Sebutkan Faktor Yang Menyebabkan Stres

ASTALOG.COM – Dikutip dari Wikipedia, Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Stres merupakan respon normal terhadap berbagai keadaan yang harus dihadapi dalam hidup, situasi yang mengharuskan kita bertindak, menyesuaikan, serta menjaga segala sesuatu tetap seimbang. Stres merupakan reaksi fisik dan psikologi yang normal terhadap banyak ‘tuntutan’ dan tekanan hidup yang selalu berubah dan tidak pernah berakhir. Karena stres merupakan reaksi yang normal, maka setiap orang pasti akan mengalaminya, baik itu orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Ketika otak menghadapi sebuah situasi (tekanan, keadaan, tuntutan, atau apapun istilah yang anda gunakan), maka otak akan memberikan tanda kepada tubuh agar melepaskan banyak hormon, untuk memberikan tenaga atau energi kepada tubuh untuk bertindak menghadapi situasi tersebut. Ketika situasi tersebut telah berlalu, maka tubuh akan kembali pada kondisi rileks.

Keadaan stres yang bertubi-tubi secara psikologis dapat membuat tubuh kelelahan secara psikis dan menyebabkan seseorang tidak dapat berpikir jernih, serta bisa berdampak pada banyak hal lainnya (interaksi sosial, kualitas hidup, kesehatan, dll)

Sumber-sumber Potensi Stres.

* Faktor lingkungan.
Selain memengaruhi desain struktur sebuah organisasi, ketidakpastian lingkungan juga memengaruhi tingkat stres para karyawan dan organisasi. Perubahan dalam siklus bisnis menciptakan ketidakpastian ekonomi, misalnya, ketika kelangsungan pekerjaan terancam maka seseorang mulai khawatir ekonomi akan memburuk.

* Faktor Organisasi.
Banyak faktor di dalam organisasi yang dapat menyebabkan stres. Tekanan untuk menghindari kesalahaan atau menyelesaikan tugas dalam waktu yang mepet, beban kerja yang berlebihan, atasan yang selalu menuntut dan tidak peka, dan rekan kerja yang tidak menyenangkan adalah beberapa di antaranya. Hal ini dapat mengelompokkan faktor-faktor ini menjadi tuntutan tugas, peran, dan antarpribadi.

* Faktor Pribadi.
Faktor-faktor pribadi terdiri dari masalah keluarga, masalah ekonomi pribadi, serta kepribadian dan karakter yang melekat dalam diri seseorang.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Holmes dan Rahe, juga dari studi lainnya yang telah dilakukan dari waktu ke waktu, berikut ini adalah penyebab terbesar tingkatan Stres jaman ini dalam masyarakat modern:

– Masalah Keuangan – ini adalah sumber Stres nomor satu di jaman ini. Anda dan keluarga Anda tidak bisa melakukan apa yang ingin Anda lakukan karena tidak punya. Utang menumpuk. Pembayaran kartu kredit, cicilan gadaian yang tertunda, meningkatnya biaya pendidikan, mahalnya kesehatan. Keuangan berada di tingkat pertama dalam daftar Stres .
– Stres di Tempat Kerja – Stres di tempat kerja merupakan salah satu penyebab utama Stres. Anda mungkin khawatir dengan pangkat Anda. Anda mungkin menghadapi bos yang galak. Anda mungkin tidak dapat menjangkau karir Anda; Anda mungkin khawatir dengan politik kotor di kantor. Anda mungkin ditekankan dengan peraturan baru yang lebih menekan, atau Anda mungkin bisa Stres karena takut kehilangan pekerjaan.
– Hubungan Pribadi – mengajar anak-anak, sikap keluarga, berbeda pendapat dengan pasangan atau anak-anak, adanya perubahan dalam keluarga karena Anda terlalu sibuk bekerja, ada anggota keluargayang sakit, masuknya Orang tua dalam rumah tangga atau pindahnya anak sulung Anda karena telah menikah, semua dapat menyebabkan Stres .
– Kesehatan – penyakit jantung, hipertensi, mata rabun dan penyakit diabetes, telah menyerang banyak orang dan menjadi penyebab utama Stres bagi mereka. Memelihara kesehatan dengan baik, diet , meningkatkan berat badan, mampu untuk menjadikan sebuah gaya hidup yang sehat: namun semua ini dapat menyebabkan seseorang Stres yang timbul karena masalah kesehatan.
– Hal yang mengganggu – Selain dari yang telah saya sebutkan di atas, Hal yang sering mengganggu selalu datang dalam kehidupan kita sehari-hari dan bisa menjadi sumber terbesar penyebab Stres bagi Anda. Masalah pulang pergi ke tempat kerja, keseimbangan dalam bekerja dan kehidupan keluarga, masalah di sekolah anak-anak, beban kerja, berobat ke dokter, tidak cukup tidur, tidak ada waktu untuk bersantai, tidak ada waktu untuk mendiskusikan beberapa masalah dalam keluarga- yang semuanya ini tanpa kita sadari berada dalam kehidupan kita sehari-hari

Adapun cara mengatasi stres adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Hobi.
Cara mengatasi stress berat dengan melakukan hobi yang ingin anda lakukan adalah cara paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatakan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut.

2. Komunikasi.
Melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres.

3. Meditasi.
Melakukan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stres karena dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang untuk berkonsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin.

Beberapa cara lainnya adalah, mandi atau berendam, melakukan pijat, berteriak, olahraga, berekreasi, mengajukan hari libur atau cuti, tertawa, meghirup aromaterapi, mendengarkan musik kegemaran, tidur, berpikiran positif dan mengkonsumsi makanan yang sehat.