Jenis-Jenis Service Dalam Bola Volly

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis service dalam permainan bola volly. Pengertian Servis bola voli adalah sebuah tindakan awal untuk memulai suatu permainan dalam bola voli. Walaupun pada dsarnya dalam tindakan ini tidak hanya sekedar untuk memulai sebuah permainan, tapi bisa merupakan serangan awal yang cepat dan mematikan yang dilakukan pertama kali oleh pemain dalam sebuah regu yang melakukan service (servis).

Terkadang bola yang melancur cepat ke arah lapangan regu lain tidak bisa dibendung sehingga bagi tim atau regu yang melakukan servis bisa mendapat poin atau nilai.

Teknis Servis Bola termasuk hal dasar yang perlu dikuasai oleh pemain karena akan menentukan poin dan merupakan tahap pertama untuk melakukan permainan selanjutkan. Jika gagal melakukan servis, permainan akan diambil alih oleh regu lawan. Oleh sebab itu penguasaan semua teknik dasar bola voli wajib dikuasai oleh setiap pemain agar permainan berjalan sesuai keinginan.


Dalam melakukan servis ada 2 cara yang bisa dilakukan yakni Servis Tangan Atas dan servis tangan bawah. Servis Atas meliputi Tennis Servis, Floating Servis Dan Cekis.

A. Service Tangan Atas

Servis tangan atas adalah tindakan memukul bola dengan cara melemparkan bola ke atas lalu memukulnya dengan mengayukan tanga dari atas sambil di ikuti dengan lompatan untuk memaksimalkan tenaga dan pukulan sehingga bola melucur dengan cepat mengenai lapangan tim lawan.

1. Tennis Service

Cara melakukan Tennis servis yaitu :

a. Berdiri tegak dia area servis (lapangan). Posisikan kaki kiri agak kedepan sedangkan lutut sedikit diturunkan.

b. Tangan kiri menyangga atau memegang bola dari bawah sedangkan tangan kanan ada dibagian atas bola.

c. Kemusian tangan kiri melambungkan bola ke atas (di depan kepala) sambil memperhatikan bola sedangkan tangan kanan diangkat dan menariknya kebelakang kepala dan siap melakukan puukulan.

d. Ketika bola melambung tangan kanan melakukan pukulan dengan lecutan seperti melakukan smash bola dalam permainan.

2. Floating Service (ukulan Mengapung)

Cara melakukan pukulan atau service floating sebenarnya tidak jauh beda dengan tennis servis, hanya saja ada beberapa cara dimana jari tangan bisa dilipat, memukul dengan pangkal telapak tangan atau dengan genggaman tangan tergantung kebiasaan dan efektivitas pukulan dan masing-masing pemain tentu memiliki teknik berbeda. Cara melakukan diantaranya:

a. Ambil posisi kaki kiri agak kedepan seperti pada tennis servis.

b. Pegang bola dengan tangan kiri sedangkan tangan kanan terangkat disamping kepala dengan posisi lengan agak terbuka.

c. Lalu tangan kiri melempar bola keatas agak kekanan setinggi kepala lalu di ikuti dengan tangan memukul bola.

3. Service Cekis

Servis cekis merupakan tindakan memukul bola dengan cara menyamping ke kiri bagi pemain yang tidak kidal, tapi jika memukul menggunakan kanan kiri maka caranya bisa sebaliknya. Jika teknik ini tidak baik maka bola tidak akan terlontal dengan baik. Cara yang bisa dilakukan sebagai berikut

a. Ambil sikap menyamping dengan posisi tubuh kiri ke arah net.
b. Pegang bola dengan tangan kiri dan kanan, lalu lambungkan bola ke atas di ikuti dengan liukan tubuh.
c. Tangan kanan ditarik ke arah kanan bawah sambil meliukkan tubuh ke arah kanan.
d. Perhatikan bola dengan baik, selanjutnya liukkan bada ke samping kiri, pukulan arahkan pada bgian belakang bawah bola.
e. Untuk mengetahui lebih jauh teknik ini bisa di pelajari secara langsung atau peraktek lapangan.

B. Service Tangan Bawah

Servis bawah adalah cara servis dengan mengayunkan lengan dari arah bawah kemudian memukul bola dengan genggaman tangan.
Cara melakukan servis bawah :

a. Ambil sikap berdiri dan condongkan tubuh ke depan
b. Posisi kaki kiri ke depan
c. Pegang bola dengan tangan kiri
d. Letakkan tangan di samping bawah bola
e. Ketika posisi bola lurus dengan pinggang dan siap memukul
f. Kemudian ayunkan tangan kanan kebelakang untuk memukul bola ke arah depan