Tuliskan Fungsi Otak Besar

ASTALOG.COM – Manusia adalah mahluk hidup yang paling tinggi derajatnya diantara mahluk hidup lainnya karena manusia memiliki akla dan pikiran. Manusia menggunakan akal dan pikiran untuk lebih berkembang dan lebih siap dalam menjalani kebutuhan dimana untuk hidup, manusia membutuhkan akal untuk membuatnya tetap bertahan.

Nah, akal dan pikiran berasal dari satu organ tubuh kita atau yang bisa disebut dengan organ tunggal atau raja dari segala pusat perintah yaitu otak.

Pengertian Otak
Otak adalah pusat terhubungnya semua indera yang memungkinkan kita untuk mengenali dunia luar. Kita ingat, memiliki emosi, memecahkan masalah, khawatir tentang hal-hal, bermimpi tentang masa depan, dan mengendalikan tubuh kita di dalam otak kita. Seperti kebiasaan organ, otak tidak tampak seperti kebanyakan organ lainnya. Otak dilindungi oleh tengkorak kepala yang keras, tebal dengan membran dan cairan di sekitarnya untuk melindunginya

Pembagian Otak
Otak manusia dapat dipecah menjadi beberapa bagian otak dengan fungsi yang berbeda.
1. Serebrum
Serebrum atau otak besar adalah bagian terbesar dari otak. Ini adalah bagian atas keriput abu-abu. Permukaan otak yang disebut korteks serebral. Bagian yang berbeda dari otak berurusan dengan bagian-bagian tubuh yang berbeda. Yang berhubungan dengan bagian belakang adalah pandangan sementara bagian lain berhubungan dengan fungsi lain seperti gerakan, pendengaran, bahasa, dan sentuhan.

2. Serebelum
Di bagian belakang dan bawah otak adalah serebelum atau otak kecil. Ini bagian dari otak berkaitan dengan gerakan motorik. Ini memproses semua pesan bermotorik yang masuk dari saraf dan mengeluarkan apa yang harus dilakukan dengan mereka. Otak kecil bisa belajar gerakan motorik dengan praktek yang memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal seperti naik sepeda atau mengetik tanpa berpikir tentang hal itu.

3. Batang Otak atau Medula
Di sinilah otak terhubung ke sumsum tulang belakang. Juga, banyak fungsi yang secara otomatis dikendalikan disini seperti menjaga detak jantung, pernapasan, dan mencerna makanan. Otak memiliki tiga bagian utama, otak, otak kecil, dan batang otak. Otak dibagi menjadi daerah yang mengontrol fungsi-fungsi tertentu.

Fungsi Otak
Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.