Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Loading...

ASTALOG.COM – Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 100m sampai dengan jarak 400m. Oleh karena itu faktor utama yang menentukan lari jarak pendek adalah kecepatan. Kcepatan seorang atlit lari harus selalu diasah agar dalam berlari akan semakin kencang, karena dalam perlombaan lari yang dicari pemenangnya adalah orang yang pertama masuk finish. Nomor-nomor jarak pendek yang sering dilombakan adalah 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Lari jarak pendek ini sering disebut sprint sedangkan bagi orangnya adalah sprinter.

Gerakan start

Dalam melakukan start ternya memiliki beberapa cara yaitu;

1. Start pendek (Bunch Start) langkahnya adalah kaki kiri berada di depan dan lutut kaki kanan diletakkan disebelah kaki kiri sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah.

2. start menengah ( medium start) langkahnya adalah kaki kiri di depan, lutut kaki kanan diletakkan sebelah kanan tumit kaki kiri jaraknya satu kepal. kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan 4 jari rapat dan ibu jari terpisah.

BACA JUGA:  Gerakan Dasar dalam Permainan Bola Voli

3. Start panjang (long start ) langkahnya adalah kaki kiri diletakkan di depan lutut kaki kanan di belakang kaki kiri, jaraknya sekitar satu kepal. kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibunjari terpisah.

Sikap Tubuh Saat Berlari

1. condong ke depan dengan tolakkan kaki yang sekuat tenaga.
2. Langkah kaki yang lebar dengan lengan tangan ke arah dagu.
3. Tubuh dalam keadaan rileks, pandangan mata ke depan.
4. Gerakkan kaki dengan cepat.

Teknik Melakukan Lari Jarak Pendek

1. Gerakkan awal, posisi tubuh berdiri di belakang garis start, lakukan sikap start jongkok.
2. setelah melakukan start jongkok, lari dengan langkah lebar dan cepat. Pendaratan pada ujung telapak kaki dengan lutut dibengkokkan, tangan diayun ke depan terarah dagu dan badan condong ke depan.
3. setelah lari kurang lebih berjarak 20 meter, langkah kaki diperlebar dan dipercepat sehingga masuk ke garis finish.

BACA JUGA:  Ukuran Lapangan Bola Voli Adalah?

Macam-Macam Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek

Berikut ini beberapa start jongkok pada lari jarak pendek yaitu;

Bunch start/start jongkok jarak pendek

Letak kaki belakang terpisah kira-kira 25 – 30 cm. ujung kaki belakang ditempatkan segaris dengan tumit kaki muka bila dalam sikap berdiri. Jarak kaki dari garis star kira-kira: kaki depan 45 cm, kaki belakang 70 cm, tergantung dari panjang tungkai.

Medium start/start jongkok jarak menengah

Pada waktu sikap berlutut, letak lutut kaki belakang di samping ujung kaki depan, jarak kaki dari garis star kira-kira kaki depan 37 cm, kaki belakng 85 cm, tergantung dari panjang tungkai.

longated start/start jongkok jarak jauh

BACA JUGA:  Tuliskan Program Pelatihan Basket

Pada waktu sikap lutut, letak lutut kaki belakang di samping bagian belakang dari tumit kaki depan, jarak kaki dai agis star kira-kira: kaki depan 32 cm, kaki belakang 100 cm, tergantung dari panjang tungkai masing-masing pelari.

Gerakan Finis

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pada waktu pelari mencapai finis.
Lari terus tanpa perubahan apapun. Dada dicondongkan ke depan, tangan kedua-duanya diayunkan ke bawah belakang, atau dalam bahasa jawa disebut ambyuk. Dada diputar dengan ayunan tangan ke depan atas sehingga bahu sebelah maju ke depan, yang lazim disebut The String.

Jarak 20 meter terakhir sebelum garis finis meupakan perjungan untuk mencapai kemenangan dalam perlombaan lari, maka yang perlu diperhatikan adalah kecepatan langkah, jangan menengok lawan, jangan melompat, dan jangan perlambat langkah sebelum melewati garis finis.