Sebutkan Alat Ukur Waktu

Loading...

ASTALOG.COM –  Waktu adalah bagian dari struktur dasar dari alam semesta, sebuah dimensi di mana peristiwa terjadi secara berurutan. Waktu merupakan suatu dimensi di mana terjadi peristiwa yang dapat dialami dari masa lalu melalui masa kini ke masa depan, dan juga ukuran durasi kejadian dan interval.

Waktu telah lama menjadi subjek utama penelitian dalam agama, filsafat, dan ilmu pengetahuan. Namun demikian, berbagai bidang seperti bisnis, industri, olahraga, ilmu pengetahuan, musik, tari, dan teater hidup semua menggabungkan beberapa gagasan waktu ke dalam sistem masing-masing pengukuran.

Waktu dapat diukur berdasarkan gerakan yang berulang-ulang, misalnya tetesan air atau ayunan bandul. Alat ukur waktu yang biasa digunakan adalah jam. Seorang ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei (1564 – 1642) adalah orang yang pertama kali menciptakan jam berdasarkan ayunan bandul.

Sangatlah penting bagi kita untuk menetapkan waktu standar yang sama dan mengukurnya dengan cara yang sama pula. Satuan waktu yang digunakan dengan cara yang sama pula. Satuan waktu yang digunakan hingga saat ini adalah sekon (detik), menit, dan jam.

BACA JUGA:  Apa Perbedaan Zaman Arkeozoikum, Paleolitikum, Mesolitikum dan Neolitikum?

Pada awalnya, para ilmuwan berpendapat bahwa satu sekon sama dengan 1 / 86.400 kali dari rata-rata hari matahari. Akan tetapi, kemudian para ilmuwan menyadari bahwa hari rata-rata matahari berubah dari tahun ke tahun, sehingga tidak cocok dijadikan waktu standar atau tidak memenuhi syarat.

Pada tahun 1967, para ilmuwan menggunakan standar waktu yang tidak dipengaruhi oleh perputaran bumi, yaitu “jam atom”. Alat ini mengukur seberapa cepat atom cesium-133 bergetar sehingga ditetapkanlah satu sekon sama dengan selang waktu yang dibutuhkan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali.

Contoh alat pengukur waktu adalah jam. Berikut 4 jenis jam yang digunakan sebagai alat pengukur waktu.

1. Jam alam atau Jam matahari.
Diciptakan oleh orang mesir sekitar 3000 tahun yang lalu. Nama jam ini ternyata disesuaikan dengan cara kerjanya dimana Jam matahari ini hanya akan bekerja dengan baik saat matahari bersinar.

2. Jam Pasir.
Jam pasir merupakan alat yang digunakan untuk mengukur waktu yang digunakan oleh masyarakat abad pertengahan. Jam ini digunakan hanya untuk mengukur waktu yang pendek. Setelah jam mekanik mulai dikembangkan, maka jenis jam pasir sudah tidak lagi digunakan.

BACA JUGA:  Mengapa Peran Manusia Sangat Penting dalam SIG?

3. Jam Atom.
Jam atom diukur oleh banyaknya gelombang elektromagnetik yang diserap oleh atom. Jam ini menggunakan gerakan atom dari zat-zat seperti sesium yang bergetar lebih dari sembilan miliar kali setiap detiknya. Jam atom merupakan jam paling akurat di dunia karena dibuat di laboratorium khusus.

4. Jam Mekanik.
Jam mekanik pertama dibuat pada abad ke 13. Dibuat untuk keperluan umum sehingga biasanya diletakkan di menara atau di tempat dimana orang dapat dengan mudahnya melihat.

Jam tangan elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster, pennylvania, Amerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital) tersebut telah di mulai sejak tahun 1946.

Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini.

Contoh lain alat ukur waktu adalah stopwatch.

Stopwatch memiliki ketelitian 0,1 detik, karena setiap 1 skala pada stopwatch di bagi menjadi 10 bagian. Alat ini biasanya di gunakan untuk mengukur waktu dalam olahraga atau dalam penelitian-penelitian.

BACA JUGA:  3 Benda Penghantar Listrik Terbaik

Jam sukat atau jam randek (stopwatch) adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan, misalnya: berapa lama sebuah mobil dapat mencapai jarak 60 km, atau berapa waktu yang dibutuhkan seorang pelari yang dapat mencapai jarak 100 meter.

Jam sukat (stopwatch) ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital/bergana.jam sukat analog memiliki batas ketelitian 0,1sekonsedangkan jam sukat digital memiliki batas ketelitian hingga 0,01.

Cara menggunakan jam sukat dengan memulai menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.