Singkatan dari HTTP?

Loading...

ASTALOG.COM – Anda akan selalu menemukan istilah ini di setiap aktifitas saat melakukan browsing yang tepatnya HTTP terletak di awal penulisan alamat website (site URL) pada kolom alamat situs di browser kita.

Sejarah HTTP
Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Pada saat tersebut yang dipakai adalah protokol HTTP versi 0.9. Versi 0.9, pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen.

Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.HTTP sendiri juga digunakan sebagai protokol umum untuk komunikasi diantara berbagai user agent ( user agent adalah istilah yang digunakan untuk program yang dijalankan di sisi client, seperti web browser misalnya dalam konteks HTTP ) dan proxy/gateway dengan sistem internet lain seperti SMTP (Simple Mail Transfer Protocol – RFC 821 ), NNTP ( Network News Transfer Protocol – RFC 977 ), FTP ( File Transfer Protocol – RFC 959 ), Gopher ( RFC 1436 ) dan WAIS ( Wide Area Information Servers ). Dengan demikian, HTTP mengijinkan akses pada sumber daya yang tersedia pada aplikasi yang berbeda.

BACA JUGA:  Kepanjangan dari DNS adalah?

Pengertian HTTP
HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah sebuah protokol untuk melakukan akses antara client dan server. Client dan server masing-masing salaing menerima dan menjawab request keduanya. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80 atau 8080). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.

HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server. HTTP digunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembali kan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.

BACA JUGA:  Sebutkan 3 Jenis Alat Penyimpanan Portable Yang Populer Saat Ini

Cara Kerja dan Fungsi dari HTTP
HTTP muncul diawal setiap halaman web. HTTP menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat aplikasi pesan antara perangkat web. Semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. HTTPS adalah variasi bagian dari HTTP, dimana browser menambah lapisan enkripsi.

Fungsi HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah. Ketika kita menggunakan protokol http dalam mencari data, maka kita akan melakukan koneksifitas melalui TCP/IP yang pada umumnya menggunakan port 80. Permintaan yang kita tuliskan pada browser terdiri dari berbagai informasi data, yaitu kode http, world wide web (www), dan alamat situs atau url yang diminta ke komputer server. Kemudian komputer server akan memberikan respon dengan mengirimkan kembali kepada browser computer yang merupakan tanggapan atau jawaban dari permintaan yang browser minta. Data – data yang dikirimkan meliputi waktu saat komunikasi (tanggal dan jam), versi http yang digunakan, nama server, jenis file yang diminta, dan kapasitas file dalam ukuran byte.