Negara Asal Telepon Genggam yang Beredar di Indonesia

Loading...

ASTALOG.COM  – Berbicara tentang telepon genggam atau telepon seluler atau handphone, saat ini adalah termasuk salah satu kebutuhan yang vital mengingat perkembangan teknologi dunia komunikasi yang tanpa batas. Telepon genggam merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portable/mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon yang harus menggunakan kabel.

Saat ini, istilah “dunia dalam genggaman” yang menjadi sebuah istilah yang didengungkan beberapa tahun lalu kini semakin nyata. Tidak dapat dipungkiri bahwa melalui telepon genggam, kita dapat menggenggam dunia hanya melalui perangkat tersebut, dalam artian kita bisa mengetahui hal-hal terbaru yang terjadi di dunia ini hanya dengan melalui telepon genggam yang saat ini telah menunjukkan kemampuan dalam menjelajah data dengan baik.

Jadi fungsi telepon genggam dalam 5 tahun terakhir ini telah berubah, dari yang hanya sekedar untuk bisa menelepon dan mengirim pesan singkat (sms), kini fungsinya telah bertambah dengan kemampuannya dalam menjelajah data atau berselancar di dunia maya atau berinternet hanya dalam genggaman tangan.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Kata Baku?

Telepon Genggam Berbasis Android

Meskipun sebelum 5 tahun terakhir telepon genggam sudah bisa digunakan untuk mengakses internet, namun kemampuannya sangat jauh berbeda dengan 5 tahun terakhir ini. Hal ini berkat diciptakannya perangkat telepon genggam yang berbasis android sebagai sistem operasinya. Hingga saat ini, telepon genggam android semakin mudah ditemukan di pasaran dan harganya pun semakin terjangkau tanpa melupakan teknologi terbaru yang ditancapkan di dalamnya.

Lalu apakah android itu? Android adalah sistem operasi mobile berbasis linux sebagai salah satu sistem operasi open source yang dikembangkan untuk smartphone dan Tablet. Dari Tahun 2005 sistem operasi Android sudah mulai dikembangkan untuk OS di perangkat. Dan pada saat itu Google adalah yang berjasa dalam mengembangkan OS Android dan sekaligus mengambil alih proyek OS Android yang sebelumnya dikembangkan oleh Android Inc. Kesuksesan OS android juga didukung oleh perusahaan telepon genggam ternama di dunia, seperti Samsung, LG, dan perusahaan lainnya yang telah memproduksi telepon genggam berbasis Android.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan pengguna telepon genggam android yang banyak. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang disukai oleh produsen telepon genggam berbasis android untuk melemparkan sejumlah produknya di Indonesia. Dan tentu saja merek telepon genggam android atau smartphone yang paling laris di Indonesia adalah SAMSUNG dengan sejumlah tipe-tipe smartphone androidnya.

BACA JUGA:  Gaya Gravitasi Bumi Adalah

Negara Asal Telepon Genggam yang Beredar di Indonesia

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Samsung telah menjadi merek telepon genggam berbasis android yang paling laris di Indonesia. Para pengguna smartphone sendiri akan lebih memilih Samsung sebagai smartphone-nya ketika memutuskan untuk membeli sebuah telepon genggam.

Samsung sendiri adalah sebuah perusahaan elektronik terbesar dunia yang berasal dari negara Korea Selatan tepatnya di kota Seoul yang menjadi ibukota negara ini. Sampai saat ini, Samsung telah menjadi salah satu brand terbesar di dunia dengan mengeluarkan smartphone yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar smartphone, salah satunya adalah produknya yang bertajuk ‘SAMSUNG GALAXY’.

Menurut pendiri Samsung Group, yaitu Mr. Lee Byung Chull, arti kata “Samsung” jika ditulis dalam huruf Hanja adalah “Tiga Bintang“. “Tiga” menggambarkan hal yang “besar, banyak, dan berkuasa“, dan “bintang” menggambarkan “keabadian“. Untuk produk smartphone-nya sendiri, yaitu Samsung Mobile, anak perusahaan dari Samsung ini berada di kota Suwon, Korea Selatan.

Keberhasilan Samsung sebagai produsen smartphone di dunia tidak lepas dari dukungan operator telekomunikasi yang ada di negaranya, dimana hingga saat ini Korea Selatan masih memimpin dalam akses internet berkecepatan tertinggi di dunia  dengan akses download di atas 25 Mbps.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Rukun Tetangga?

Selain Samsung, produsen smartphone asal Korea Selatan yang juga laris di Indonesia adalah LG. Meski di Indonesia pamor LG masih di bawah Samsung, namun di negaranya sendiri, LG juga memiliki anak perusahaan operator telekomunikasi sendiri, yaitu LG Telecom yang merupakan 1 dari 3 perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Korea Selatan selain SK Telecom dan Olleh.