Orang Yang Kelebihan Vitamin Disebut Dengan?

ASTALOG.COM – Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

Vitamin tidak disintesis dalam tubuh, kecuali Vitamin K. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi harus ada yang mengandung Vitamin.Jika tubuh tidak kekurangan vitamin akan mengakibatkan penyakit defiensi atau avitamiosis.

Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air:

– Vitamin yang larut di dalam air  yaitu Vitamin B dan Vitamin C

– Vitamin yang tidak larut di dalam air yaitu Vitamin A, D, E, dan K atau disingkat Vitamin ADEK.

 

Vitamin sebelum diserap oleh tubuh terbentuk sebagai provitamin atau vitamin yang belum aktif. Provitamin tersebut lalu dilarutkan oleh lemak atau air untuk diubah menjadi vitamin yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Manfaat dan Akibat Jika Kelebihan Mengkonsumsi Vitamin.

Jadi setiap makanan dan minuman yang kita konsumi akan menghasilkan jenis vitamin yang bermacam-macam. Nah, berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai berbagai macam fungsi vitamin bagi tubuh manusia.

  1. Vitamin A.

Nama lainnya adalah Retinol. Kegunaan Vitamin A adalah untuk kesehatan kulit, kesehatan indera penglihatan, sebagai antioksidan, untuk pendukung perkembangan janin di dalam kandungan, dan untuk sistem imunitas. Kekurangan vitamin A menyebabkan penuaan dini, katarak, dan daya tahan tubuh menurun. Kelebihan vitamin A menyebabkan haid tidak lancar dan gangguan pada kulit. Vitamin A bisa didapat dari buah-buahan dengan warna merah, wortel, sayuran berwarna hijau, hati, dan susu.

 

  1. Vitamin B1.

Nama lain adalah Thiamine. Fungsi vitamin B adalah untuk kesehatan jantung dan fungsi syaraf serta mencegah penyakit beri-beri. Kekurangan vitamin B menyebabkan susah buang air besar. Penyakit beri-beri dan gangguan kulit lainnya serta imun tubuh menurun. Kelebihan vitamin B menyebabkan reflex otot berkurang dan system tubuh tidak seimbang. Vitamin B bisa didapat dari kacang-kacangan, roti, gandum, susu, dan daging tanpa lemak.

 

  1. Vitamin B2.

Nama lain adalah Riboflavin. Kegunaan vitamin B2 adalah untuk kesehatan kulit dan perkembangan system tubuh. Kekurangan vitamin B2 menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, gangguan ringan pada kulit, bibir kering dan pecah-pecah. Vitamin B2 bisa didapatkan dari sayur bedrdaun hijau, kacang hijau, kacang kedelai, susu, buah pisang, daging tak berlemak.

 

  1. Vitamin B3.

Nama lain adalah Niacinamide. Fungsi vitamin B3 adalah untuk mengubah kalori menjadi energy, meningkatkan system syaraf dan meningkatkan nafsu makan. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan nafsu makan berkurang, susah tidur, badan letih dan otot kejang. Vitamin B3 bisa didapatkan dari alpukat, brokoli, daging, ikan, susu, sayur berdaun hijau dan roti.

 

  1. Vitamin B5.

Nama lain adalah Pantothenic Acid. Peran vitamin B5 adalah untuk kesehatan syaraf dan otak, penghasil senyawa asam dan hormone. Kekurangan vitamin B5 menyebabkan gangguan kulit, insomnia, kram otot, penyakit Paresthesia, vitamin B5 bisa didapatkan dari alpukat, sayuran brokoli dan daging.

 

  1. Vitamin B6.

Nama lain adalah pridoksin. Fungsi dari vitamin B6 adalah untuk kesehatan gigi, pembentukan sel darah merah, untuk kesehatan system syaraf dan pembentuk antibody. Kekurangan vitamin B6 menyebabkan anemia dan system syaraf terganggu. Vitamin B6 bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan terutama pisang dan daging tak berlemak.

 

  1. Vitamin B7.

Nama lain adalah Biotin. Kegunaan vitamin B7 adalah untuk reaksi kimia dalam tubuh. Kekurangan vitamin B7 menyebabkan masalah kulit, kekurangan darah, susah tidur dan rambut rontok. Vitamin B7 bisa didapatkan dari kuning telur, ragi, daging tanpa lemak dan gandum.

 

  1. Vitamin B9.

Nama lain adalah asam folat. Manfaat vitamin B9 adalah untuk penurun resiko jantung, pembentuk sel-sel darah merah dan pencegah kecacatan otak janin. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan janin cacat dalam kandungan dan kurang darah atau anemia. Vitamin B9 bisa didapatkan dari kacang-kacangan, bayam, buah jeruk, tomat dan hati.

 

  1. Vitamin B12.

Nama lain adalah Methylcobalamin. Fungsi vitamin B12 adalah untuk pertumbuhan, kesehatan system syaraf dan pencegah anemia. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Vitamin B12 bisa didapatkan dari sayur-sayuran berdaun hijau, daging berwarna merah dan susu.

 

  1. Vitamin C.

Nama lain adalah Asam askorbat. Kegunaan vitamin C adalah untuk meningkatkan system imun tubuh, pembentuk sel-sel darah merah, untuk antioksidan, untuk kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan vitamin C menyebabkan mudah lelah, anemia dan sariawan. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan, mentega dan ikan.

 

  1. Vitamin D.

Nama lain adalah Kalsiferol. Fungsi vitamin D adalah pembentuk tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D menyebabkan diabetes dan osteoporosis. Vitamin D bisa didapatkan dari susu dan pancaran sinar matahari. Gejala overdosis vitamin D meliputi, Kelemahan otot, Sakit kepala, Tuli, Kehilangan nafsu makan, Mual, Kelelahan, Muntah dan Nyeri tulang

 

  1. Vitamin E.

Nama lain adalah Tocopherols. Kegunaan vitamin E adalah pengontrol asam lemak berlebih dan kesehatan kulit. Kekurangan vitamin E menyebabkan mandul. Vitamin E bisa didapatkan dari gandum, minyak sayur dan minyak ikan. Gejala overdosis vitamin E meliputi: Hipertensi, kelemahan otot, kelelahan, payudara lunak dan penyembuhan luka menjadi terhambat.

 

  1. Vitamin K.

Nama lain adalah Menaquinones. Kegunaan vitamin K adalah untuk pencegah diabetes, dan pencegah osteoporosis. Kekurangan vitamin K menyebabkan kepadatan tulang berkurang. Vitamin K bisa didapatkan dari alpukat dan sayur-sayuran berwarna hijau. Gejala overdosis vitamin k meliputi Mual, Muntah, Anemia, Diare dan Ruam Kulit.

 

Beberapa penyakit dari defisiensi vitamin menunjukkan kondisi medis yang cukup parah, dan karenanya orang disarankan untuk melakukan diet seimbang untuk mencegah kondisi ini. Kondisi overdosis vitamin muncul ketika ada kelebihan asupan salah satu vitamin. Kondisi ini juga dikenal sebagai keracunan vitamin, karena kelebihan vitamin dalam tubuh menimbulkan beberapa efek samping.

Overdosis vitamin yang larut dalam lemak menimbulkan efek samping yang lebih serius dibandingkan dengan vitamin yang larut dalam air. Kelebihan vitamin disebut Hipervitaminosis

Hal ini karena, kelebihan vitamin yang larut dalam air bisa diatasi dengan banyak minum dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urin. Ini bertentangan dengan vitamin yang larut dalam lemak.