Macam-macam Penyakit dan Nama Virusnya

ASTALOG.COM –  Manusia sebagai makhluk hidup rentan dengan penyakit. Penyebabnya bisa beragam, namun yang paling umum dijumpai adalah virus, yakni mikroba yang bersifat parasit dengan ukuran mikroskopik dan cenderung bekerja dengan cara menginfeksi inangnya.

Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

 

Nama Virus dan Penyakitnya Pada Manusia.

Berikut uraian singkat macam-macam virus penyakit yang paling umum dijumpai menginfeksi manusia.
– Virus Influenza. Hampir semua orang pernah terkena flu. Gejalanya antara lain kepala yang terasa berat, hidung berlendir, tenggorokan gatal, bersin-bersin dan masih banyak lagi lainnya. Penyebab penyakit ini adalah virus bernama influenza.
– Virus Flu Burung. Nama lainnya adalah H5N1 atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama avian influenza. Virus ini memang menunjukan gejala yang hampir sama dengan virus influenza, hanya saja pada flu burung ini, penderita mengalami kecenderungan gejala yang lebih parah dan sering menjurus pada kematian.
– Virus SARS. Virus ini menyebabkan penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome yakni suatu penyakit pernafasan yang akut. Penyakit ini bisa mengakibatkan infeksi parah pada saluran pernapasan dan tak jarang berujung pada kematian. Penyakit ini terkait erat dengan infeksi virus SARS yang menyerang organ paru-paru dan mengakibatkan sel darah putih berkurang drastis.
– Virus herpes simpleks. Mikro-organisme yang satu ini mengakibatkan penyakit herpes yang cukup mengganggu. Penyakit ini menyerang kulit dengan gejala antara lain kulit radang dan memerah, terasa perih, gatal dan panas. Puncaknya kulit akan melepuh. Apabila dibiarkan, infeksi virus ini bisa saja sampai pada sistem saraf kita dan mengakibatkan gejala yang lebih serius lagi.
– Papilomavirus. Virus yang satu ini merupakan salah satu penyebab munculnya kanker mulut rahim pada wanita. Cara kerjanya dengan memunculkan kutil atau papiloma pada mulut rahim.
– Virus Varicella zoster. Jenis virus yang satu ini bisa menyebabkan penyakit yang kita kenal dengan nama cacar. Gejalanya antara lain suhu tubuh yang meninggi dan puncaknya muncul bintik-bintik yang berair dan terlihat melepuh.
– Virus HIV. Penyakit yang diakibatkan oleh virus ganas yang satu ini adalah AIDS. Sampai saat ini, belum ditemukan penangkal yang bisa mengembalikan penderita AIDS ke keadaan normal sebelum terinfeksi virus HIV. Umumnya, penyebaran virus ini melalui jarum suntuk dan hubungan seksual.
– Polio. Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, yang disebut polivirus. Polio menyebabkan kelumpuhan bagian tubuh, terutama pada kaki. Virus ini masuk melalui mulut kemudian menginfeksi saluran usus, masuk melalui aliran darah dan menyerang saraf pusat hingga menyebabkan kelumpuhan permanen dalam hitungan jam. Balita berusia 3 hingga 5 tahun rawan terserang polia, karena sistem imunitas balita belum sekuat orang dewasa. Polio menular melalui kontak antar manusia, feces yang terkontaminasi virus.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud dengan Kelas Heksapoda dan Sebutkan Cirinya
 

Selain pada manusia, virus juga bisa menyebabkan penyakit pada hewan dan tumbuhan.

Virus yang Menyebabkan Penyakit pada Hewan

NoNama VirusPenyakitMenyerangGejala
1Rous sarcoma virus(RSV)TumorAyam
2Bovine papillomavirusTumorSapi
3Virus penyakit mulut dan kakiPenyakit mulut dan kakiMulut dan kaki sapiMelepuh dan berlendir di sekitar mulut dan kaki
4Virus penyakit tetelo(new castle disease)TeteloAyamMencret dan batuk-batuk
5RhabdovirusRabiesSistem saraf pusat anjing, monyet, kucingTakut air, gelisah, hilangnya control otot, dan agresif

 

Virus yang Menyebabkan Penyakit pada Tumbuhan

NoNama VirusPenyakitMenyerangGejala
1Tobacco mosaic virus(TMV)MosaikTembakau dan tomatPertumbuhan terhambat dan daun bercak-bercak
2Citrus leprosis virus(CiLV)CiLVJerukBercak-bercak pada daun dan buah
3TungroTungroPadiTanaman menjadi kerdil