Apa yang Dimaksud dengan Proses Respirasi?

ASTALOG.COM – Respirasi berasal dari kata latin yaitu respirare yang artinya bernafas. Respirasi adalah proses memecah oksigen dalam tingkat sel untuk menghasilkan energi. Ini adalah proses yang aktif, yang terjadi pada tingkat sel. Respirasi menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi dan menghasilkan karbon dioksida dan air sebagai produk limbah. Ini adalah proses metabolisme, yang berlangsung di dalam sel, di mana glukosa dari makanan bereaksi dengan oksigen dari pernapasan, untuk menghasilkan energi biokimia dalam bentuk Adenosin trifosfat (ATP).

Energi ini sangat berguna untuk melakukan semua proses biologis. Selain glukosa, asam amino dan asam lemak juga sering menggunakan nutrisi untuk respirasi seluler dengan oksigen. Air, amonia, dan karbon dioksida adalah produk limbah respirasi. Sebagian besar air dan karbon dioksida bergerak keluar dari tubuh melalui pernafasan, sedangkan amonia dikeluarkan besama urin. Respirasi merupakan proses tidak sadar, yang hewan tidak dapat mengendalikannya. Namun, respirasi dapat berupa aerobik atau anaerobik. Respirasi aerobik melibatkan oksigen dalam proses, sedangkan tidak ada oksigen yang terlibat dalam proses anaerobik.

Banyak orang yang salah mengira kalau respirasi dan pernapasan sama. Meskipun keduanya sama-sama membutuhkan energi, namun kedua proses tersebut terjadi dengan cara yang berbeda. Pernapasan terjadi lebih dulu, kemudian dilanjutkan dengan proses respirasi.

Pengertian Proses Respirasi
Proses respirasi memiliki beberapa pengertian antara lain:
1. Proses pengambilan O2 dan pengeluaran CO2 oleh makhluk hidup.
2. Proses pembongkaran senyawa complex menjadi senyawa sederhana.
3. Proses pembongkaran senyawa organik menjadi senyawa anorganik yang terjadi di dalam sel dalam rangka mendapatkan energy atau tenaga

Rumus Respirasi : C6H12O6 + H2O —> 6CO2 + 6H2O + Energi

Tahap Proses Respirasi
Proses respirasi melewati dua tahap yaitu respirasi eksternal dan respirasi internal.
1. Respirasi eksternal merupakan proses respirasi yang berlangsung melalui alat-alat pernapasan.
2. Respirasi internal merupakan proses respirasi yang berlangsung di dalam sel ( di dalam sitoplasma dan mitokondria).

Respirasi Pada Tumbuhan
Selain pada manusia, respirasi juga terjadi pada tumbuhan. Respirasi terjadi pada seluruh bagian tubuh tumbuhan, pada tumbuhan tingkat tinggi respirasi terjadi baik pada akar, batang maupun daun dan secara kimia pada respirasi aerobik pada karbohidrat (glukosa) adalah kebalikan fotosintesis. Pada respirasi pembakaran glukosa oleh oksigen kan menghasilkan energi karena semua bagian tumbuhan tersusun atas jaringan dan jaringan tersusun atas sel, maka respirasi terjadi pada sel (Campbell, 2002).

Tumbuhan hijau bernapas dengan mengambil oksigen dari lingkungan, tidak semua tumbuhan bernapas dengan menggunakan oksigen. Tumbuhan tak berklorofil benapas tanpa memerlukan oksigen. Tujuan proses pernapasan, yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi. Tumbuhan yang bernapas secara anaeraob mendapatkan energi dengan car menguraikan bahan – bahan tertentu dimana mereka hidup. Dalam proses pernapasan aerob / anaerab. akan dihasilkan gas karbon dioksida dan uap air. Gas dan uap air tersebut dikeluarkan dari tubuh. Oksigen diperlukan dan karbon dioksida yang dihasilkan masuk dan keluar dari tubuh secara difusi. Gas – gas tersebut masuk dan keluar melalui stomata yang ada pada permukaan daun dan inti sel yang ditemukan pada kulit batang pegangan. Akar yang berada dalam tanah juga dapat melakukan proses keluar msuknya gas.