Jelaskan Pengertian Zigot, Embrio, dan Fetus?

Loading...

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai seputar zigot, embrio, dan fetus. Apa perbedaan dari ketiga tersebut? Yuuk langsung saja kirta simak artikel berikut ini.

Zigot

Zigot adalah tahap hidup pertama setelah sperma telah dibuahi telur. Gamet sekering bersama-sama menciptakan, dengan demikian, sel baru dengan inti dan 46 kromosom, 23 dari ibu dan 23 dari ayah.
Setelah 24 jam penciptaannya, divisi pertama terjadi dan tidak lagi zigot; periode embryonary dimulai sekarang.

Sebuah zigot atau zygocyte adalah sel asli yang datang ke penciptaan ketika organisme baru terbentuk melalui reproduksi seksual. Sebuah zigot dibentuk dari sintesis yang dihasilkan dari penyatuan dua gamet yang berbeda. Di sisi lain embrio adalah eukariota diploid mutlicellular di salah satu tahap awal pengembangan. Eukariot ini disebut sebagai embrio, pada manusia, 8 minggu terakhir pembuahan.

Istilah ‘zigot’ berasal dari akar kata Yunani ‘zygotos’ artinya beriman atau ‘to kuk’ atau ‘bergabung’ atau ‘bergabung’. Di sisi lain, embrio berasal dari akar kata Latin ’embryum’ yang berarti ‘yang yang tumbuh’.

Zigot adalah tahap pertama dalam proses pembangunan suatu organisme. Hal ini dihasilkan dari proses pembuahan yang terjadi antara sel ovum haploid dari betina dan sel sperma haploid dari laki-laki. Kedua dua sel ini bergabung untuk membentuk sel diploid tunggal atau zigot. Ini adalah pembawa DNA dan semua ciri genetik yang berasal dari orang tua. Zigot memberikan semua informasi genetik yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan organisme baru. Di sisi lain, embrio mengacu pada tahap itu dalam proses pengembangan organisme yang dimulai dari inisiasi pembelahan sel pertama sampai kelahiran (sampai menetas dalam amfibi dan aves dan perkecambahan dalam kasus tanaman). Proses pengembangan embrio disebut sebagai embriogenesis.

BACA JUGA:  Minyak Bumi atau Petroleum atau Dikenal Juga Sebagai?

Zigot memiliki setengah dari DNA dari kedua orang tuanya. Ini dari mana embrio berasal makeup genetik. Zigot adalah tahap yang digantikan oleh embrio.

Zigot terdiri dari sel tunggal sedangkan embrio multisel seperti dalam pembelahan sel tahap ini telah dimulai. The mitosis zigot menyebabkan pembentukan embrio.
Istilah “zigot” dan “janin” digunakan untuk menggambarkan dan label tahap-tahap perkembangan dari suatu organisme. Kedua label yang sering digunakan dalam mamalia yang meliputi manusia.

Kedua tahap pembangunan mengacu pada organisme ketika sedang dalam rahim dan sebelum pengiriman aktual atau kelahiran. “Zygote” adalah istilah yang digunakan untuk tahap awal dan pertama pembangunan sebagai berikut pembuahan. Pemupukan adalah proses di mana sel sperma dari kontributor laki-laki dan sel telur dari kontributor perempuan bersatu dan digabungkan menjadi satu sel. Persatuan kedua sel telur dan sel sperma (ilmiah dikenal sebagai gamet) memberikan zigot 26 kromosom dengan setiap set yang berasal dari kedua orang tuanya. Dalam tahap ini, organisme sudah memiliki DNA atau cetak biru genetik.

Sebuah zigot biasanya berlangsung selama seminggu dan kemudian berkembang menjadi blastocyst dan tahapan pembangunan lainnya. Beberapa hari setelah konsepsi, zigot menempel pada rahim ibu sementara itu tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA:  Yang Membedakan Antara Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Dalam hal ukuran, zigot hanya satu sel dan hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Zigot tidak meningkatkan ukuran dan volume sementara itu mengalami perpecahan. Hanya berubah ketika zigot berubah menjadi embrio, tahap berikutnya pembangunan.
Dalam tahap ini, organisme adalah dalam tahap awal kehidupan, dan tidak ada perkembangan yang terlihat atau beton kecuali untuk proses sel selanjutnya seperti perpecahan dan reproduksi sel asli.
Fenomena lain yang terjadi selama tahap ini adalah pembentukan kembar atau kelipatan lainnya. Sebagai zigot membagi dan membentuk belahan dada, zigot tunggal dapat memiliki kemungkinan berubah menjadi kembar atau beberapa anak.

Embrio

Dari dua sel sampai minggu 8 kehamilan, embrio tumbuh. Ini adalah tahap perubahan penting pada tingkat sel.
Embrio dimulai dengan dua sel dan berlanjut dengan divisi. Bila ada sel cukup dan mereka tidak dapat secara jelas differenciated, embrio dikenal sebagai morula. Dalam waktu lima hari dari perkembangannya, embrio disebut blastocyst. Pada tahap ini, ia memiliki bentuk yang telah ditentukan, rongga bagian dalam terbentuk dan sekitarnya rongga ini merupakan trofoblas, sel-sel yang akan mengurus pembentukan plasenta. Dalam bagian dari blastokista ini kita dapat menemukan inner cell mass, yang akan bertanggung jawab untuk pembentukan tubuh bayi.

Antara hari ke-7 dan 8 hari implantasi embrio dimulai. Ini adalah periode kritis, karena banyak embrio hanya tidak membuatnya, sehingga kehamilan hilang. Implantasi ini terdiri dari embrio menempel ke dinding rahim wanita. Tembok ini disebut endometrium.
Blastokista mendapat off membran pelindung dan masuk ke endometrium. Implantasi selesai pada hari ke-14 setelah pembuahan, sehingga embrio mengambil alih endometrium. Mulai saat ini, embrio tumbuh pada rythm cepat dan mengadopsi bentuk diperpanjang, yang terlihat seperti bayi, tapi tanpa rincian lebih lanjut.

BACA JUGA:  Lemak dan Fungsinya di dalam Tubuh

Di sisi lain, janin adalah istilah untuk tahap pengembangan terakhir dari suatu organisme. Istilah “janin” yang melekat pada organisme setelah jangka waktu tertentu (baik ketika bulan atau minggu) telah berlalu. Tahap janin terjadi setelah tahap embrio dimana organisme hampir sepenuhnya terbentuk dan siap untuk meninggalkan rahim.

Pada tahap terakhir pembangunan, janin pembentukan tubuh dan pembangunan hampir selesai. Organ vital dan tulang sudah terbentuk, dan ada kemungkinan lebih tinggi bahwa organisme akan bertahan kelahiran. Pertumbuhan rambut akan terlihat pada kepala dan bulu mata pada kelopak mata. Janin sekarang dapat memiliki “gerakan” seperti menendang atau meregangkan jari atau menelan saat masih dalam rahim.

Fitur lain dari janin yang bereaksi terhadap rangsangan lingkungan seperti cahaya dan suara.
Zigot dan janin keduanya tahap penting dari pembangunan dalam setiap organisme.

Fetus (Janin)

Dari minggu 8 kehamilan, tahap embrio berakhir dan tahap janin dimulai. Dalam janin semua organ sudah ada, meskipun mereka belum sepenuhnya berkembang. Namun, otak, hati dan ginjal mulai bekerja. Tungkai dan jari juga mulai tumbuh. Tahap ini adalah yang terpanjang, dan bayi akan dikenal sebagai janin sampai saat kelahirannya, antara minggu 38 dan 40 kehamilan.

Loading...