Indonesia Mendapat Sebutan Zamrud Khatulistiwa Karena?

ASTALOG.COM –  Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara beribukotakan Jakarta yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.

Indonesia memiliki batas-batas wilayah yang menjadi pemisah antara wilayah indonesia dan wilayah Negara lain. Batas wilayah Indonesia yang berhubungan dengan wilayah lain di 4 arah mata angin adalah sebagai berikut :

1. Batas wilayah Indonesia sebelah Utara.
Di sebelah utara, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia. Indonesia dan Malaysia memiliki batas wilayah yang sama baik darat maupun laut. Wilayah darat Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia adalah bagian utara pulau Kalimantan. Sedangkan batas wilayah laut di perairan selat Malaka.
Jika batas darat wilayah Indonesia hanya bersentuhan dengan Malaysia namun tidak dengan batas laut wilayah Indonesia disebelah utara yang berbatasan dengan laut lima Negara yaitu, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Republik Palau dan Filipina.

2. Batas wilayah Indonesia sebelah Barat.
Sebalah barat wilayah Indonesia tidak memiliki batas darat tetapi hanya batas laut saja. Batas wilayah laut Indonesia sebelah barat adalah Samudra Hindia dan Laut Andaman. Indonesia dan India berkonsi beberapa titik di sekitar kedua perairan tersebut sebagai batas wilayahnya. Di perairan tersebut Indonesia memiliki 1 pulau terluar yang menjadi batas wilayah darat yaitu pulau Ronde yang berada di Aceh.

3. Batas wilayah Indonesia sebelah Timur.
Batas wilayah timur Indonesia berbatasan langsung dengan daratan Papua New Guinea dan perairan Samudra Pasifik. Batas darat Indonesia sebelah timur berbatasan langsung dengan Papua New Guinew adalah wilayah Papua New Guinea sebelah barat Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun). Persamaan budaya dan hubungan kekerabatan yang dekat hamper dapat menjadi jembatan yang baik untuk menjaga perdamaian di kawasan ini.

4. Batas wilayah Indonesia sebelah Selatan.
Indonesia sebelah selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudra Hindia. Timor Leste adalah bekas wilayah Indonesia yang telah memisahkan diri menjadi Negara sendiri pada tahun 1999, dulu wilayah ini dikenal dengan Provinsi Timor Timur. Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Provinsi yang berbatasan langsung dengan wilayah Timor Leste yang letaknya berada di Kabupaten Belu dan selain itu Indonesia juga berbatasan dengan perairan Australia.
Indonesia merupakan slaah satu negara yang sedang berkembang. Meskipun dengan statusnya yang sedang berkembang, Negara Indonesiaternyata cukup dikenal dimata dunia sehingga banyak julukan yang diberikan dunia untuk indonesia, beberapa diantaranya adalah:

1. Mafia Asia.
Merupakan sebutan yang diberikan karena Indonesia selalu terdepan atau penggerak pembahasan permasalahan Asia.

2. Negara Maritim.
Disebut sebagai Negara Maritim karena Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas.

3. Negara Agraris.
Lahan Pertanian yang luas serta mata pencaharian penduduk yang sebagian besar merupakan petani menyebabkan Indonesia mendapatkan julukan Negara Agraris

4. Negara Seribu Pulau.
Indonesia terdiri dari setidaknya 13.487 pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke menyebabkan Negara Indonesia disebut sebagai Negara Seribu Pulau sekaligus sebagai negara Kepulauan.

5. Nusantara.
Julukan ini berasal sejak dari zaman kerajaan Majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai papua dalam literatur Jawa.

6. Negara Seribu Candi.
Julukan ini menyangkut pada salah satu situs 7 keajaiban dunia yaitu candi Borobudur yang terletak di Magelang, Indonesia
7. Negara Nyiur.
Disebut sebagai Nyiur karena Indonesia memiliki banyak sekali wilayah pantai yang di tumbuhi oleh pohon kelapa. (Kelapa : Nyiur)

8. Garuda.
Sebagaimana simbol dari Negara kita yaitu Burung Garuda Pancasila

9. Negara Megabiodiversitas.
Julukan ini diberikan oleh para peneliti dunia yang kagum akan keberaneka-ragaman flora dan fauna di Indonesia termasuk adanya flora dan fauna langka di Indonesia seperti Komodo, Raflesia Arnoldhi, dan Anggrek hitam.

10. Heaven Earth.
Heaven Earth atau disebut sebagai Surganya dunia karena Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, tanah yang subur serta keindahan panorama alam yang memikat.

11. Paru-paru Dunia.
Julukan ini diberikan oleh Negara USA dan Singapura untuk Kalimantan dengan Hutan yang Luas dan lebat sebagai penyimpan cadangan Oksigen bagi dunia

12. The Big Mouslem Population.
Julukan tersebut diberikan oleh umat muslim didunia karena kekaguman mereka pada jumlah pemeluk agama islam di Indonesia

13. Our Large Neighbour to North and Nearest Asian Neighbour.
Indonesia merupakan negara tetangga asia yang terdekat dan terbesar yang dimiliki oleh Australia.

14. Balinesia.
Disebut balinesia oleh para turis pada saat berkunjung di Bali. Mereka sebagian tidak mengerti bahwa Bali merupakan bagian dari Indonesia.

15. Macan Asia yang Tertidur.
Julukan sebenarnya adalah Macan Asia, namun di era modern ini julukan tersebut berganti menjadi Macan Asia yang Tertidur. Julukan ini diberikan karena Indonesia di akui oleh bangsa Asia bahwa Indonesia berpotensi besar menjadi Negara Adidaya.

dan yang terakhir adalah Zamrud Khatulistiwa.

Kenapa Indonesia di Kenal Sebagai Zamrud Khatulistiwa?

Gugusan pulau-pulau dan hutan Indonesia secara geografis terletak di garis khatulistiwa, tetapi bukan karena letaknya Indonesia dikenal sebagai Zamrud Khatulistiwa. Jika dilihat dari angkasa gugusan kepulauan Indonesia nan hijau menyejukan mata bak batu Zamrud. Ini disebabkan oleh letaknya yang berada tepat di bawah garis khatulistiwa sehingga Indonesia mendapatkan cahaya yang cukup untuk mendukung keanekaragaman hayatinya. Hal inilah yang kemudian membuat Indonesia dikenal sebagai Zamrud Khatulistiwa.