Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

Loading...

Untuk mengetahui dan mempelajari teks diskusi tentu tidak terlepas dari pembahasan mengenai diskusi itu sendiri. Pengertian diskusi adalah sebuah proses mencari titik temu antara dua pemikiran, pandangan atau pendapat yang berbeda.

Teks diskusi dapat didefinisikan sebagai sebuah teks yang berisi tentang sebuah wacana yang dipermasalahkan. Wacana yang bermasalah ini adalah wacana yang memiliki dua kubu antara yang pro (mendukung) dan contra (penentang), antara pendukung isu dan penentang isu.

Masalah yang dihadirkan dalam teks diskusi nantinya akan didiskusikan berdasarkan dua sudut pandang (point of view), yakni dari alasan-alasan yang mendukung maupun yang menolak wacana tersebut.

Struktur Teks Diskusi

Sebuah teks diskusi setidaknya mengandung struktur sebagai berikut:

  1. Isu (masalah)
  2. Argumen (pendapat), terdiri atas (a) Pendapat yang mendukung (supporting points) dan (b) Pendapat yang bertentangan (contrasting points)
  3. Kesimpulan/saran (conclusion/recommendation)
BACA JUGA:  Konjungsi Kausal dan Temporal Pada Teks Eksplanasi

Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita.

Eksploitasi seksual dalam video klip, majalah, televisi, dan film-film ternyata mendorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda.

Dengan memilih tampilan atau tayangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa, dan dimana saja.

Bahkan tidak sedikit para remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain misalnya narkoba, rokok, dan minum minuman keras. Dapat diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara kita telah mempergunakan rokok maupun narkoba.

Oleh karena itu, kami, memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja.

Masalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan harapan supaya remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat-akibat negatif dari pergaulan seperti pergaulan bebas. Dan menghimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya.

Mau membaca teks diskusi selengkapnya? Silahkan download contoh teks diskusi tentang kenakalan remaja selengkapnya di sini.