Sebutkan Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik?

ASTALOG.COM Artikel kali ini akan membahas mengenai macam-macam cabang dari olahraga atletik. Olahraga atletik adalah jenis olahraga yang cenderung menggunakan kekuatan olah tubuh. Cabang olahraga atletik sudah dikenal sejak zaman dulu sampai sekarang olahraga jenis ini masih tetap eksis dan disukai oleh banyak orang. Olahraga atletik mulai dipertandikan sejak tahun 776 sebelum masehi dan merupakan cabang olahraga pertama yang dipertandingkan di dalam olimpiade.

Di dalam olahraga atletik pada cabang olahraga tertentu pertandingan tidak dimainkan secara satu lawan satu melainkan bertanding dengan beberapa orang. Sifatnya bisa beregu atau perorangan. Meskipun demikian untuk olahraga jenis laga pertandingan dilakukan satu lawan satu seperti olahraga tinju, sumo, silat dan cabang olahraga lain.

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik

1. Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan banyak disenangi oleh masyarakat. Walaupun sebagian besar dari mereka menyukai olahraga ini semata-mata untuk menjaga kebugaran serta kesehatan fisik misalnya melakukan olahraga lari diwaktu pagi.
Ada banyak jenis cabang dalam olahraga lari misalnya lari marathon, sprint, lari estafet dan juga jalan cepat serta masih banyak jenis lainnya. Selain kekuatan dan kebugaran fisik untuk bisa memenangkan perlombaan lari diperlukan strategi yang tepat sehingga bisa menjaga ritme kecepatan belari secara baik.

2. Tolak Peluru

Tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menolak logam berbentuk bundar menyerupai sebuah peluru. Jauhnya tolakan peluru menjadi ukuran untuk menentukan nilai yang didapat, semakin jauh daya tolak lemparan semakin bagus juga nilai yang didapat. Peluru yang dilempar tidak boleh keluar dari lingkaran yang ditentukan, bila peluru jatuh di luar lingkaran maka akan kena diskualifikasi.

3. Lompat Tinggi

Cabang atletik yang satu ini memerlukan ketrampilan serta kelenturan tubuh. Olahraga lompat tinggi dilakukan untuk menguji ketrampilan kamu dalam melompat melewati mistar yang melintang dengan ketinggian tertentu. Mistar tersebut tidak boleh tersentuh oleh tubuh kamu, karena bila tersentuh mistar akan jatuh dan berarti kamu gagal mendapatkan nilai.

4. Lompat Jauh

Cabang olahraga atletik yang satu ini mudah untuk dilakukan, kamu cukup melompat sekuat tenaga untuk mendapatkan lompatan terjauh. Para pelompat profesional selalu melatih kekuatan kaki mereka agar bisa mendapatkan lompatan yang jauh. Biasanya mereka bisa melompat dengan jarak 5 sampai 7 meter.

5. Lompat Indah

Olahraga ini menggabungkan gaya akrobatik di udara dengan lompatan. Kamu harus melompat dari ketinggian tertentu dan selama masih berada di udara kamu harus melakukan gerakan yang memenuhi nilai keindahan serta estetika tertentu sebelum terjatuh ke dalam air kolam yang berada di bawah papan loncat.

6. Lompat Galah

Pada dasarnya olahraga lompat galah hampir mirip dengan lompat tinggi yaitu kamu diharuskan untuk melompat melewati mistar melintang dengan ketinggian tertentu. Tetapi pada olahraga kali ini kamu bisa menggunakan alat bantu berupa galah sehingga bisa membuat lompatan lebih tinggi.

7. Angkat Besi

Olahraga angkat besi memerlukan tenaga serta otot yang kuat. Pada olahraga ini kamu diharuskan mengangkat beban dengan berat tertentu sesuai dengan cabang yang diikuti. Dalam perlombaan angkat besi peserta harus mengangkat beban menggunakan satu atau dua tangan dan harus kuat mengangkat beban sampai ke atas kepala. Nilai yang diberikan berdasarkan beban angkatan dan cara mengangkat beban tersebut, apakah langsung terangkat dengan satu gerakan atau dengan jeda.

8. Memanah

Kamu tentu sudah tidak asing lagi kan dengan panah? Ya, biasanya di film fantasi banyak tokoh utamanya menggunakan panah sebagai senjatanya. Olahraga memanah berlomba untuk menembakan anak panah ke sebuah papan khusus untuk bidikan panah. Semakin akurat anak panah menancap pada papan sasaran maka akan semakin tinggi nilai yang didapat.

9. Menembak

Menembak merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menyenangkan. Dalam olahraga ini kamu akan belajar konsentrasi untuk membidik sasaran tembak dengan tepat. Pada olahraga menembak peluru yang digunakan adalah peluru karet. Poin penilaian dihitung dari akurasi menembak papan tembak dengan tepat.