Apa Yang Dimaksud Dengan Faksimili?

ASTALOG.COM – Faksimili berasal dari bahasa inggris yakni facsimile, adalah sejenis alat telekomunikasi yang mirip dengan telegrafi. Memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima gambar atau tulisan melalui kabel atau gelombang radio. Gambar dan tulisan tersebut dibaca lalu diubah menjadi sinyal sinyal listrik oelh faksimili pengirim lalu dikirim ke faksimili penerima yang menghasilkan salinannya.

Faksimili digunakan untuk mengirim surat dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengirim peta, ramalan cuaca, surat kabar, foto sinar-X, dokumen keuangan, foto identitas, telegram dan lain lain. Jadi faksimili bisa juga disebut dengan mesin fotokopi yang hasilnya berada di tempat lain, yakni telecopier (fotokopi jarak jauh).

Sejarah Mesin Fax.
Mesin Fax pertama kali ditemukan dan dipatenkan pada tahu 1843 oleh seorang fisikawan asal Skotlandia yang berana Alexander Bain. Pada awalnya Alexander sedang mengembangkan alat komunikasi yang bernama telegraf. Dari sinilah cikal bakal penemuan mesin fax ditemukan. Mesin fax yang dibuat oleh Alexander ini berdasarkan suatu prinsip kerja jam elektrik yang sebelumnya sudah ia temukan.

Pada tahun 1863, seorang fisikawan asal Italia, Giovanni Caselli sedang membangun sebuah mesin yang dia sebut pantelegraph (perpaduan antara pantograph dan telegraf), yang didasarkan pada penemuan Alexander. Gia akhirnya membuka layanan komersial telefakas untuk pertama kalinya antara Negara Lyon dan Paris, pada tahun 1865.

Seorang teman Alexander yang bernama Frederick Bakewell akhirnya kemudian memperbaiki ide tentang mesin fax salah satunya memperbaiki beberapa desain awal Alexander. Di tahun 1851, Frederick mendemonstrasikan karyanya tersebut disuatu pameran yang lumayan besar di London. Tetapi nyatanya sistem awal ini dinilai masih lemah karena hanya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas masih kurang baik. Hal ini dikarenakan adanya tidak kesesuaian mekanisme pada sistem pengiriman dan penerimaan.

Setelah mengalami kegagalan, akhirnya seorang penemu dari Inggris, Shelford Bildwell, membantu bain dengan menyusun suatu scanning phototelegraph yaitu suatu alat telefakas, mesin pertama yang mampu melakukan scanning dalam bentuk 2 dimensi. Penemuan ini terus dikembangkan oleh para ahli hingga pada tahun 1929 ditemukannya hellschreiber oleh Rudolf Hell, yang merupakan suatu penggas awal dari mekanisme pengiriman dan scanning dokumen pada mesin faks.

Setelah bertahun-tahun, mesin fax masih sulit untuk digunakan dan harganya pun mahal, sehingga peminatnya pun masih relatif sedikit. Tetapi akhirnya pada 1966 suatu perusahaan di amerika yang bernama Xerox memperkenalkan telecopier Magnafax, mesin fax yang lebih mudah digunakan dan dapat dihubungkan ke saluran telepon.
Mesin fax yang ditemukan ini mudah untuk digunakan dan hanya membutuhkan waktu sekitar enam menit untuk mengirimkan dokumen. Ini merupakan suatu kemajuan teknologi yang besar saat masa itu.

Walaupun peralatan yang digunakan untuk mengirimkan dokumen cetak secara elektronik sudah ada sejak awal abad ke19, tetapi mesin fax sudah mulai banyak digunakan ada pertengahan tahun 1970. Mesin fax digital pertama dimasa itu sudah menjadi sangat popular di Jepang karena adanya kebutuhan yang sangat penting terhadap mesin fax. Dan akhirnya kemudian mesin faks menjadi begitu mudah dijangkau sehingga akhirnya terkenal ke seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, mesin fax masih terus mengalami perkembangan, terutama dalam hal perbaikan kecepatan transmisinya (pengirimannya). Hal ini terjadi karena semakin besar kecepatan transmisi, semakin cepat pula dokumen dapat terkirimkan.

Cara Menggunakan Mesin Faximile.

1.Proses kerja/Cara kerja:
* Si pengirim dan si penerima masing-masing harus mempunyai mesin faximile dan nomor telephon.
* Kertas yang mau dikirim dimasukan kedalam fider.
* Tekan nomor tujuan dan tunggu sipenerima mengangkat ganggang telepon.
* Tekan sent, secara otomatis kertas yang dikirimkan masuk ke mesin.

2.Kertas
Kertas yang di masukan adalah kertas khusus yang dinamakan heat sensitive termal.

3. Kemampuan
1.Mesin fax tipe satu bekerja secara normal.
2.Mesin fax tipe dua bekerja secara cepat.
3.Mesin fax tipe tiga bekerja secara lebih cepat.
4.Mesin fax tipe empat bekerja secara sangat cepat.

4.Penggolongan Transmisi
Mesin fax satu transmisinya 6 menit, mesin fax kedua transmisinya 3 menit, yang ke tiga 2/1 menit, yang ke empat 10 detik.

5.Pemilihan Mode
Dalam mengirim suatu dokumen ada 3 pilihan mode:
a.Mode standar merupakan cara tercepat dalam mengirim dokumen dan hemat fulsa.
b.Mode normal merupakan cara lambat hasilnya lebih baik pulsa lebih banyak.
c.Mode fine merupakan cara paling lambat hasil lebih baik biayanya lebih mahal.

6.Keunggulan dan kekurangan mesin Faximile
Mesin fax membantu pengiriman suatu dokumen ketempat yang jauh, namun kekurangannya adalah kalah dengan surat elektronik.