Apa Manfaat Biota Laut Bagi Manusia?

ASTALOG.COM – Tahukah kamu apa itu biota laut? Biota laut merupakan segala jenis makhluk hidup yang berada di lautan, hal ini dapat di bagi menjadi berbagai jenis, baik hewan atau pun tumbuhan.

Salah satu jenis biota laut adalah terumbu karang. erumbu karang itu adalah Sekompulan ekosistem di bawah Laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur, bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenis-jenis moluska, krustasea, ekhinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut

1. Secara alami, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting.

2. Banyaknya spesies makhluk hidup laut yang dapat ditemukan di terumbu karang menjadikan ekosistem ini sebagai gudang keanekaragaman hayati laut.

3. Saat ini, peran terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi berbagai bahan bioaktif yang diperlukan di bidang medis dan farmasi.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Manusia

1. Sumber ikan dan makanan laut lainnya yang mengandung protein tinggi.

2. Melindungi pantai dan penduduk dari hantaman ombak dan arus.

3. Sumber penghasilan bagi nelayan (tangkapan ikan).

4. Kekayaan pariwisata bahari yang berdaya jual tinggi (memancing, menyelam, snorkeling).

5. Sumber kekayaan laut yang bisa digunakan sebagai obat-obatan alami.

6. Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian.

Jenis-Jenis Biota Laut

Jenis jenis biota laut secara garis besar terbagi menjadi dua kelompok yaitu hewan dan tumbuhan. Dalam perkembangannya kedua kelompok ini masih terbagi lagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jenis dan karakteristiknya serta sifat sifatnya.

Biota Laut Berdasarkan Sifatnya

Biota laut berdasarkan sifatnya dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu Planktonik, Nektonik, dan Bentik.

Planktonik

Biota yang berenang dan mengapung mengikuti arus, biota ini tidak dapat berenang melawan arus karena keterbatasannya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu untuk hewan dan tumbuhan.

1. Zooplankton (plankton hewan): acetes (udang rebon), ostracoda, cladocera, dan lucifer.

2. Fitoplankton (plankton tumbuhan): dinoglagellata , algae, dan lain-lain.

Bentik

Biota yang hidup didaerah dasar atau pada umumnya bersifat merayap yang dapat terdiri dari hewan dan tumbuhan.

1. Menempel: sponge, teritip, tiram dan lain-lain.

2. Merayap: kepiting, udang karang yang kecil-kecil dan lain-lain.

3. Meliang: cacing, kerang dan lain-lain.

Nektonik

Merupakan biota yang sifatnya berenang renang, umumnya berbagai jenis biota laut merupakan termasuk kelompok nektonik ini. Ada banyak contoh jenisnya dalam kehidupan laut seperti ikan dan ubur ubur.

Kelompok Hewan Biota Laut

Biota laut terdapat banyak hewan yang memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Kelompok hewan ini terdiri dari berbagai jenis seperti ikan, Krustasea, Ekhinodermata, Koral, dan Moluska.

Ikan

Mungkin salah satu hewan di laut yang paling dikenal di seluruh dunia, ikan merupakan hewan bertulang belakang dan memiliki populasi yang sangat besar di laut.

Krustasea

Krustasea merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki cangkang keras dan invertebrata atau tidak memiliki tulang belakang. Contoh hewan seperti ini adalah udang dan kepiting dan lobster.

Ekhinodermata

Ekhinodermata merupakan salah satu jenis biota yang memiliki duri pada bagian luar kulitnya. Duri ini dijadikan sebagai pelindung dari musuh. Contoh hewan dengan karakteristik ini adalah bulu babi, bintang laut, tripang, dan lili laut.
Beberapa diantaranya memiliki nilai jual yang cukup tinggi baik untuk hiasan ataupun untuk makanan laut yang memiliki nutrisi tinggi.

Koral

Koral merupakan salah satu jenis kerang yang termasuk dalam kelompok hewan, terkadang biota ini menyerupai tumbuhan untuk mengecoh mangsanya. Mereka adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan tumbuhan seperti alga.

Moluska

Moluska merupakan salah satu jenis biota laut yang memiliki tubuh yang sangat lunak, dapat memiliki cangkang dan tidak memiliki cangkang. Contoh hewan yang masuk pada kategori ini adalah cumi cumi dan siput.

Keajaiban Biota Laut

Dalam lautan yang luas, biota laut sebenarnya terdapat banyak sekali, baik yang belum dapat diidentifikasi ataupun yang telah diidentifikasi. Keajaiban terus muncul ketika para peneliti melakukan penelitian dalam lautan yang dalam dan belum terjamah manusia sama sekali. Ada berbagai jenis hewan aneh yang terdapat di laut yang sulit dipercaya dan sangat unik baik dari sisi bentuk atau pun dari cara mereka beradaptasi dengan lingkungannya.