

Pancasila adalah ideologi kebangsaan karena ia digali dan dirumuskan untuk kepentingan membangun negara bangsa Indonesia. Pancasila yang memberi pedoman dan pegangan bagi tercapainya persatuan dan kesatuan di kalangan warga bangsa dan membangun pertalian batin antara warga negara dengan tanah airnya

Proses Pembentukan Dasar Negara

Dasar negara indonesia dibahas dalam persidangan BPUPKI, dalam sidang ini menghasilkan pancasila sebagai dasar negara indonesia yaitu yang disahkan pada tanggal 1 Juni 1945 isi pancasila terdapat pada piagam jakarta, sila pertama mendapatkan perubahan yang semula berisi “ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “ketuhanan yang maha esa”.

Sidang BPUPKI ini berakhir pada tanggal 17 juli 1945 dan dibubarkan pada tanggal 7 agustus 1945 yang bertepatkan berdirinya PPKI (panitia persiapan kemerdekaan indonesia) atau dokuritsu junbi inkai, PPKI mengadakan rapat pertama, pada tanggal 18 agustus 1945