Sebutkan Jenis-jenis Kebutuhan

Loading...

ASTALOG.COM – Manusia hidup selalu dihadapkan pada masalah kebutuhan dan keinginan atau pemuas kebutuhan. Kebutuhan merupakan suatu hal yang harus dipenuhi agar orang dapat bertahan hidup. Kebutuhan hidup manusia pada dasarnya tidak ada yang persis sama. Kebutuhan anak-anak dan orang dewasa berbeda. Kebutuhan anak balita dengan kebutuhan anak SMA berbeda, demikian juga kebutuhan antara anak sekolah dengan seorang kepala keluarga mestinya akan berbeda pula.

Kebutuhan juga merupakan segala sesuatu yang di perlukan manusia untuk mencapai kemakmuran. Dan kebutuhan manusia tidak terbatas, karena manusia selalu merasa kekurangan. Manusia selalu menginginkan kemakmuran.

Jenis-jenis kebutuhan.

Secara garis besar, kebutuhan manusia dapat kita bagi menjadi empat kelompok, yakni:
1. Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaan.
– Kebutuhan primer.
Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Kebutuhan primer contohnya makanan, minuman, pakaian rumah, kesehatan, dan pendidikan.

– Kebutuhan sekunder.
Merupakan kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primernya tercukupi. Kebutuhan sekunder untuk masing-masing orang berbeda. Seseorang yang memiliki penghasilan yang tinggi untuk membeli mobil keluaran terakhir merupakan kebutuhan sekunder sedangkan bagi seorang pegawai rendahan yang berpenghasilan pas-pasan sebuah mobil atau motor merupakan barang mewah yang mustahil dapat dibeli.

– Kebutuhan tersier.
Merupakan kebutuhan ketiga setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini agak cenderung ke barang-barang mewah yang bertujuan untuk menunjukkan prestise atau status sosial di mata masyarakat. Contoh benda-benda yang dapat dikategorikan ke dalam kebutuhan tersier adalah rumah mewah, kapal pesiar, lukisan pelukis yang diciptakan pelukis ternama, maupun berlian.

2. Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya.
– Kebutuhan Jasmani: Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan manusia dalam memelihara raga/fisik. Contohnya : Istirahat, olahraga, makanan, minuman, dan pakaian.
– Kebutuhan Rohani: Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan dalam pemenuhan jiwa atau batin. Contohnya : beribadah, hiburan, kesenian, rekreasi, dan membaca buku, serta berkumpul dengan orang tua.

3. Kebutuhan Berdasarkan Waktunya.
a. Kebutuhan sekarang.
Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan sekarang ?
kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat itu juga.
Contoh :
– Apabila kita merasa lapar, kebutuhan yang kita perlukan adalah makanan. Rasa lapar itu sebainya dipenuhi dengna makan tepat pada waktunya. Karena jika ditunda akan menimbulkan penyakit maag (lambung).
– Jika seorang sedang sakit, maka saat ini ia membutuhkan obat sebagai penyembuh sakitnya. Dan jika orang tersebut telah sembuh dari sakitnya, apakah masih memerlukan obat? Jelas tidak. Jadi obat hanya diperlukan pada saat sakit,

b. Kebutuhan masa yang akan datang.
Jika anda menyimpan uang di rumah atau di bank, apakah manfaatnya langsung anda rasakan? Tentu belum dapat dirasakan. Tetapi jika saat anda memerlukan biaya karena ada keperluan yang sangat penting, maka anda dapat mengambil uang simpanan di rumah atau di bank. Dengan demikian kebutuhan masa yang akan datang adalah persiapan-persiapan atau persediaan-persediaan yang dilakukan untuk menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan datang. Contoh lain : seorang petani menyimpan pada pada saat musim panen. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi kemungkinana yang sulit pada saat musim paceklik.

4. Berdasarkan Subyek yang dibutuhkan.
Kebutuhan menurut subjek dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu :
– Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan dilihat dari segi orang yang membutuhkannya, misalnya; kebutuhan seorang petani akan berbeda dengan kebutuhan seorang guru.

– Kebutuhan masyarakat
Kebutuhan masyarakat adalah alat pemuas kebutuhan yang kegunaannya secara bersama, misalnya : telepon umum, jalan umum, WC umum, rasa aman dan sebagainya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan

1. Peradaban atau perkembangan jaman.
2. Kondisi alam.
3. Agama/kepercayaan.
4. Adat istiadat/tradisi.

Jenis-jenis Barang Pemuas Kebutuhan.

a. Barang menurut tujuan penggunaan
– Barang konsumsi: Barang yang secara langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Disebut juga barang jadi. Terdiri dari; Barang yang tahan lama(durable good) contoh:perabotan rumah tangga, dan barang tdk tahan lama (nondurable good) contoh: roti
– Barang Produksi/barang modal: Barang yang digunakan untuk menghasilkan barang lain.

b. Barang menurut cara memperolehnya
– Barang Bebas: Barang yang bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan pengorbanan. contoh: udara, air laut,matahari
– Barang Ekonomi: Barang yang jumlah terbatas dan untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan. Sebagian besar barang yang dihasilkan manusia adlh barang ekonomi

c. Barang menurut hubungannya dengan barang lainnya.
– Barang Substitusi. Barang yang sifatnya saling menggantikan. contoh: bolpoint—pensil
– Barang Komplementer.
Barang yang nilai gunanya meningkat apabila digunakan bersama-sama dengan barang lain. contoh: kompor—minyak tanah

d. Barang menurut proses pembuatannya
– Barang Mentah/Bahan baku, merupakan bahan dasar pembuatan barang pemuas kebutuhan.
– Barang setengah jadi, merupakan hasil prosesan barang mentah dan masih digunakan dalam proses produksi selanjutnya.
– Barang jadi, merupakan barang akhir dari rangkaian proses produksi dan siap untuk dikonsumsi.

Loading...