Apa Perbedaan Antara Internet Dengan Intranet?

ASTALOG.COM – Kita tentu sudah pernah mendengar internet dan pastinya banyak orang sudah mengetahui dan menggunakan internet untuk kebutuhannya masing-masing. Namun, mungkin bagi sebagian orang belum pernah mengetahui apa itu kegunaan dan pengertian internet itu sendiri. Selain itu, pasti ada pula yang belum pernah mendengar dan paham apa fungsi dari intranet.

Internet dan intranet secara pengertian memang berbeda namun memiliki fungsi yang sama yaitu berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan lainnya. Simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja perbedaan dari internet dan intranet.

1. Internet.
Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran. Sehingga saling dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi.

Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Proyek ini awalnya dibangun untuk keperluan militer. Namun ternyata proyek ini menjadi berkembang pesat sehingga yang mulanya hanya 4 situs universitas kini banyak universitas dari berbagai negara ingin bergabung.

Itulah sebabnya ARPANET dipecah menjadi 2, yakni MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer.

2. Intranet.
Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP layaknya internet hanya saja penggunaannya lebih dibatasi atau lebih tertutup jadi tidak semua orang dapat secara mudah mengakses intranet dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk dan menggunakan intranet. Hal ini bertujuan untuk menjaga sebuah informasi yang penting agar tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah.
Biasanya intranet di gunakan dalam internal perusahaan, kantor, Intranet kemeperin, bahkan WARNET dapat juga di golongkan sebagai intranet.
Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh.

Keuntungan atau kelebihan menggunakan intranet.
1. Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi lebih cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan.
2. Perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan cepat dari pada memberikan informasi melalui email kepada setiam karyawan.
3. Memungkinkan komunikasi efektif baik secara vertikal (atasan-bawahan) maupun horizontal (karyawan-karyawan) sehingga para karyawan akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.
4. Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan dapat diakses secara mudah.
5. Pengguna tidak perlu lagi membaca data fisik seperti buku manual, pengguna dapat membaca data melalui web browser.
6. Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama dalam intranet.

3. Perbedaan Internet dan Intranet.
A. Internet.
– Bisa diakses kapan saja, siapa saja dan dimana saja.
– Sebuah jaringan komputer yang sangat besar.
– Informasi yang diakses pun da[at berupa teks, grafik, suara maupun video.
– Perkembangannya sangat cepat dan luas hingga bisa diakses di seluruh dunia.
– Jaringannya sangat luas dan cepat.
B. Intranet.
– Biasa digunakan di sekolah, universitas, perkantoran/perusahaan (tidak bersifat umum)
– Merupakan sistem jaringan dengan skala yang lebih kecil dibandingkan dengan internet.
– Informasi berita berupa prosedur tertentu, kumpulan data dapat dimasukkan dalam system pusat informasi yang berdasarkan HTML (HyperText Markup Language)
– Perkembangannya agak lambat dan tidak dapat diakses di seluruh dunia.
– Jaringannya tidak luas (sempit).