Apa Kelebihan Hard Disk Daripada Disket?

ASTALOG.COM – Seperti yang kita tahu, hard disk dan disket adalah dua benda yang berfungsi sebagai tempat untuk penyimpanan data. Keduanya memiliki peran dan fungsi masing-masing begitu pula dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pengertian Hard Disk
Hard disk adalah media penyimpanan dengan kapasitas penyimpanan mulai dari ratusan megabyte hingga ratusan gigabyte dan akan terus bertambah sesuai dengan kemajuan teknologi komputer.

Kecepatan putaran ketika membaca dan menuliskan data menentukan kecepatan akses data ke hard disk, oleh sebab itu akses data ke hard disk adalah yang tercepat dibandingkan media penyimpanan yang lain. Hard disk adalah media penyimpanan yang terbuat dari magnetik disk. Hard disk didisain untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Letak hard disk ada di dalam cpu.

Media penyimpanan ini memerlukan arus listrik sehingga dapat dilihat di dalam cpu bahwa hard disk dihubungkan oleh power supply. Data dalam hard disk diletakkan pada piringan magnetik pada lingkaranlingkaran yang disebut dengan track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.

Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency. Dilihat dari koneksinya, hard disk ada dua macam. Yakni hard disk SATA dan hard disk IDE. Secara fisik, hard disk sata dan ide tidak begitu kentara. Namun masing-masing menggunakan jenis kabel yang

Pengertian Disket
Dilansir dari wikipedia, disket adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Disket adalah media penyimpanan digital yang pernah populer pada pertengahan tahun 90-an dan awal 2000-an. Saat itu, hampir semua komputer menggunakan peralatan yang berkapasitas 1,44 MB ini.

Kelebihan dan Kekurangan Hard Disk dan Disket

1. Hard Disk
Kelebihan:
a. Kapasitas besar
b. Pembacaan data lebih cepat.
c. Relative tahan lama
d. Storage yang cukup aman

Kekurangan:
a. Harga relative mahal
b. Rawan terjadi bad sector
c. Bentuk fisik yang relative besar dan berat
d. Motor listrik yang memiliki batas usia tertentu, rata-rata 700.000 jam penggunaan.
e. Mudah rusak jika terkena benturan fisik.

2. Disket
Kelebihan:
a. Dikenal umum sebagai media penyimpanan pada zamannya
b. Dikenal sebagai media portable yang cukup murah pada zamannya.
c. Adanya fitur write protection.

Kekurangan:
a. Kapasitas kecil
b. Tranfer data lambat
c. Mudah rusak
d. Tidak didukung oleh computer modern

Jika dilihat dari keuntungan dan kerugian, sudah sangat jelas bahwa hard disk dan disket memiliki perbedaan dari segi penyimpanan. Hard disk adalah media penyimpanan dengan kapasitas penyimpanan mulai dari ratusan megabyte hingga ratusan gigabyte dan akan terus bertambah sesuai dengan kemajuan teknologi komputer sedangkan disket hanya berkapasitas 1,44 MB.