Jenis-jenis Speaker Aktif

ASTALOG.COM – Alexander Graham Bell mematenkan sebuah loudspeaker elektrik yang pertama kalinya pada tahun 1876 yang terpasang pada telepon miliknya. Ernst Siemens memperbaikinya pada tahun 1877. Nikola Tesla menyatakan bahwa dirinya telahmembuat sebuah perangkat yang sama pada tahun 1881 tetapi tidak mendapathak paten. Ternyata selama ini Thomas Edison telah mengisukan bahwa di inggris mematenkan sebuah system yang menggunakan kompresor udara sebagai mekanisme untuk cylinder phonograps permulaan, namun ia akhirnya menggunakan logam yang didorong oleh selaput yang melekat pada stylus.

Pada tahun 1898, Horace Short mengumumkan sebuah design speaker yang menggunakan kompresor udara yang kemudian menjualnya pada CharlesParsons. Yang kemudian mendapat beberapa tambahan hak paten di inggris sebelum 1910. Beberapa perusahaan, termasuk Victor Talking Machine Companyand Pathe memproduksi records players yang menggunakan compressed airloudspeaker. Tetapi, desain ini kurang signifikan karena rendahnya kualitas suara

Pengertian Speaker Aktif (Active Speaker)
Speaker aktif adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio(suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitastinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap sajahasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnyarendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyalelektronik, menyimpannya dalam CD,tape, dan DVD, lalu mengembalikannyalagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar

Kelebihan dan Kekurangan Speaker Aktif dan Speaker Pasif
Speaker Aktif
1. Kelebihan Speaker Aktif:
a. lebih ringkas, speaker dan power jadi satu
b. Jarang rusak karena overload, kekuatan power dan kekuatan speaker sudah diukur oleh pabrik.

2. Kekurangan Speaker Aktif:
a. Butuh dua kabel utk setting, kabel audio dan kabel listrik
b. Lebih beresiko terhadap air dan panas matahari, kalo mau ditutup harus komplet depan dan belakang
c. Lebih susah untuk expand
d. On off dan volume terpisah dari ruang operator

Jenis Speaker Aktif
Diketahui ada 4 jenis speaker aktif, yaitu:

1. Speaker Dual Cone
Umumnya, desain speaker ini paling efisien dan berharga murah, biasa dilihat distandar mobil baru. Dentuman suara yg dihasilkan rata2 nyaris sama, walaupundari berbagai merk. Terdiri dari 2 buah cone ( konus ).
2. Speaker Coaxcial (Terpusat)
Terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan.Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata.Jenis-Jenis Speaker Aktif :1.
Speaker 2 Way
Tweeter berada terpisah yg terletak diatas woofer/konus. Terdiri dari Woofer danTweeter
Speaker 3 Way
Terdiri dari woofer, midrange, dan tweeter. Fungsi dari midrange adalahmengakomodasi vocal.3.
Speaker 4 Way
Terdiri dari Woofer, Midrange, Tweeter, Super Tweeter.

Tips Memilih Speaker Aktif
Saat Anda memutuskan untuk menggunakan speaker aktif, ada 5 tips dalam memilih speaker aktif yang bisa memandu Anda agar mendapatkan speaker aktif yang baik dan berkualitas.

1. Brand/Merek
Speaker Aktif terhitung peralatan elektronika yang mungkin sering mengalami persoalan maka sebaiknya Anda lebih selektif menentukan merek speaker aktif dengan Brand terkenal minimum Berskala nasional serta dengan service purna jual yang terbaik tentunya, dari segi Garansi product serta terdapatnya service center untuk melayani pelanggan. Kualitas juga lebih terjamin jika speaker aktif di produksi oleh produsen yang memiliki pengalaman di bidangnya.

2. Daya RMS
Speaker Aktif adalah rangkaian amplifier yang terintegrasi dengan speaker hingga pengoperasiannya jadi lebih praktis sedang manfaat utama dari amplifier sendiri memperkuat tanda audio dari sumbernya hingga suaranya jadi lebih kuat. Kemampuan dari suatu amplifier umum dimaksud dengan Daya RMS dengan unit Watt makin besar Nilai Watt makin kuat termasuk juga suara yang dihasilkannya. Ada unit daya yang lain yakni Watt PMPO tetapi daya type ini tak dapat jadikan patokan untuk mengukur besarnya daya dari speaker aktif Lantaran tiap-tiap produsen selalu mengklaim mempunyai daya PMPO yang besar.

3. System Speaker
Biasanya speaker aktif memakai sistem speaker 2 Way serta 3 Way. Dipandang dari sisi cakupan frekuensinya sistem speaker 3 way lebih luas lantaran memakai 3 type speaker yakni subwoofer, Midrange serta tweeter Tetapi janganlah salah speaker aktif yang memakai 3 buah speaker belum tentu 3 Way mungkin systemnya 2 way memakai 3 speaker umpamanya Dobel woofer satu Tweeter. Langkah yang paling gampang untuk tahu yakni lihat spesifikasinya.

4. Konektivitas
Waktu ini media pemutar audio ada berbagai macam tidak cuma DVD Player portable saja oleh karenanya supaya suport dengan piranti lain speaker aktif memerlukan konektivitas yang komplit jadi tidak cuma berbentuk line input standard (RCA) tetapi dilengkapi juga dengan USB Player-input dan Line-input 3, 5 mm untuk Gadget atau yang lebih mutakhir lagi dengan dukungan koneksi Bluetooth. Bila anda mau memadukan dengan piranti lain umpamanya Subwoofer Aktif anda dapat menentukan speaker yang mempunyai line out.

5. Ukuran subwoofer
Suara bass dari sepeaker aktif benar-benar tergantung dari daya serta ukuran subwoofer makin besar daya serta ukuran woofer makin mantap juga suara bass yang dihasilkan. Jika anda inginkan suara dentuman bass yang lebih kuat maka Anda dapat memilih speaker aktif dengan double woofer.