Apakah Khasiat Batang Pakis?

Loading...

ASTALOG.COM – Pakis (Nephrolephis Bisserata) adalah tumbuhan yang sering muncul pada batang kelapa sawit. Kegunaan Pakis pada kelapa sawit adalah dapat membantu untuk melembabkan tanah dan mencegah tumbuhnya rumput yang berbahaya. Tetapi banyak sekali petani yang menganggap remeh pertumbuhan pakis ini, padahal jika dikembangbiakkan dengan bagus, pakis dapat berkhasiat sebagai obat dan bermanfaat sebagai sayur. Daun pakis juga tidak mengenal musim, oleh sebab itulah pakis dapat dipanen setiap saat.

Pakis bertangkai hijau tua yang berukuran sekitar 4 cm, dengan mencapai ketinggian sekitar 10-12 cm dari permukaan tanah. Tunas ditutupi dengan sisik berwarna coklat, yang harus dikerok dulu sebelum dimasak. Daun pakis muda rasanya lembut, dengan rasa yang mirip dengan asparagus, atau buncis dengan tekstur yang renyah.

Sayur pakis (Diplazium esculentum), banyak dikenal dibeberapa negara sebagai sayuran, misalnya India, Nepal, hingga dibeberapa daerah di Amerika dan Kanada. Di indonesia sendiri daun pakis muda sudah lama dimanfaatkan sebagai sayuran yang cukup digemari, karena rasa dan teksturnya yang unik dan lezat.

Simak terus artikel berikut ini yang akan menjelaskan secara menyeluruh mengenai berbagai macam manfaat dari tanaman pakis.

1. Pakis dimanfaatkan sebagai makanan.
Pakis memiliki batang, rimpang, daun, daun muda dan tunas yang dapat digunakan untuk makanan. Tanaman pakis sering digunakan sebagai bahan makanan di Hawaii. Hal ini karena diyakini memakan pakis dapat meningkatkan produksi susu. Daun muda pada pakis dapat dibuat sayur ataupun disantap, baik sebagai salad atau sebagai sayuran setelah memasak. Masyarakat filipina biasa memasaknya dengan cara dikukus. Pakis yang banyak digunakan untuk keperluan memasak adalah pakis muda dengan daun yang melingkar erat.

BACA JUGA:  Jelaskan Apa yang Dimaksud Buku Digital?

2. Pakis untuk pengendalian serangga hama.
Pakis mengandung Filicin, yang diisolasi dari rimpang Dryopteris filixmas, adalah insektisida yang potensial. Filicin memiliki sifat anticacing juga. Para phytoecdysones ditemukan di pakis, pakis relatif bebas dari serangga. Pakis efektif dalam menghilangkan embrio serangga. Zat-zat ini dapat secara eksklusif diproduksi oleh tanaman untuk pertahanan terhadap serangga. Ekstrak pakis memiliki efek toksik pada Spodoptera littura dan Helicoverpa armigera.

3. Pakis Digunakan sebagai Ornamen.
Pakis bisa dibudidayakan sebagai tanaman hias baik di dalam ruangan di rumah atau di luar rumah dan di kebun raya karena keindahannya.

Kandungan Gizi Batang Pakis.

– Pakis rendah kalori dan Mengandung Omega 3.
Pakis memiliki banyak kandungan nutrisi penting, namun Tunas pakis muda keriting hanya mengandung 34 kalori per 100 g. Meskipun demikian, pakis memiliki profil gizi yang berkualitas tinggi, seperti terdiri dari manfaat antioksidan, vitamin, serta senyawa penting lain yaitu omega-3 dan omega-6.

-Tinggi vitamin A.
Daun pakis segar sangat tinggi antioksidan vitamin A, dan karoten. 100 g pakis mengandung 3617 IU atau 120% kebutuhan harian vitamin A yang direkomendasikan. Vitamin A adalah anti-oksidan alami kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Vitamin A juga merupakan vitamin yang sangat penting untuk penglihatan. Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin A alami akan membantu tubuh terlindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

BACA JUGA:  Sebutkan Unsur Utama Penyusun Garam Dapur?

– Mengandung senyawa flavonoid.
Pakis adalah sumber yang sangat baik dari banyak senyawa flavonoid poli-fenolik alami,  seperti Alfa karoten dan Beta karoten. Karoten dalam tubuh mengkonversi ke vitamin A.

– Tinggi vitamin C.
Rasa pakis yang manis dan unik berasal dari tingginya vitamin C. 100 g daun pakis segar mengandung 26,6 mg atau 44% dari yang diperlukan tubuh dalam sehari. Vitamin C vitamin larut air yang potensial sebagai anti-oksidan. Bersama dengan senyawa flavonoid seperti karoten, Vitamin A membantu menangkal radikal bebas berbahaya, serta  perlindungan dari kanker, peradangan, batuk, virus flu dan demam.

– Mengandung kalium tinggi.
Tunas daun pakis adalah sumber yang sangat baik dari mineral dan elektrolit, terutama kalium, zat besi, mangan dan tembaga. 100 g tunas pakis segar mengandung 370 mg atau 7% dari level kalium yang dibutuhkan perhari. Kalium merupakan elektrolit yang baik bagi jantung, yaitu yang akan membantu untuk mengurangi tekanan darah dan detak jantung dengan melawan efek samping dari sodium.

BACA JUGA:  Jelaskan Latar Belakang Lahirnya Sosiologi

– Kaya beberapa jenis dari vitamin B Kompleks.
Bukan hanya itu, pakis juga kaya vitamin esensial yang paling dibutuhkan oleh tubuh, yaitu beberapa vitamin dari kelompok vitamin B. Beberapa dari vitamin B kompleks tersebut adalah seperti niacin, riboflavin, dan thiamin.

Efek Samping daun Pakis.
Meskipun berbagai pakis memiliki banyak manfaat kesehatan, disarankan untuk mengambil saran dokter sebelum mengkonsumsi jumlah besar. Banyak pakis yang mengandung zat beracun, sehingga sangat penting kita dapat  memverifikasi dari sumber yang otentik apakah pakis tertentu aman untuk dikonsumsi. Pakis maidenhair tidak cocok untuk wanita hamil seperti yang dikenal sebagai alat kontrasepsi. Dosis yang berlebihan dari ekstrak pakis untuk laki-laki dapat menyebabkan kelemahan otot, koma, dan bahkan cedera pada mata. Pakis yang aman adalah dari jenis Ostrich yang telah bebas dari senyawa beracun penyebab kanker. Maka sebelum membeli harus memastikan bahwa pakis yang kita makan adalah aman untuk dikonsumsi.

Untuk daun pakis yang masih muda harus digunakan saat masih segar. Jika ingin disimpan, terlebih dahulu harus dibungkus plastik dan dimasukkan kedalam kulkas, maka pakis akan bertahan selama 2-3 hari. Ketika akan menggunakannya dalam memasak, maka perlu dipilih daun yang masih segar dan dipisahkan dengan yang sudah mengeras maupun yang berwarna coklat.