Nama Latin Minyak Zaitun Adalah?

Loading...

ASTALOG.COM –  Zaitun yang memiliki nama latin Olea europaea adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Manfaat Minyak Zaitun.
Minyak zaitun yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan banyak dianjuran oleh para ahli untuk lebih sering dikonsumsi. Tak hanya itu saja, berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minyak zaitun sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Antara lain:

1. Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung.
Minyak zaitun yang dihasilkan dari buah zaitun sangat baik bagi kesehatan jantung serta mencegah seseorang terkena serangan penyakit stroke. Minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan DHPEA-EDA yang mampu merawat serta menjaga sel darah merah dari kerusakan.

2. Mencegah Alzheimer.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Northwestern University dan Monell Chemical Senses Center mengenai manfaat minyak zaitun, ditemukan fakta bahwa minyak zaitun mengandung senyawa oleocanthal yang bermanfaat mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer.

BACA JUGA:  Sebutkan Fungsi Dari Teknik Arsir Dalam Menggambar

3. Melawan Kolesterol.
Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun yang mencapai 80% sangat baik untuk melawan oksidasi dan tentu saja melawan kolesterol jahat. Kandungan fenol da antioksidan pada zaitun juga sangat baik untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

4. Kanker Usus.
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol mengenai kandungan serta manfaat minyak zaitun, ditemukan fakta bahwa makanan yang dilah maupun dicampur dengan minyak zaitun dapat memberikan manfaat mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

5. Anti Inflamasi.
Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

Jenis-jenis Minyak Zaitun.
Minyak zaitun dikelompokkan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Berikut adalah ulasan mengenai 5 jenis minyak zaitun:

BACA JUGA:  Mikroskop Dengan 2 Lensa Okuler Disebut?

1. Extra Virgin Olive Oil.
Minyak ekstra virgin oil berasal dari hasil perasan pertama buah zaitun. Minyak zaitun ekstra virgin mengandung jumlah nutrisi dan vitamin yang tinggi, tidak ada bahan kimia tambahan, bening, lembut, bertekstur, rasanya unggul, dan tingkat asam oleat-nya kurang dari 1%.

Minyak ini sangat berharga karena kesempurnaan dan keseimbangan antara rasa, aroma, warna, dan tingkat keasamannya. Minyak ini bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, atau dicelupkan pada roti secara langsung.

2. Virgin Olive Oil.
Minyak ini diperoleh dari hasil produksi dan pengolahan tahap kedua buah zaitun, memiliki tingkat keasaman yang kurang dari 2%, rasanya bagus dan lebih intens. Minyak ini juga bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, dan lainnya.

3. Pure Olive Oil.
Minyak ini merupakan campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil, mengandung sedikit vitamin E, tingkat keasamannya kurang dari 2%, kandungan nutrisinya lebih rendah, harganya pun lebih murah.

Tidak cocok bila digunakan untuk salad dressing, tapi lebih cocok jika digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Nilai Sosial?

4. Pomace Olive Oil.
Minyak jenis ini merupakan grade paling rendah dari minyak zaitun. Dihasilkan dari residu minyak yang tersisa di pomace zaitun.

Dicampur dengan berbagai variasi jumlah virgin oil agar bisa diterima oleh konsumen. Biasanya digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

5. Lite Olive Oil.
Lite olive oil hanya mengandung sejumlah kecil virgin oil. Rasa dari minyak ini ringan dan warnanya pun cerah.

Jumlah kalori dan lemak yang terkandung sama dengan semua minyak zaitun. Kualitas dari minyak zaitun jenis lite olive oil ini rendah.

Kandungan Minyak Zaitun.
Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

  • Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat – 0 g
  • Lemak – 100 g.
    – Jenuh (14 g)
    – Tak jenuh tunggal (73 g)
    – Tak jenuh ganda (11 g)
    – Omega-3 lemak (<1,5 g)
    – Omega-6 leak (3,5-21 g)
  • Protein – 0 g
  • Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
  • Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)