Apa Yang Dimaksud Penyakit Leukimia?

Loading...

ASTALOG.COM – Leukemia atau yang lebih dikenal sebagai kanker darah adalah salah satu jenis penyakit kanker. Leukemia disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang.

Karena jumlahnya yang meningkat,  sel-sel darah putih yang sebetulnya tidak normal tersebut menggantikan sel darah yang normal. Ketidaknormalan ini membuat fungsi sel terganggu.

Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penderita leukemia harus segera diobati. Sebab jika tidak, penderita bisa tidak tertolong. Leukemia mampu membunuh penderitanya hanya dalam hitungan minggu atau bahkan hanya dalam beberapa hari.

Ciri-ciri Kanker Darah Leukimia
Ciri-ciri kanker darah leukemia selanjutnya, orang yang terkena penyakit kanker darah akan sering mengalami mimisan. Mungkin, pada orang normal, mimisan dapat terjadi karena suhu badan yang begitu tinggi. Mimisan yang terjadi karena suhu badan yang tidak stabil tersebut biasanya terjadi dalam waktu yang singkat.

Namun, pada penderita penyakit kanker darah, ia akan sering mengalami mimisan yang dibarengi dengan pusing kepala yang begitu hebat. Jika Anda sering mengalami mimisan dan sakit kepala yang sangat, Anda perlu mewaspadainya mulai sekarang.

Ciri kanker darah yang ketiga, orang tersebut sering mengalami pendarahan yang hebat pada gigi dan gusinya. Mungkin, pendarahan gusi pada orang yang kekurangan vitamin, darah yang keluar dari gusinya adalah darah yang segar dan itu cepat untuk diatasi. Sedangkan pada penderita leukemia, pendarahan pada gusi terjadi dalam waktu yang relative sering.

BACA JUGA:  Mengapa Bisa Timbul Cegukan?

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengetahui ciri-ciri kanker darah pada anak. Kebanyakan anak-anak tak begitu merasakan apa sakit yang dideritanya. Jadi, sebagai orang tua yang harus mewaspadainya. Kanker darah pada anak biasanya akan menyebabkan anak menyusut berat badannya.

Penyusutan berat badan tersebut diakibatkan nafsu makannya yang main hari makin berkurang. Tanda lain dari kanker darah pada anak, anak akan kehilangan keseimbangan tubuhnya. Ia akan mudah jatuh saat berjalan. Atau, saat mereka jatuh dan terluka, lukanya akan sulit untuk diatasi karena aliran darahnya yang sukar membeku. Semoga informasi tentang ciri-ciri kanker darah di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Pendarahan yang terjadipun sulit untuk diatas karena darah sangat sukar membeku. Ciri lainnya adalah sering merasakan nyeri pada sendi atau tulang belakangnya. Nyeri hebat yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami demam yang tinggi dikarenakan sumsum tulang belakang yang sedang digempur oleh sel-sel kanker tersebut.

BACA JUGA:  Siapa Pendiri Kerajaan Kutai?

Leukemia dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Orang tua yang sakit leukemia bisa menurun pada anaknya.  Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa munculnya leukemia bisa jadi disebabkan juga oleh pengobatan yang menggunakan radiasi atau kemoterapi yang digunakan untuk membunuh kanker lain yang sebelumnya diderita. Namun tanpa disadari justru hal itu menimbulkan leukemia.

Radiasi merupakan salah satu faktor yang juga banyak dituding sebagai penyebab leukemia. Tudingan ini beralasan karena sejumlah fakta mendukung hal ini. Para pegawai yang bekerja di lingkungan penuh radiasi kerap terserang leukemia.

Pengobatan Kanker Darah.
Berdasarkan hasil penelitian Dr. M. Ahkam Subroto, tanaman sarang semut mengandung berbagai jenis zat aktif seperti flavonoid, tannin dan zat lain yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan zat flavonoid nya dipercaya sebagai zat anti kanker yang mampu melawan sel kanker terutama sel kanker darah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai obat tradisional kanker darah.

Zat flavonoid sendiri memiliki kemampuan untuk menonaktifkan zat karsinogen atau zat penyebab kanker. Perkembangan zat karsinogen tersebut akan dihambat sehingga tidak akan menumbuhkan sel-sel yang abnormal. Kemudian, sel abnormal dalam tubuh dicegah supaya tidak bisa membelah diri. Dengan demikian, sel kanker tidak akan menyebar ke berbagai jaringan dan organ lain di dalam tubuh penderita. Ini merupakan obat tradisional kanker darah yang sangat ampuh untuk mengendalikan laju pembelahan sel-sel kanker di dalam tubuh.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Fagositosis?

Selain flavonoid, terdapat zat lain bernama tokoferol yang mirip dengan vitamin E dan sangat berguna dalam penyembuhan kanker darah. Zat ini sangat efektif untuk menangkap radikal-radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Sarang semut sebagai obat tradisional kanker darah bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin menjalani pengobatan kemoterapi. Zat-zat yang terkandung dalam sarang semut secara aktif akan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Para ahli juga menyarankan kepada para penderita kanker darah untuk mengonsumsi tanaman ini secara rutin. Menurut beberapa ahli, pasien yang mengonsumsi sarang semut menunjukkan kemajuan dalam proses penyembuhan dalam waktu beberapa minggu. Bahkan ada di antara mereka yang kondisinya membaik hanya dalam beberapa hari saja setelah mengonsumsi obat tersebut.