Tuliskan bagian Yang Menyusun Sebuah Nefron Dan Jelaskan Fungsinya?

ASTALOG.COM – Nefron adalah struktur mikroskopis berbentuk tabung pada ginjal yang berfungsi menyaring darah dan membuang limbah. Ini adalah unit paling dasar dari anatomi ginjal, dan merupakan bagian integral dari sistem urin. Manusia memiliki sekitar 1 juta nefron di masing-masing ginjalnya.

Sedangkan Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak rongga belakang usus agak atas. Bentuknya seperti kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke arah sumbu tengah tubuh. Pada sisi yang menghadap ke sumbu tubuh itu terdapat hilus ginjal, yaitu tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh limfa, saraf, dan ureter yang masuk dan keluar dari ginjal. Setiap orang normalnya memiliki sepasang ginjal di sisi kiri dan kanan tubuhnya.

Tubuh tidak dapat memproduksi nefron baru. Maka dari itu, jumlah nefron akan terus berkurang sekitar 1% setiap tahunnya atau akan menurun kira-kira 10% setiap 10 tahun. Berkurangnya fungsi ini tidak mengancam jiwa karena perubahan adaptif sisa nefron menyebabkan nefron tersebut dapat mengeluarkan air, elektrolit, dan produk sisa dalam jumlah yang tepat

Nefron terdiri dari beberapa bagian yang disebut glomerulus, kapsula Bowman (yang menjadi tempat glomerulus), tubulus renalis yang membentuk lekukan berbentuk U yang disebut lengkung Henle (loop of Henle) dan tubulus kolektivus yang menampung urin hasil penyaringan.

Bagian dan Fungsi Di Dalam Nefron.
1. Badan malpighi terdiri atas glomerulus dan kapsula bowman. Fungsi badan malpighi adalah sebagai tempat dimana terdapat alat penyaring darah.

2. Glomerulus: Fungsi glomerulus adalah sebagai tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, garam, asam amino, glukosa, dan urea. Menghasilkan urin primer.

Glomerulus tersebut tertutup ruang merupakan struktur berbentuk cangkir disebut kapsul Bowman itu. Ruang antara kapsul bowman dan glomerulus disebut ruang Bowman. Cairan disaring dari kapiler dan filtratnya ditampung ke dalam ruang Bowman melalui membran filtrasi glomerulus.

Cairan yang disaring dikenal sebagai filtrat. Membran filtrasi glomerulus memungkinkan hanya elemen yang cukup kecil untuk melewati. Filtrat kemudian bergerak melalui sistem tabung di mana elemen ditambahkan (sekresi dari darah) atau dihapus (reabsorpsi kembali ke dalam darah).

Dari glomerulus, filtrat melewati 4 segmen nefron:
– Tubulus Proksimal: reabsorpsi nutrisi dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh.
– Lengkung Henle: struktur tipis-lobed yang mengontrol konsentrasi urin.
– Tubulus Distal : mengatur sodium, kalium dan pH.
– Duktus kolektivus: mengatur air dan reabsorpsi natrium.

3. Kapsula bowman: Adalah semacam kantong/kapsul yang membungkus glomerulus. Kapsula bowman ditemukan oleh Sir William Bowman. Fungsi kapsula bowman adalah untuk mengumpulkan cairan hasil penyaringan glomerulus.

4. Tubulus kontortus proksimal: Adalah tempat penyerapan kembali/reabsorpsi urin primer yang menyerap glukosa, garam, air, dan asam amino. Fungsi tubulub kontortus proksimal adalah untuk menghasilkan urin sekunder dengan kadar urea tinggi.

5. Lengkung henle: Adalah saluran berbentuk setengah lingkaran dan menjadi penghubung antara tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal. Lengkung henle berfungsi supaya urine tidak kembali ke tubulus kontortus proksimal.

Lengkung Henle memiliki dua bagian utama: ekstremitas asenden dan ekstremitas desenden. Yang pertama adalah permeabel air, tapi kedap garam, sedangkan yang kemudian tidak tembus air. Air akan dihapus dari cairan tubulus saat melewati dahan turun dari lengkung Henle, sedangkan natrium dipompa keluar cairan saat melewati dahan naik.

6. Tubulus kontortus distal: Tempat untuk melepaskan zat-zat yang tidak berguna lagi atau berlebihan ke dalam urin sekunder (disebut proses augmentasi). Fungsi tubulus kontortus distal adalah untuk menghasilkan urin sesungguhnya. Tubulus kontortus distal dikendalikan oleh hormon dari sistem endokrin, menyebabkan ia menyerap atau mengeluarkan zat gizi tertentu yang diperlukan untuk kebutuhan tubuh.

Hal ini juga mengatur pH darah. Setelah reabsorpsi selesai, filtrat yang tersisa melewati keluar dari nefron dan ke dalam sistem saluran pengumpulan, yang mengumpulkan urin sebelum diekskresikan. Urin meninggalkan saluran pengumpulan data melalui papila ginjal, melewati ke dalam calyxes ginjal, maka pelvis ginjal, dan akhirnya memasuki kandung kemih melalui ureter.

7. Tubulus kolektivus: Adalah tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih. Fungsi tubulus kolektivus adalah untuk mengumpulkan urin dari beberapa tubulus kontortus proksimal lalu dibawa ke pelvis.