Sejarah Dan Teknik Melakukan Lompat Jauh

Loading...

ASTALOG.COM – Olahraga merupakan salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Entah itu dalam hal mengukir prestasi ataukah guna menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Dengan rutin melakukan olahraga, manusia dapat menjadi pribadi yang sehat jasmani dan rohani, serta memiliki sportifitas dan kedisiplinan yang tinggi, yang mana kemudian akan membentuk manusia yang lebih berkualitas. Salah satu cabang olahraga yang sangat menarik untuk Anda lakukan adalah lompat jauh.

Lompat jauh memang tidak sepopuler sepak bola ataukah basket, namun olahraga ini merupakan salah satu cabang yang cukup sering diikutsertakan dalam setiap perlombaan nasional maupun internasional. Olahraga lompat jauh dilakukan dengan menargetkan jarak lompatan sejauh-jauhnya dari titik tolakan, semakin jauh lompatan berarti semakin baik hasil yang diperoleh. Cabang olahraga ini dikatakan telah ada sejak beradab-abad yang lalu, ketika Olimpiade Kuno di Yunani dilaksanakan.

Awal Mula Berkembangnya Lompat Jauh
Lompat jauh memiliki sejarah yang panjang, olahraga ini telah muncul sekitar 13 abad yang lalu. Dan pada masa itu, lompat jauh menjadi satu-satunya olahraga lompat yang ikut diperlombakan dalam pesta olahraga Olimpiade Kuno. Jika melihat catatan sejarah, dikatakan bahwa lompat jauh pernah diikuti oleh peserta Sparta dan menghasilkan jarak lompatan sepanjang 7,05 meter.

BACA JUGA:  Fungsi Set Upper Pada Permainan Bola Voli

Mulanya, setiap cabang olahraga yang diikutsertakan dalam Olimpiade Kuno, ditujukan sebagai salah satu bentuk latihan militer perang. Kehadiran cabang olahraga lompat jauh ini diyakini dapat dijadikan sebagai ajang dalam melatih serta meningkatkan ketangkasan para prajurit perang guna melompati berbagai rintangan dengan ukurang yang berbeda, misalnya saja parit ataukah jurang.

Teknik dan cara yang dilakukan pada masa itu, sangatlah jauh berbeda dengan teknik lompat jauh yang diterapkan saat ini. Pada zaman dulu, para peserta lompat jauh hanya diizinkan untuk menggunakan start lari pendek. Selain itu, di kedua tangan peserta juga harus terdapat beban yang memiliki berat sekitar 1 hingga 4,5 kg.

Berkembangnya Lompat Jauh Di Zaman Modern
Seiring dengan perkembangan zaman, cabang olahraga lompat jauh juga tetap diperlombakan dalam Olimpiade Modern yang berlangsung di 1896 dan berlokasi di Athena, Yunani. Dari hari ke hari, teknik dan cara yang dilakukan dalam lompat jauh terus diperbaiki dan dikembangkan, hingga terciptalah teknik lompatan yang ada sekarang ini.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Memegang Peluru Dengan Baik?

Dalam hal rekor lompatan terjauh, atlet asal Amerika Serikat bernama Bob Beamon pernah mengukir sejarah dengan catatan rekor lompatan sejauh 8,90 meter. Pecahan rekor tersebut terjadi dalam pesta olahraga Olimpiade yang diadakan di Meksiko pada tahun 1968. Namun, rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh atlet Amerika lainnya bernama Mike Powell dengan catatan lompatan 8,95 meter.

Dalam olahraga lompat jauh, terdapat 4 teknik yang harus dilakukan:

1. Teknik Awalan
Teknik awalan ini adalah pergerakan dalam lompat jauh yang dilakukan dengan cara menggerakan kaki secepat mungkin dan berlari guna mendapatkan kecepatan maksimal saat akan melakukan tolakan. Jarak dalam melakukan teknik awalan sangat bergantung pada tingkat kematangan dan pengalaman seorang atlet, bagaimana atlet tersebut dapat menyeimbangkan kecepatannya dengan jarak yang dibutuhkan. Teknik awalan ini dilakukan pada lintasan lari dengan jarak 40-45 meter.

2. Teknik Menumpu
Selain awalan, pelaku lompat jauh juga benar-benar harus memperhatikan teknik menumpu ini. Menumpu merupakan gerakan penting yang dilakukan guna menentukan hasil lompatan yang sempurna. Atlet harus melakukan tolakan di atas sebuah papan atau balok yang telah disiapkan, dengan menggunakan kaki yang dianggap paling kuat.
Ketika melakukan tumpuan, disarankan untuk menjaga posisi badan, sebaiknya jangan terlalu condong. Disamping itu, tekanan tumpuan haruslah kuat dan cepat, serta menjaga keseimbangan badan agar tidak goyah. Untuk membantu menambah ketinggian lompatan dan menjaga keseimbangan tubuh, gerakan ayunan lengan sangat berperan penting dala teknik ini.

BACA JUGA:  Jumlah Pemain Sepak Bola Dalam Satu Regu

3. Teknik Melayang
Dalam cabang olahraga lompat jauh, teknik melayang ini dilakukan tepat setelah kaki meninggalkan tumpuan kayu atau balok. Yang paling penting untuk diperhatikan pada teknik ini adalah menjaga keseimbangan tubuh. Jangan lupa untuk mengayunkan kedua tangan guna memperbaiki keseimbangan saat melakukan lompatan.

4. Teknik Mendarat
Teknik terakhir yang harus diketahui adalah teknik mendarat. Disarankan untuk mendarat dengan posisi yang sempurna, jangan sampai badan Anda goyah sehingga badan terjatuh ke belakang. Saat mendarat, jagalah posisi kedua tumit kaki agak rapat. Sangat penting untuk mendaratkan kedua kaki secara bersamaan, lalu memberi dorongan ke depan pada pinggul. Ini dilakukan guna menghindari atlet terjatuh ke belakang setelah pendaratan.