Teks Kompleks Cara Menggunakan Alat

ASTALOG.COM – Teks Prosedur Kompleks adalah suatu teks yang menjelaskan langkah-langkah/tahap-tahap atau prosedur yang harus dilakukan oleh seseorang demi mencapai suatu tujuan. Teks Prosedur ini memiliki ungsi sosial menjelaskan bagaimana sesuatu tersebut bisa dibuat atau dilakukan dengan langkah-langkah yang urut.

Definisi Teks Prosedur Kompleks

Teks Prosedur Kompleks adalah:
– Jenis Teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/keterangan yang menjadikan langkah tersebut kompleks.
– Jenis Teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh yang panjang dan berjenjang bahkan disertai sublangkah untuk mencapai tujuan.

Teks Prosedur Kompleks bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir yang ingin dicapai

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Adapun struktur dari Teks Prosedur Kompleks ialah tersusun atas:
– Tujuan : Berisi tujuan dari pembuatan teks atau hasil akhir yang ingin dicapai (dapat berupa judul)
– Langkah-Langkah : Cara yang ditempuh agar tujuan atau hasil akhir dapat dicapai (tidak bisa diubah urutannya)

Terdapat struktur lain, yaitu:
1. Judul
2. Tujuan
3. Langkah
4. Sub-langkah

Dan struktur jika terdapat bahan dan alat ialah:
1. Judul
2. Pendahuluan
3. Bahan/alat
4. Langkah-Langkah

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

Ciri kebahasaan Teks Prosedur kompleks ialah:

– Terdapat kalimat imperatif : kalimat yang mengandung perintah
– Terdapat kalimat deklaratif : kalimat yang berisi pernyataan
– Terdapat kalimat introgatif : kalimat yang berisi pertanyaan
– Terdapat bilangan urutan : angka yang menunjukkan urutan
– Partisipan manusia secara umum : semua manusia yang ikut serta dalam teks tersebut
– Verbal material : Verba atau kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik
– Verba tingkah laku : Verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tampak)
– Konjungsi Temporal : Konjungsi yang mengacu pada urutan waktu sekaligus menjadi sarana kohesi teks
– Menggunakan kata baku
– Menggunakan konjungsi syarat

Adapun ciri-ciri umum teks prosedur kompleks diantaranya ialah:
– Berisikan langkah-langkah
– Disusun secara informatif
– Dijelaskan secara mendetail
– Bersifat objektif
– Langkah berkelanjutan dengan penjelasan
– Menggunakan syarat/pilihan
– Bersifat universal
– Bersifat aktual dan akurat
– Bersifat logis

Teks Kompleks Cara Menggunakan Alat

Setrika listrik adalah salah satu alat rumah tangga yang sangat berguna karena dapat membantu dan memudahkan tugas Anda dalam merapikan baju. Penggunaan setrika listrik memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan untuk merapikan akaian agar terlihat rapi saat dikenakan. Bagi yang sudah terbiasa dengan alat ini tentu saja tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakannya, tetapi bagi mereka yang baru pertama kali menyetrika atau mereka yang baru memiliki setrika mungkin akan mengalami sedikit kesulitan. Untuk itu, kami akan memberikan tips cara menggunakan setrika.

1. Pertama-tama masukkan kabel penghubung listrik ke stopkontak, lalu perhatikanlah bila lampu suhu menyala menandakan bahwa listrik telah menhgalir ke setrika dan pada saat itu elemen setrika sedang memanas.
2. Aturlah suhu setrika sesuai dengan jenis kain yang akan disetrika, bila kita tidak tahu jenis kain yang akan disetrika maka cobalah memulainya dengan suhu yang rendah dulu lalu naikkan suhunya sedikit demi sedikit sampai kain terlihat rapi, untuk menghindari rusaknya kain akibat panas yang berlebih maka cobalah menyetrika pada bagian dalam kain dulu.
3. Lampu indikator pada setrika akan mati-hidup selama pemakaian, ini menandakan bahwa komponen pengatur suhu otomatis sedang bekerja, bila suhu setrika akan melebihi batas yang telah ditentukan oleh tombol pemutar suhu maka dengan otomatis listrik yang mengalir ke elemen setrika akan diputus oleh termostat.
4. Bila anda menurunkan suhu lebih rendah dari suhu awal maka tunggulah beberapa saat sampai lampu suhu menyala lagi sebelum melanjutkan ke tahap menyetrika.
5. Pada saat setrika sedang tidak digunakan untuk menggosok, letakkan setrika dengan posisi berdiri yaitu ujung yang lancip menghadap ke atas. Dengan posisi seperti ini maka setrika akan diam kokoh dan stabil tertumpu pada bagian tumit setrika.