Manfaat Kerjasama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Kerjasama. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Ya, kerjasama sejak lama memang telah menjadi akar budaya masyarakat Indonesia. Hal ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh rakyat, apalagi bila mengingat kodrat manusia yang pada dasarnya merupakan makhluk sosial, yang artinya bahwa kita tidak dapat hidup tanpa kehadiran dan bantuan orang lain.

Kerjasama, atau yang juga dikenal dengan sebutan gotong royong merupakan perwujudan semnagat Pancasila sila ketiga, adalah satu dari sekian jenis interaksi sosial yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Entah itu dilakukan dengan perorangan ataukah secara kelompok besar demi mewujudkan satu atau beberapa tujuan bersama.

Dalam sebuah kerjasama, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada bahaya dan ancaman internal ataupun eksternal yang akan menguji bahkan menyinggung kesetiaan kelompok. Hal ini kemudian akan menyebabkan timbulnya kekecewaan akibat adanya berbagai rintangan yang menghadang. Namun dibalik itu semua, jika rintangan dihadapi bersama dengan baik, maka hal tersebut akan memperkuat persatuan dalam kelompok.

Berikut adalah beberapa bentuk kerjasama yang dapat Anda lakukan di lingkungan sekitar:

1. Kerja sama di lingkungan rumah
Setiap anggota keluarga yang hidup bersama memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Salah satu dari kewajiban tersebut anatar lain menjaga dan merawat rumah.

2. Kerja sama di lingkungan sekolah
Setiap siswa dapat melakukan banyak bentuk kerjasama di lingkungan sekolah. Satu hal yang paling umum adalah melakukan piket bersama guna menjaga kebersihan dan kenyamanan sekolah.

3. Kerja sama di lingkungan desa
Di lingkungan pedesaan, Anda pasti akan menemui banyak kelompok yang melakukan kerjasama setiap harinya. Entah itu menumbuk padi bersama, membangun jembatan desa, ataukah memperbaiki irigasi. Ya itu adalah beberapa contoh kerja sama yang dapat Anda temui di daerah pedesaan.

Kerjasama yang positif tentu akan memberi pula pengaruh postif serta manfaat kepada setiap individu yang terlibat. Adapun beberapa manfaat kerjasama tersebut antara lain:

– Kerja sama diyakini dapat mendorong timbulnya persaingan di dalam proses pencapaian tujuan, yang mana kemudian hal tersebut akan memicu peningkatan produktivitas setiap individu dalam kelompok. Ya, ini tentu menjadi satu keuntungan yang akan memberi dampak positif dalam suatu kelompok.

– Kerja sama yang baik akan memotivasi setiap individu untuk melakukan bentuk usaha / upaya yang lebih baik dan bekerja lebih aktif serta produktif dan efisien. Membuat segala kegiatan menjadi lebih berkualitas.

– Melalui kerja sama, akan tercipta suatu sinergi yang kemudian akan membuat berkurangnya biaya operasionalisasi yang disebabkan karena peningkatan terhadap daya saing yang terjadi di dalam kelompok.

– Kerja sama akan menjamin terjalinnya suatu ikatan atau hubungan harmonis di antara setiap pihak yang terkait. Selain itu tidak dapat dipungkiri bahwa akan tercipta rasa kesetiakawanan dan mempererat hubungan persaudaraan dan persatuan antar-anggota.

– Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari sebuah kerja sama adalah meningkatnya motivasi , rasa semangat, dan rasa kebersamaan serta mampu menciptakan hal-hal baru dengan praktek yang sehat demi mewujudkan tujuan akhir bersama.

– Kerja sama mampu mendorong individu untuk merasa selalu terlibat dengan situasi dan kondisi yang mungkin sedang terjadi di lingkungan sekitarnya. Hal ini secara otomatis akan menciptakan suasana dan lingkungan yang lebih harmonis.

Faktanya, inti dari kerja sama adalah terjadinya kesepakatan antara individu yang satu dengan individu yang lain atau antara sebagian besar orang guna mencapai tujuan bersama yang saling menguntungkan. Dan perlu diingat bahwa setiap pihak harus memiliki kontribusi dan peran terhadap kelompok sehingga dapat menunjukkan rasa senasib sepenanggungan di setiap pihak terkait.

Pentingnya sebuah kerja sama pada dalam kehidupan bermasyarakat pada akhirnya akan mampu menciptakan dan melahirkan karya-karya luar biasa yang akan dibutuhkan dalam menjalani kehidupan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap individu memerlukan kehadiran orang lain guna menumbuhkan nilai-nilai persatuan serta kerukunan di tengah-tengah masyarakat. Itulah alasan mengapa kita kita hidup berkelompok dan bermasyarakat. Dengan kerja sama, pekerjaan seberat apapun pasti akan terasa lebih ringan sehingga pencapaian tujuan akan selesai dengan cepat.