Dialog Wawancara Tentang Bencana Alam

ASTALOG.COM – Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit. Beberapa bencana alam terjadi tidak secara alami. Contohnya adalah kelaparan, yaitu kekurangan bahan pangan dalam jumlah besar yang disebabkan oleh kombinasi faktor manusia dan alam. Dua jenis bencana alam yang diakibatkan dari luar angkasa jarang mempengaruhi manusia, seperti asteroid dan badai matahari.

Definisi Bencana

Jenis dan karakteristik bencana alam yang terjadi tentunya berbeda antar satu jenis bencana dengan bencana alam lainnya. Terkadang terdapat beberapa bencana alam yang terjadi dalam satu kejadian seperti misalanya angin badai/angin topan/puting beliung disertai dengan banjir, atau banjir disertai dengan tanah longsor dan lainnya.

Bencana Alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor (menurut Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana).

Pengertian bencana atau disaster menurut laman Wikipedia: disaster is the impact of a natural or man-made hazards that negatively effects society or environment (bencana adalah pengaruh alam atau ancaman yang dibuat manusia yang berdampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan). Dalam Undang-Undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dikenal pengertian dan beberapa istilah terkait dengan bencana.

– Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.
– Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.
– Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.
– Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat, dan teror.

Dialog Wawancara Tentang Bencana Alam

Berikut contoh dialog wawancara tentang bencana alam yang kami lansir dari laman blogspot Hijaujaya.

Niken: “Menurut Anda, apakah gunung meletus itu?”
Rika: “Gunung meletus adalah peristiwa alam yang terjadi akibat gerakan magma dari perut bumi dan keluar melalui permukaan bumi.”
Niken: “Apakah penyebab gunung meletus ini terjadi?”
Rika: “Gunung meletus terjadi akibat endapan magma yang dihasilkan oleh dapur magma dalam gunung berapi mengalami pergerekan sehingga meluap dan keluar melalui permukaan bumi, dengan ini terjadilah letusan dari gunung berapi itu sendiri atau gunung meletus. Magma yang keluar dari gunung berapi akann berubah menjadi lava daan kemudian mengalir ke lereng gunung dan berubah menjadi lahar.”
Niken: “Benda apa saja yang dikeluarkan dari gunung berapi tersebut?”
Rika: “Letusan gunung tersebut membawa abu, gas vulkanik, pasir, awan panas ,dan batu yang menyembur sampai radius 10 km.”
Niken: “Apakah akibat yang ditimbulkan dari gunung meletus tersebut?”
Rika: “Bencana ini menimbulkan akibat yang luar biasa bagi masyarakat sekitarnya seperti rusaknya rumah rumah warga karena lemparan batu dan pasir, dan tertutupnya jalan oleh pasir dan abu vulkanik, rusaknya prasarana seperti jembatan karena banjir lahar dingin, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.”
Niken: “Apakah banjir lahar dingin itu?”
Rika: “Banjir lahar dingin bermula dari lahar yang berasal dari magma akan mengalir kelereng gunung dan kemudian akan memasui sungai menuju ke hilir. Lahar yang masuk ke sungai akan berubah menjadi lahar dingin yang berarus deras dan bercampur air sungai dalam beberapa waktu saja. Lahar dingin tersebut tidak merusak sungai, tapi hanya meningkatkan suhu dan arus sungai saja walaupun arus dari lahar ini dapat merusak jembatan karena volumenya yang sangat deras.”
Niken: “Apakah ada akibat baik yang ditimbulkan dari gunung meletus ini?”
Rika:”Tentu saja ada, akibat baik yang ditimbulkannya adalah seperti suburnya sawah dan tanah pertanian akibat abu yang dikeluarkan oleh gunung, dan bertambahnya pasokan pasir maupun batuan yang bermanfaat sebagai bahan bangunan.”
Niken: “Bagaimanakah bentuk penanggulangan bencana yang diupayakan pada saat itu?”
Rika: “Bentuk penanggulangan yang dapat diupayakan seperti mendirikan posko bencana alam, pengiriman bantuan obat obatan dan bahan pangan, memperbaiki prasarana umum yang rusak, dan bantuan sukarelawan dari berbagai lembaga.”