Negara-negara yang Melewati Pegunungan Himalaya

ASTALOG.COM – Himalaya adalah sebuah barisan pegunungan di Asia, yang memisahkan anak benua India dari Dataran Tibet. Himalaya memiliki puncak-puncak gunung tertinggi yang ada di dunia, seperti puncak Everest dan Kanchenjunga. Kata ‘Himalaya‘ sendiri diambil dari bahasa Sanskerta, yaitu ‘hima‘ yang artinya ‘salju‘ dan ‘aalaya‘ yang artinya ‘tempat kediaman‘. Jadi Himalaya berarti ‘tempat kediaman salju‘.

Pegunungan Himalaya merupakan sumber dari 2 sistem sungai besar di dunia, yaitu Sungai Indus dan Sungai Gangga-Brahmaputra. Sekitar 750 juta orang tinggal di daerah sekitar aliran air dari pegunungan Himalaya, termasuk Bangladesh.

Secara geografis, Himalaya mempunyai barisan pegunungan yang panjangnya mencapai sekitar 2400 km, dari Nanga Parbat di barat hingga Namche Barwa di timur. Lebarnya bervariasi antara 250-300 km. Pegunungan Himalaya terdiri dari 3 barisan paralel yang diatur secara geologis menurut ketinggian dan usia.

Rute untuk Menuju ke Pegunungan Himalaya

Hingga saat ini, hanya ada 4 rute yang bisa dilalui untuk menuju ke pegunungan Himalaya, yaitu:

  1. Gangtok di Sikkim ke Lhasa di Tibet melalui Celah Nathula dan Celah Jelepla (salah satu daerah Jalur Sutra).
  2. Bhadgaon di Nepal ke Nyalam di Tibet.
  3. Rohtang Pass di Himachal Pradesh, India.
  4. Jalan dari Srinagar di Kashmir melalui Leh ke Tibet sekarang jarang digunakan karena masalah di wilayah tersebut.

Negara-negara yang Melewati Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya memanjang sepanjang 5 negara, yaitu:

1. Pakistan

Pakistan atau secara resmi bernama Republik Islam Pakistan adalah sebuah negara di kawasan Asia Selatan. Negara yang beribukota di Islamabad ini memiliki luas total wilayah sekitar 803.940 km2, dimana sekitar 3,1% adalah wilayah perairan dengan garis pantai sepanjang 1,046 km (650 mil). Adapun batasan-batasan negaranya adalah sebagai berikut:

  • Bagian Selatan: Laut Arab dan Teluk Oman
  • Bagian Barat: Afghanistan dan Iran
  • Timur: India
  • Timur Laut: China

Sementara itu, negara Tajikistan juga terletak sangat berdekatan dengan Pakistan, namun dibatasi oleh daratan sempit yang disebut Koridor Wakhan. Pakistan terletak secara strategis di antara daerah-daerah penting di Asia Selatan, Asia Tengah, dan Timur Tengah.

2. India

India atau secara resmi bernama Republik India adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Selatan. Negara ini memiliki luas total wilayah sekitar 3.287.590 km2 , dimana sekitar 9,6% wilayahnya adalah perairan dengan garis pantai sepanjang 7.000 km, dan merupakan bagian dari anak benua India.

India merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah. India membagi wilayahnya yang berbatasan dengan beberapa negara lain, seperti: Pakistan, Republik Rakyat Tiongkok, Myanmar. Bangladesh, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sri Lanka, Maladewa, serta Indonesia.

India yang beribukota di New Delhi merupakan salah bagian dari peradaban kuno dunia, seperti Peradaban Lembah Sungai Indus, dan merupakan tempat kelahiran dari 4 agama utama dunia, yaitu: Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme. Negara ini merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaannya pada 1947.

3. China

China atau secara resmi bernama Republik Rakyat Tiongkok (RRT) adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Timur. Negara yang beribukota di Beijing ini memiliki luas total wilayah sekitar 9.671.018 km², dimana sekitar 2,8% wilayahnya adalah perairan. RRT merupakan negara terbesar ke-4 di dunia setelah Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat, dan wilayahnya mencakup daratan yang sangat luas di bekas Peradaban Lembah Sungai Kuning.

  • Di bagian timur, ditemukan lagi daratan baru yang luas, tepatnya di pesisir Laut Tiongkok Selatan yang bergunung-gunung.
  • Di bagian tengah timur, ditemukan delta 2 sungai utama Tiongkok, yaitu Huang He (Sungai Kuning) dan Chang Jiang (Sungai Panjang). Sungai-sungai utama lainnya ialah Xi Jiang, Mekong, Brahmaputra dan Amur.
  • Di bagian selatan, didominasi daerah berbukit dan jajaran gunung yang lebih rendah.
  • Di bagian barat, terdapat barisan pegunungan yang utama, khususnya Himalaya dengan titik tertingginya di Tiongkok, yaitu Gunung Everest.

4. Bhutan

Bhutan yang beribukota di Thimpu adalah sebuah negara kecil yang terletak di kawasan Asia Selatan yang berbentuk Kerajaan dan dikenal dengan sebutan ‘Negeri Naga Guntur‘. Wilayahnya terhimpit antara India dan RRT. Negara ini memiliki luas total wilayah sekitar 38.394 km2, dimana sekitar 1,1% wilayahnya adalah perairan.

5. Nepal

Nepal adalah sebuah negara terkurung daratan yang terletak di kawasan Asia Selatan, tepatnya di kawasan pegunungan Himalaya. Negara yang beribukota di Kathmandu ini memiliki luas total wilayah sekitar 147,181 km2, dimana sekitar 2,8% wilayahnya adalah perairan.

Nepal nyaris berbentuk segi 4, dimana India mengelilingi Nepal di 3 sisi, yaitu barat, selatan, dan timur. Sedangkan China (RRT) di sisi utara. Meskipun Nepal tidak berbatasan dengan Bangladesh, namun kedua negara ini dipisahkan oleh tanah yang hanya selebar sekitar 24 km saja. yang dikenal sebagai Leher Ayam. Secara fisiografik, Nepal intinya terbagi atas 3 daerah, yaitu pegunungan, bukit, dan daerah terai.