Pengertian Metabolisme

Loading...

ASTALOG.COM – Makanan menyediakan nutrisi yang digunakan sebagai sumber energi bagi makhluk hidup, termasuk energi yang digunakan untuk beraktifitas, seperti olahraga seperti tampak pada gambar. namun, makanan yang kita makan tidak langsung menghasilkan energi, begitu sampai di dalam tubuh,nutrisi makanan baru dapat berfungsi sebagai penyedia energi apabila telah mengalami perombakan melalui proses metabolisme. Apa itu metabolisme?

Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup, proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “metabole” yang berarti perubahan, dapat kita katakan bahwa makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Metabolisme merupakan seluruh rangkaian reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel makhluk hidup. Metabolisme terdiri atas dua proses , yaitu anabolisme dan katabolisme.

* Katabolisme yang merupakan serangkaian reaksi kimia berupa proses penyusunan zat kompleks dari zat yang lebih sederhana. Menguraian suatu zat menjadi partikel yang lebih kecil untuk dijadikan energy.

* Anabolisme merupakan kebalikan dari anabolisme, yakni reaksi untuk merangkai senyawa organic dari molekul molekul tertentu agar dapat diserap oleh tubuh yang disertai dengan pelepasan energi berupa adenosin triphosphate

Kedua proses metabolisme diperlukan setiap organisme untuk dapat bertahan hidup. Peroses metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormon, dan dipercepat oleh enzim. Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis.

Dengan kata lain, metabolisme adalah proses yang menentukan apakah zat tersebut berguna untuk pertumbuhan atau tidak. Bergizi atau beracun. Sehingga proses ini memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan makhluk hidup. Jika proses metabolisme terganggu, maka secara keseluruhan, kelancaran proses lain dalam tubuh juga akan ikut terganggu.

Proses Metabolisme.
– Metabolisme Karbohidrat.
Metabolisme merupakan proses yang berlangsung dalam organisme,baik secara mekanis maupun kimiawi. Metabolisme itu sendiri terdiri dari 2 proses yaitu anabolisme(pembentukan molekul) dan Katabolisme(Penguraian molekul).

Pada proses pencernaan makanan,karbohidrat mengalami proses hidrolisis(penguraian dengan menggunakan molekul air).Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida.

Saat makanan dikunyah, makanan akan bercampur dengan air liur yang mengandung enzim ptialin, Enzim ini menghidrolisis pati (salah satu polisakarida) menjadi maltosa dan gugus glukosa kecil yang terdiri dari tiga sampai sembilan molekul glukosa. Makanan berada di mulut hanya dalam waktu yang singkat dan mungkin tidak lebih dari 3-5% dari pati yang telah dihidrolisis pada saat makanan ditelan.

Hasil akhir dari proses pencernaan adalah glukosa, fruktosa,glaktosa,manosa dan monosakarida lainnya. Senyawa-senyawa tersebut kemudian diabsorpsi melalui dinding usus dan dibawa ke hati oleh darah.

– Metabolisme Protein.
Protein dalam makanan hampir sebagian besar berasal dari daging dan sayur-sayuran.Protein dicerna di lambung oleh enzim pepsin,yang aktif pada pH 2-3 (suasana asam).

Pepsin mampu mencerna semua jenis protein yang berada dalam makanan. Salah satu hal terpenting dari penceranaan yang dilakukan pepsin adalah kemampuannya untuk mencerna kolagen. Pepsin memulai proses pencernaan Protein. Proses pencernaan yang dilakukan pepsin meliputi 10-30% dari pencernaan protein total. Pemecahan protein ini merupakan proses hidrolisis yang terjadi pada rantai polipeptida.

– Metabolisme Lemak.
Pencernaan lemak terjadi di dalam usus, karena usus mengandung enzim lipase.
Manfaat Metabolisme Untuk Kesehatan Tubuh

* Pengubah Racun.
Racun merupakan zat yang jelas tidak dibutuhkan oleh tubuh. Masuknya zat ini ke dalam tubuh tidak selamanya dilakukan dengan sengaja, sebagian besar malah justru tidak sengaja, alias keracunan. Dan tahukah Anda bahwa proses metabolisme ini bisa mengubah zat beracun menjadi senyawa yang sama sekali tidak beracun tidak hanya mengubahnya menjadi tidak beracun, metabolisme juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

* Menjaga Kesehatan Tubuh.
Metabolisme merupakan sebuah proses yang membantu tubuh untuk mengolah aneka zat yang masuk ke dalam tubuh. Hasil akhir dari pengolahan tersebut nantinya berperan dalam membentuk identitas kesehatan tubuh. Jika proses metabolime berjalan lancar, tubuh akan jauh lebih merasa sehat dan bugar.

* Penghasil Senyawa ATP.
ATP merupakan senyawa kimia berenergi tinggi, tetapi mempunyai ikatan yang bersifat labil. Senyawa tersebut nantinya akan menyumbang energi pada proses-proses dalam metabolisme seperti fotosintesis, respirasi, sintesis protein, kemosintesis, dan lemak.

Loading...