Apa yang Dimaksud dengan Reaksi Netralisasi?

Loading...

ASTALOG.COM – Konsep paling mendasar dan praktis dalam kimia asam basa tidak diragukan lagi adalah netralisasi. Fakta bahwa asam dan basa dapat saling meniadakan satu sama lain telah dikenal baik sebagai sifat dasar asam basa sebelum perkembangan kimia modern.

Reaksi netralisasi berawal dari teori tentang teori asam basa yang di kemukakan oleh Arhennius, bronted lowry dan Lewis.menurut arhenius asam adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion H+ dan basa adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion OH-. Menurut bronsted lowry asam adalah suatu zat yang memberikan proton sedangkan basa adalah akseptor proton. Dalam praktikum netralisasi kita akan menggunakan teori bronsted lowry karena teorinya lebih mendasar.

Titrasi asam basa adalah penetapan kadar suatu zat (asam atau basa) berdasarkan atas reaksi asam basa.bila titran digunakan lrutan asam baku maka penetapan tersebut dinamakan ASIDIMETRI, sedangkan apabila larutan bakunya basa sebagai titran maka penetapan itu disebut ALKALIMETRI. Reaksi netralisasi adalah suatun reaksi antara senyawa asam dan senyawa basa dengan menggunakan indikator tertentu untuk menjadikannya suatu senyawa netral. Pada percobaan netralisasi ini lakukan percobaan asidimetri,alkalimetri dan titrasi bebas air.

BACA JUGA:  Penggagas Munculnya Negara-negara Boneka di Indonesia

Pengertian Reaksi Netralisasi
Reaksi netralisasi merupakan reaksi dimana asam dan basa bereaksi dalam larutan berair untuk menghasilkan garam dan air. Natrium klorida cair yang dihasilkan dalam reaksi disebut garam. Sebuah garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari kation dari basa dan anion dari asam. Sebuah garam pada dasarnya adalah setiap senyawa ionik yang bukan merupakan asam atau basa.

Ketika jumlah yang sama dari asam kuat seperti asam klorida dicampur dengan basa kuat seperti natrium hidroksida, hasilnya adalah larutan netral. Produk reaksi tidak memiliki karakteristik baik asam atau basa. Berikut adalah persamaan reaksi keseimbangan molekul.

HCl(aq) + NaOH(aq) → NaCl(aq) + H2O(l)

Reaksi kimia yang terjadi dalam larutan air yang lebih akurat diwakili dengan persamaan reaksi ion bersih. Persamaan ionik lengkap untuk netralisasi asam klorida dengan natrium hidroksida ditulis sebagai berikut:

BACA JUGA:  4 Kota Kembar Jakarta di Amerika Serikat

H+ + Cl– + Na+ + OH– → Na+ + Cl– + H2O

Karena asam dan basa keduanya kuat, mereka sepenuhnya terionisasi dan seterusnya ditulis sebagai ion, seperti NaCl terbentuk sebagai produk. Ion-ion natrium dan ion klorida adalah ion spektator dalam reaksi, sehingga menghasilkan reskai berikut sebagai reaksi ionik bersih.

H+ + OH– → H2O

Semua reaksi netralisasi asam kuat dengan basa kuat adalah reaksi ionik bersih ion hidrogen digabung dengan ion hidroksida untuk menghasilkan air.

Bagaimana jika asam adalah asam diprotik seperti asam sulfat? Persamaan molekul yang setimbang sekarang melibatkan rasio 01:02 antara asam dan basa.

H2SO4(aq) + 2NaOH(aq) → Na2SO4 + 2H2O(l)

Agar reaksi menjadi netralisasi penuh, mol NaOH dua kali lebih banyak harus bereaksi dengan H2SO4. Garam natrium sulfat larut, dan seterusnya reaksi ionik bersih sama lagi. Rasio mol yang berbeda terjadi karena asam poliprotik lainnya atau basa dengan beberapa hidroksida seperti Ca(OH)2.

Loading...