Cara Membuat Website Bagi Pemula

Loading...

ASTALOG.COM – Membuat website sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini. Sebelumnya, kita selalu beranggapan, bahwa hanya orang-orang programmer-lah yang bisa membuat website, karena mereka menguasai tentang bahasa pemrograman.

Padahal, saat ini, orang awam pun bisa membangun sebuah website, apalagi dengan banyaknya panduan tentang cara membuat website bagi pemula yang bisa didapatkan dengan gampang di internet.

Orang yang tidak mengerti tentang coding sekalipun, sekarang ini memang juga sudah bisa membuat sebuah website pribadi. Sebenarnya pun, mudah atau sulitnya membuat website itu tergantung pada kemauan orangnya, bukan hanya soal kemampuan.

Bagi Anda yang masih pemula di dunia internet, bisa memanfaatkan banyak tutorial yang ditujukan khusus untuk para pemula dalam dunia pemrograman website.

BACA JUGA:  Sebutkan 3 Jenis Transportasi di Indonesia

Dengan tutorial tersebut, tentunya akan sangat membantu, dan juga dapat mendorong Anda untuk memiliki website sendiri. Panduan-panduan mengenai cara membuat website bagi pemula tersebut biasanya banyak membahas tentang platform dan sofware yang bisa membantu dalam pembuatan website yang diinginkan. Selain itu, biasanya juga sedikit dibahas mengenai dasar-dasar bahasa pemrograman.

Nah, untuk para pemula yang ingin membuat sebuah website pribadi, bisa mencoba pilihan dasar untuk para pemula berikut ini:

Pilih platform untuk website yang akan dibuat

Ada banyak platform yang bisa digunakan, seperti CMS (Content Management System). Bagi para pemula, ada baiknya mencoba platform gratisan, seperti yang ditawarkan oleh WordPress.

BACA JUGA:  Dampak Kebebasan Pers

Dengan menggunakan platform tersebut, pekerjaan membuat website akan menjadi lebih mudah dan cepat, dan pastinya juga gratis. Pilihan lainnya, ada Joomla.

Pilih software pembuat website yang akan digunakan

Beberapa software yang biasanya dipakai untuk membuat website, seperti Microsoft FrontPage dan Macromedia Dreamweaver atau Adobe Dreamweaver. Untuk para pemula, menggunakan software Microsoft FrontPage bisa jadi pilihan, karena lebih mudah dipelajari. Tapi, biasanya lebih banyak orang yang menggunakan Adobe Dreamweaver.

***

Setelah memiliki keduanya, langkah selanjutnya dalam cara membuat website bagi pemula, Anda tinggal menginstal aplikasi dan software tersebut.

Untuk programnya, diinstal pada komputer atau laptop yang digunakan untuk membuat website tersebut. Sedangkan, aplikasinya diinstal pada hosting yang telah disediakan.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Dengan Tenaga Kerja

Untuk mendapatkan hosting, Anda bisa menyewanya secara berbayar, atau menggunakan yang gratisan. Kemudian, jangan lupa juga Anda siapkan domain-nya.