Bentuk Negara Jepang Yaitu?

ASTALOG.COM – Jepang yang beribukotakan Tokyo ini adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia.

Jepang juga merupakan sebuah negara kepulauan yang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Jepang menjadi negara yang paling disegani di wilayah Asia karena memiliki tekhnologi yang jauh lebih maju dibandng dengan negara-negara di sekitarnya. Di Jepang terdapat 47 pemerintah daerah tingkat prefektur (setingkat provinsi) dan memiliki lebih dari 3300 pemerintah daerah pada tingkat bawah. Para kepala pemerintah daerah tersebut dipilih oleh rakyat setempat melalui pemilihan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang menjadikanya sebagai negara kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi.

Iklim Di Jepang.
Iklim Jepang terbagi atas enam zona iklim:
* Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.
* Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn.
* Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.
* Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.
* Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.
* Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Jepang adalah 40,9 °C (105,6 °F) pada 16 Agustus 2007.

Sistem Pemerintahan Negara Jepang
Jepang adalah negara kekaisaran, yang mana kepala negaranya seorang kaisar dengan kepala pemerintahan seorang perdana menteri. Kaisar adalah kepala negara seremonial yang di dalam konstitusi disebutkan sebagai simbol negara dalam urusan diplomatik dengan negara lain. Jepang sangat sering melakukan pergantian perdana menteri, namun hal itu tidak mengganggu kestabilan negara sehingga jepang termasuk negara yang dan banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modal asing di jepang.

Parlemen jepang adalah parlemen dua kamar yang dibentuk mengikuti sistem inggris. Terdiri atas Majelis Rendah dan Majelis TInggi. Majelis Rendah beranggotakan 480 orang anggota dewan dan dipilih secara langsung oleh rakyat setiap empat tahun sekali atau setlah Majelis Rendah dibubarkan. Majelis Tinggi Jepang terdiri atas 240 anggota dewan yang memiliki masa jabatan enam tahun dan juga dipilih langsung oleh rakyat. Setiap warga negara jepang yang berusia 20 tahun ke atas berhak untuk mengikuti pemilihan.

Ciri-ciri sistem pemerintahan Jepang adalah sebagai berikut:

a. Bentuk pemerintahan adalah monarki konstitusional dengan sistem demokrasi parlementer.
b. Kepala pemerintahan adalah raja/kaisar. Raja/kaisar Jepang sebagai simbol dan lambang kesatuan. Kepala perdana menteri adalah perdana menteri.
c. Pemilihan raja berdasarkan keturunan, sedangkan perdana menteri berasal dari pimpinan partai mayoritas yang ada di parlemen (House of Representatives).
d. Parlemen menganut sistem bikameral
e. Badan kehakiman adalah supreme court.

Sejak tahun 1947 di Jepang mulai berlaku sebuah konstitusi atau Udang-Undang Dasar yang didasarkanpada tiga prinsip, yaitu : kedaulatan rakyat, hormat terhadap hak – hak asasi manusia, danpenolakan perang. Di dalam konstitusi ini juga menetapkan tentang tiga kemandirian badanpemerintah yang terdiri dari :

* Badan Legislatif. Biasa disebut parlemen.
* Badan Eksekutif. Terdiri dari anggota kabinet.
* Badan Yudikatif. Berfungsi sebagai pengadilan hukum.