Apa Fungsi Kolon Transversum?

Loading...

ASTALOG.COM – Usus adalah tabung berotot yang memanjang dari ujung bawah perut Anda ke anus Anda, pembukaan yang lebih rendah dari saluran pencernaan. Hal ini juga disebut usus atau perut. Makanan dan Produk pencernaan melewati usus, yang dibagi menjadi dua bagian yang disebut usus halus dan usus besar. Namun pada artikel hanya hanya akan membahas mengenai usus besar terlebih dahulu.

Usus besar atau kolon dalam anatomi adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ ini adalah menyerap air dari feses. Pada mamalia, kolon terdiri dari kolon menanjak (ascending), kolon melintang (transverse), kolon menurun (descending), kolon sigmoid, dan rektum. Bagian kolon dari usus buntu hingga pertengahan kolon melintang sering disebut dengan “kolon kanan”, sedangkan bagian sisanya sering disebut dengan “kolon kiri”. Usus besar merupakan akhir dari saluran pencernaan. Ia terhubung dengan usus kecil pada sekum, naik ke atas dan di perut dan kemudian turun ke rektum.

Usus besar dapat dibagi menjadi 6 daerah yang berbeda, yakni:
1. Sekum.
Terletak pada perut kanan bawah, sekum adalah struktur berbentuk kantong kecil yang membentuk bagian pertama dari usus besar. Hal ini terhubung ke bagian terakhir dari usus kecil (ileum) pada ujung anterior dan usus ascending pada akhir posterior.

2. Kolon Asenden.
Kolon adalah bagian terpanjang dari usus besar dan dimulai dengan usus asenden, yang disebut demikian karena mulai di dasar perut (kanan) dan bergerak ke atas menuju hati. Ini berakhir di mana usus besar mulai berubah di samping hati.

3. Kolon transversum.
Kolon asenden mengarah ke kolon transversum yang bergerak dari kanan ke kiri, di perut. Itu terletak tepat di bawah perut. Selain itu, usus besar transversum juga melekat pada perut oleh sekelompok dari jaringan yang disebut omentum yang lebih besar. Kemudian beralih ke bawah pada limpa dan berakhir ke dalam kolon denden. Fungsinya adalah untuk menyerap air selama proses pencernaan.

4. Kolon desenden.
Berjalan ke bawah dari kolon transversum adalah kolon desenden yang terletak di sisi kiri perut dan berakhir ke bagian terakhir dari usus besar disebut kolon sigmoid.

5. Kolon sigmoid.
Terletak di sisi kiri bawah perut, kolon sigmoid adalah struktur ‘berbentuk S’ bergabung dengan kolon desenden dan rektum. Bagian dari usus besar dilapisi dengan jaringan otot yang kuat yang memberikan usus besar kekuatannya untuk mengusir sampah ke dalam rektum.

6. Rektum.
Bagian terakhir dari usus besar disebut rektum. Di sinilah bahan limbah dalam bentuk feses disimpan sampai diekskresikan keluar dari anus. Ini terdiri dari lapisan mukosa tebal dan disertakan dengan banyak pembuluh darah.

Fungsi Usus Besar.

– Fungsi usus besar untuk Menyerap Air.
Salah satu fungsi utama dari usus besar adalah untuk menyerap air dan mempersiapkan limbah sebagai tinja yang padat yang akan dikeluarkan dari tubuh.

– Fungsi usus besar untuk Menyerap Vitamin.
Ada sejumlah bakteri menguntungkan yang biasanya hidup di usus besar dan memainkan peran penting dalam mengurai gula yang tidak tercerna dan serat menjadi asam lemak. Bakteri komensal juga membuat gas yang terdiri dari metana, hidrogen sulfida, karbon dioksida dan gas lainnya. Flatus atau buang angin ini adalah hasil dari pemecahan gula oleh bakteri yang berbau busuk. Bakteri menguntungkan memproduksi berbagai vitamin, di antaranya vitamin K dan biotin yang diserap kembali ke dalam tubuh.

– Mengurangi Keasaman dan Melindungi dari Infeksi.
Usus besar menghasilkan larutan alkali yang membantu mengurangi keasaman dan menyeimbangkan pH dalam usus besar. Lapisan mukosa usus besar bertindak sebagai lapisan pelindung yang mencegah bakteri berbahaya yang akan diserap ke dalam tubuh.

– Fungsi usus besar untuk Produksi Antibodi.
Sebuah fungsi yang sedikit diketahui dari usus besar adalah bahwa itu menghasilkan antibodi yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini diyakini bahwa usus buntu mungkin produsen utama antibodi di beberapa titik dalam proses evolusi.

Fakta Menarik Mengenai Usus.

* Pada orang dewasa, panjang usus halus sekitar 16 kaki (rata-rata), dan diameter sekitar 1-2 inci.
* Jika usus halus hanya tabung sederhana, itu akan memiliki luas permukaan hanya sekitar ½ meter persegi, atau sekitar ukuran kursi. Namun, usus halus memiliki lapisan dalam yang sangat kompleks, yang terdiri dari jutaan jari-jari kecil (disebut vili), yang meningkatkan luas daerah sampai sekitar 200 meter persegi, atau sekitar ukuran lapangan tenis!
* Makanan dapat tertahan pada usus halus dari mana saja mulai dari dari 1 sampai 4 jam. Selama waktu ini, sebagian besar pencernaan kimia makanan terjadi (dan sebagian besar penyerapan juga).

* Usus besar sebenarnya lebih pendek dari usus halus, hanya menjadi sekitar 5 kaki panjang pada orang dewasa. Usus diberi nama untuk seberapa luas mereka, tidak sebeberapa panjang mereka.
* Dalam hidup Anda, sistem pencernaan (mulut, esofagus, lambung, usus, pankreas, hati) akan menangani lebih dari 50 ton makanan dan cairan!
* Makanan diserap dalam usus pergi langsung ke hati melalui vena besar yang disebut vena portal.
* Usus besar membuat “U” terbalik pada perut Anda. Itu berjalan dari sisi kanan bawah, hingga tulang rusuk Anda, menyeberang ke sisi kiri, dan turun ke sisi kanan bawah, akhirnya turun ke tengah dan menghubungkan ke rektum Anda.
* Dalam usus besar, terutama untuk menyerap air. Makanan kadang-kadang bisa bertahan di usus besar dari 18 jam sampai 2 hari!
* Manusia bisa hidup tanpa usus besar, seperti orang-orang yang harus memotong usus karena sesuatu yang buruk terjadi pada mereka. Karena mereka tidak dapat menyerap semua air dari kotoran mereka, menjadi benar-benar cair, hampir seperti diare.
* Sebagian besar enzim pencernaan pada usus halus benar-benar datang dari pankreas.

Loading...