Apa yang Dimaksud Dengan Patah Tulang?

ASTALOG.COM – Kerangka kita terdiri dari tulang. Tulang adalah jenis jaringan ikat, diperkuat dengan kalsium dan tulang sel. Tulang memiliki pusat yang lebih lembut, yang disebut sumsum, di mana sel-sel darah dibuat.

Fungsi utama dari kerangka kita untuk mendukung tubuh kita, memungkinkan gerakan dan melindungi organ-organ internal kita. Patah tulang memakan waktu sekitar empat sampai delapan minggu untuk menyembuhkan, tergantung pada usia dan kesehatan orang dan jenis istirahat.

Jenis-Jenis Patah Tulang

Berbagai jenis patah tulang meliputi:

1. patah Tertutup (sederhana) – patah tulang tidak menembus kulit.

2. patah Terbuka (gabungan) – patah tulang menonjol keluar melalui kulit, atau luka mengarah ke situs fraktur. Infeksi dan perdarahan eksternal lebih mungkin.

3. Fraktur greenstick – sesuatu yang kecil, retak ramping dalam tulang. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak, karena tulang mereka lebih fleksibel dibanding tulang orang dewasa.

4. Fraktur lembut – bentuk paling umum adalah mengalami cedera tulang kaki, sering terjadi di kaki atau kaki bagian bawah sebagai akibat dari tekanan berulang dari aktivitas seperti jogging atau berjalan.

5. Fraktur kompleks – struktur sekitarnya patah tulang yang terluka. Mungkin ada kerusakan pada vena, arteri atau saraf, dan ada juga mungkin cedera pada lapisan tulang (periosteum).

6. Fraktur kominuta – tulang hancur menjadi potongan-potongan kecil. Jenis fraktur rumit cenderung untuk menyembuhkan lebih lambat.

7. Fraktur avulsi – otot bertumpu pada tulang dengan tendon, jenis jaringan ikat. Kontraksi otot yang kuat dapat merenggut tendon yang bebas dan menarik keluar potongan-potongan tulang. Jenis fraktur lebih sering terjadi pada sendi lutut dan bahu.

8. Fraktur kompresi – terjadi ketika dua tulang dipaksa terhadap satu sama lain. Tulang-tulang tulang belakang, yang disebut vertebra, dapat memiliki jenis fraktur ini. Orang tua, terutama mereka dengan osteoporosis, berada pada risiko yang lebih tinggi.

Tidak semua fraktur merupakan pada lengan atau kaki seseorang. Trauma pada kepala, dada, tulang belakang atau panggul bisa patah tulang seperti tengkorak dan tulang rusuk. Patah tulang ini semakin dipersulit dengan struktur tubuh yang mendasari yang tulang biasanya melindungi. Beberapa patah tulang ini bisa sangat sulit untuk mengelola menggunakan prinsip pertolongan pertama hanya karena dapat mewakili cedera yang mengancam jiwa.

Penyebab Patah Tulang

Penyebab patah tulang dapat meliputi:

1. Insiden traumatis seperti cedera olahraga, kecelakaan kendaraan dan jatuh.

2. Kondisi seperti osteoporosis dan beberapa jenis kanker yang menyebabkan tulang patah lebih mudah, yang berarti bahkan trauma ringan dan jatuh dapat menjadi serius.

Gejala-Gejala Patah Tulang

Berikut ini gejala-gejala patah tulang, yaitu:

1. sakit
2. pembengkakan
3. memar
4. kelainan bentuk
5. Ketidakmampuan untuk menggunakan anggota badan.

Diagnosis Pengobatan Patah Tulang

Dokter dapat mendiagnosis patah tulang dengan sinar-x. Mereka juga dapat menggunakan CT scan (tomografi komputer) scan dan MRI (resonansi magnetik imaging).

Patah tulang sembuh sendiri – tujuan pengobatan adalah untuk memastikan potongan-potongan tulang merupakan berbaris dengan benar. Tulang perlu pulih sepenuhnya dalam kekuatan, gerakan dan sensitivitas. Beberapa fraktur rumit mungkin memerlukan pembedahan atau traksi bedah (atau keduanya).

Tergantung di mana fraktur dan seberapa parah, pengobatan dapat mencakup:

1. Penyangga – untuk menghentikan gerakan ekstremitas yang rusak.

2. Kawat gigi – untuk mendukung tulang.

3. Gips – untuk memberikan dukungan dan mengimobilisasi tulang.

4. Traksi – pilihan yang kurang umum.

5. Batang logam dimasukkan secara operasi atau pelat – untuk memegang potongan tulang bersama-sama.

6. Menghilangkan rasa sakit.

Penyembuhan Untuk Patah Tulang

Bekuan darah yang terbentuk pada ujung patah tulang adalah awal dari proses penyembuhan. Selama sekitar lima minggu, tubuh bergabung dengan dua bagian tulang bersama-sama dengan kombinasi sel berserat dan tulang rawan.

Tulang sementara ini (kalus) tidak sekuat tulang sebenarnya. Hal ini dapat mudah pecah sampai perlahan-lahan diganti dengan tulang nyata. Untuk alasan ini, dokter dapat menghapus Gips atau belat setelah beberapa minggu, tetapi Anda masih perlu untuk mengobati tulang dengan hati-hati untuk setidaknya satu bulan lebih.

SISWA LAIN JUGA MEMBACA INI: