Greenwich Terletak Dinegara?

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Waktu Greenwich atau Greenwich Mean Time atau GMT adalah rata-rata waktu surya seperti yang dilihat dari Royal Greenwich Observatory (Observatorium Kerajaan di Greenwich), yang terletak di Greenwich, London, Inggris, yang melalui konvensi dikenal terletak di 0 derajat garis bujur.

Secara teori, tengah hari GMT adalah saat di mana matahari melewati Meridian Greenwich (dan mencapai titik tertinggi di langit di Greenwich). Karena bumi memiliki kecepatan yang tidak teratur dalam orbit lonjongnya, kejadian ini (tengah hari di Greenwich) bisa 16 menit berbeda dari waktu Matahari nyata (apparent solar time) (perbedaan ini dikenal sebagai persamaan waktu). Namun tengah hari Greenwich ini diambil rata-ratanya sepanjang tahun, dengan menggunakan waktu Matahari.

Sejarah Greenwitch
Penetapan Greenwich sebagai standar waktu dunia tidak bisa dipisahkan dari munculnya persoalan pengaturan standar waktu dunia ketika teknologi Kereta Api makin berkembang. Jaringan kereta Api di AS dan Canada di akhir abad 19 merasakan persoalan tersebut, ketika kereta melalui berbagai waktu lokal dalam jarak tempuh -melintasi garis bujur- yang cukup lebar.

Lokasi Greenwitch
Banyak orang meyakini bahwa Kota Greenwich, salah satu kota di Inggris, merupakan pusat nol derajat.
Namun hal ini masih simpang siur kabarnya, karena sejauh ini belum ada Negara lain yang menjadi lokasi dari Greenwitch dan menggantikan kota greenwich. Greenwich dipercaya dan disepakati oleh banyak ilmuwan perbintangan (ahli astronomi) sebagai pusat nol derajat sebagai awal perhitungan waktu atau disebut Greenwich Mean Time (GMT) pada 1884.

Penetapan Kota Greenwich sebagai mula perhitungan waktu, menurut geolog Mesir Dr Zaglur Najjar yang juga dosen ilmu bumi di Wales University, Inggris, tidak terlepas dari pengaruh Inggris pada kala itu yang merupakan kekuatan kolonial super power dunia.

Sir Sandford Fleming, seorang insinyur kereta api dari Canada, menggagas perlunya standar waktu dunia di akhir tahun 1870. Seturut dengan inisiatif tersebut, pada th 1884 terselenggara Konferensi Meredian yang bertempat di Washington DC dan di hadiri 27 utusan dari berbagai negara. Dalam pertemuan tersebut diputuskan, negara dibagi dalam 24 zona waktu, setiap zona selebar 15º bujur bumi dimulai dari Greenwich di England.

Waktu Greenwitch (GMT)
Meridian Greenwich terletak di 0 derajat garis bujur, di atas sebuah kota bernama Greenwich di Inggris. GMT adalah Waktu Dunia dan dasar dari setiap zona waktu di dunia. Waktunya tetap sepanjang tahun dan tidak beralih ke waktu musim panas (daylight savings time). Semua zona waktu lain memiliki koreksi GMT untuk menentukan waktu setempat. Untuk waktu Standar, New York adalah minus 5 jam dari GMT, dan California minus 8 jam. Jadi jika GMT adalah 1200, maka California adalah 0400 Waktu Standar Pasifik. GMT juga kadang-kadang disebut Waktu Zulu, terutama pada grafik cuaca yang menampilkan 12Z untuk 1200 GMT (Siang), atau 00Z untuk 0000 GMT (Tengah Malam).