Apakah yang Dimaksud Dengan Sistem Organ?

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai sistem organ pada manusia. Apakah yang dimaksud dengan organ? Organ adalah sekelompok jaringan dalam organisme hidup yang memiliki bentuk dan fungsi spesifik.

Pengertian Sistem Organ

 

Organ dikelompokkan bersama ke dalam sistem organ. Sistem organ melakukan tugas tertentu. Pada kebanyakan hewan ada sepuluh sistem organ utama:

1. Sistem saraf – Sistem saraf bertanggung jawab untuk membawa pesan dari otak ke berbagai bagian tubuh. Ini termasuk otak, saraf tulang belakang, dan saraf.

 

2. Sistem pernapasan – Sistem pernapasan bertanggung jawab untuk bernafas. Ini mentransfer oksigen ke dalam aliran darah dan menghilangkan karbon dioksida. Ini termasuk paru-paru, laring, dan saluran udara.

3. Sistem kardiovaskular atau peredaran darah – Sistem kardiovaskular membawa darah ke seluruh tubuh untuk membantu membawa nutrisi ke berbagai organ lain. Ini termasuk pembuluh jantung, darah, dan darah.

4. Sistem pencernaan – Sistem pencernaan memproses makanan menjadi zat yang berbagai bagian tubuh dapat digunakan untuk energi dan nutrisi. Ini termasuk organ seperti perut, kandung empedu, usus, hati, dan pankreas.

PELAJARI:  Kapan Filipina Merdeka?

5. Sistem endokrin – Sistem endokrin menggunakan hormon untuk mengatur banyak fungsi seluruh tubuh seperti pertumbuhan, suasana hati, metabolisme, dan reproduksi. Organ utama dalam sistem endokrin meliputi kelenjar seperti hipofisis, tiroid, dan kelenjar adrenal.

6. Sistem ekskresi – Sistem ekskresi membantu tubuh Anda untuk menyingkirkan makanan dan racun yang tidak perlu. Ini termasuk organ seperti ginjal dan kandung kemih.

7. Sistem integumen – Sistem yg menutupi melindungi tubuh dari dunia luar. Ini mencakup kulit, rambut, dan kuku.

8. Sistem otot – Sistem otot terdiri dari semua otot di tubuh kita. Hal ini dikontrol oleh sistem saraf.

9. Sistem reproduksi – Sistem reproduksi mencakup semua organ yang diperlukan untuk reproduksi. Tidak seperti sistem organ, sistem reproduksi berbeda pada laki-laki dibandingkan perempuan.

10. Skeletal – Sistem rangka memberikan dukungan dan perlindungan bagi sisa sistem organ. Hal ini terdiri dari tulang, ligamen, tendon, dan tulang rawan.

PELAJARI:  Upaya Pemanfaatan Potensi Lokasi Indonesia

Organ Utama Dalam Tubuh Manusia

Seperti yang Anda lihat dari daftar panjang sistem organ, tubuh manusia memiliki sejumlah besar organ yang entah bagaimana semua bekerja sama untuk membuat kita tetap hidup. Berikut adalah daftar dan deskripsi singkat dari beberapa organ utama.

1. 2Otak – Mungkin organ yang paling penting dalam tubuh kita adalah otak. Di sinilah kita berpikir, merasakan emosi, membuat keputusan, dan mengendalikan seluruh tubuh. Otak dilindungi oleh tengkorak tebal dan cairan.

2. Paru-paru – Paru adalah organ utama yang membawa oksigen yang dibutuhkan ke dalam aliran darah kita.

3. Hati – Hati melakukan segala macam fungsi penting dalam tubuh kita dari membantu kita untuk memecah makanan dalam pencernaan untuk membersihkan tubuh kita dari racun.

4. Perut – Perut memegang makanan kita ketika kita pertama kali makan dan mengeluarkan enzim yang membantu memecah makanan kita sebelum pergi ke usus kecil.

PELAJARI:  Benarkah Ferdinand De Magel Haens Adalah Orang Pertama yang Berhasil Mengelilingi Dunia ?

5. Ginjal – Ginjal membantu untuk menjaga tubuh kita bersih dari racun dan produk limbah lainnya. Tanpa ginjal kita darah kita dengan cepat akan menjadi racun.

6. Jantung – jantung ini dianggap oleh banyak orang sebagai pusat kehidupan. Memiliki jantung yang sehat membantu untuk menjaga organ lainnya dan tubuh tetap sehat juga.

7. Kulit – Kulit adalah organ utama yang meliputi seluruh tubuh kita. Hal ini juga memberikan umpan balik ke otak melalui indera peraba.

Fakta-Fakta Tentang Organ

1. Beberapa organ disebut organ berongga karena mereka memiliki tabung kosong atau kantong. Contoh organ berongga termasuk lambung, usus, dan jantung.

2. Mata adalah organ yang umumnya dianggap sebagai bagian dari sistem saraf.

3. Sistem organ lain dalam tubuh manusia termasuk sistem kekebalan tubuh dan sistem limfatik.

4. Usus kecil sebenarnya jauh lebih panjang dari usus besar.

5. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa hati melakukan sebanyak 500 fungsi yang berbeda.