Fungsi Glukosa Bagi Tubuh Adalah?

Loading...

ASTALOG.COM – Glukosa merupakan salah satu zat nan ada dalam tubuh. Secara khusus, glukosa berada terkandung di dalam darah. glukosa merupakan zat nan berasal dari karbohidrat dari makanan. Glukosa ini kemudian disimpan dalam bentuk glikogen di dalam hati dan otot rangka.

Kadar glukosa dalam tubuh dipengaruhi 3 jenis hormon, yaitu insulin, glukagon, dan somatostatin. Hormon-hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Selain ada dalam tubuh manusia, glukosa pun sangat krusial bagi makhluk hayati lainnya, seperti tumbuhan dan hewan. Pada makhluk hidup, glukosa berguna sebagai penghasil tenaga. Pengertian Glukosa

Glukosa adalah bahan bakar di mana-mana dalam biologis. Ketika energi kimia yang dibutuhkan, glukosa dioksidasi menjadi piruvat melalui proses yang dikenal sebagai glikolisis yang merupakan sumber energi bagi organisme tertentu yang disebut anaerob obligat yang tidak dapat memanfaatkan oksigen untuk metabolisme. Dalam organisme aerobik, bagaimanapun, piruvat biasanya terus maju ke reaksi siklus asam sitrat (TCAC) dan rantai transpor elektron, membentuk CO2 dan air. Reaksi kemudian menghasilkan energi sekitar 18 kali lebih banyak dari glikolisis, terutama dalam bentuk ATP.

Fungsi Glukosa

Glukosa mempunyai peranan yang penting dalam proses biologis. Semua karbohidrat dalam tubuh diubah menjadi glukosa. Glukosa merupakan makanan berenergi yang nantinya dioksidasi menjadi karbondioksida dan air dalam sel-sel. Semua jaringan tubuh menggunakan glukosa sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan dan kegiatan. Glukosa banyak ditemukan dalam buah-buahan masak terutama anggur. Glukosa mempunyai rasa manis tetapi tidak semanis gula tebu. Glukosa dapat difermentasikan oleh ragi menjadi etil alkohol dan karbon dioksida.

Peranan Glukosa dalam Proses Metabolisme Tubuh

Dalam proses metabolisme tubuh, glukosa memiliki peranan penting. Glukosa dalam tubuh diserap oleh darah dalam system peredaran darah melalui proses pencernaan makanan. Sebagian dari glukosa ini langsung diserap oleh tubuh buat menghasilkan “bahan bakar” sel otak. Sebagian dari glukosa lainnya menuju hati nan disimpan dalam bentuk glikogen dan menuju otot nan disimpan dalam bentuk lemak. Glikogen bisa dikatakan sebagai sumber energi cadangan nan bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Glikogen itu akan diubah menjadi glukosa jika dibutuhkan lebih banyak energi.

Makanan Pencegah Diabetes

Saat glukosa dalam tubuh meningkat, sangat besar kesempatan Anda untuk mengalami diabetes. Nah, untuk mengontrol tingkat glukosa dalam tubuh Anda, berikut beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menyeimbangkan tingkat glukosa dalam tubuh.

1. Labu Pahit

Labu pahit mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Namun, jangan gunakan sayuran ini berbarengan dengan obat medis penurun kadar glukosa.

2. Gandum

Gandum bisa mengontrol kadar glukosa dalam darah.

3. Apel

Menurut penelitian, apel bisa membantu menurunkan kebutuhan insulin dalam tubuh.

4. Kacang

Mengkonsumsi kacang mampu mengontrol kadar glukosa dalam tubuh.

5. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur serba guna, bawang putih juga mampu menurunkan kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh.

6. Brokoli

Rajin mengkonsumsi brokoli mampu mengontrol kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh.

Loading...