Cara Sehat Menggemukkan Badan

ASTALOG.COM – Sebagian besar orang ingin menurunkan berat badan, tetapi beberapa orang malah ingin menaikkan berat badan, dan itu tidak sesederhana kelihatannya. Banyak mengkonsumsi es krim, pasta, roti, keju dan donat merupakan salah satu cara untuk mendapatkan berat badan, tapi itu bukan cara terbaik.

Tidak sedikit orang yang kehilangan berat badan karena operasi gigi, masalah pencernaan, stres, atau penyakit, dan mencoba untuk mendapatkan kembali berat badan yang sehat. Dalam semua kasus ini, tujuannya adalah untuk mendapatkan berat badan sekaligus mengoptimalkan kesehatan, dan ada ilmu untuk itu.

Perkataan “Anda adalah apa yang Anda makan” memang benar – nutrisi dari makanan secara harfiah merupakan bahan baku yang digunakan tubuh untuk membangun sel-sel baru. Makanan cepat saji, junk food, tidak memberikan banyak bagi tubuh, seperti membangun rumah dengan karton, bukan batu bata dan mortir. Dengan kata lain, itu bukan hanya tentang kalori.

Berikut ini adalah ‘aturan’ sehat untuk menambah berat badan:

1. Jangan biarkan lebih dari empat jam berlalu tanpa makan

Tubuh Anda membutuhkan kelangsungan penyediaan energi, karena tubuh seperti mesin yang selalu dihidupkan (jantung selalu berdetak, darah beredar, otak dan otot bekerja). Bila Anda melewatkan makan, Anda menghentikan asupan bahan bakar yang dibutuhkan untuk terus berjalan. Hasilnya adalah tingkat energi Anda jatuh, yang sayangnya meliputi massa otot.

Cara terbaik untuk mencegah tubuh Anda kehilangan jaringan penting adalah makan secara teratur, setiap sekitar 3-5 jam. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan jaringan otot baru, waktu makan ini sangat penting. Konsistensi adalah kuncinya.

2. Konsumsi beberapa makanan sekaligus

Selalu konsumsi setidaknya tiga kelompok makanan. Alih-alih hanya pisang atau segenggam kacang, konsumsi beberapa iris roti gandum dengan mentega almond dan irisan pisang, bersama dengan segelas susu organik skim atau pengganti susu (kedelai, rami, dll).

Makanan yang beragam menyediakan spektrum nutrisi yang lebih luas bagi tubuh Anda untuk bekerja sepanjang hari.

3. Konsumsi makanan padat sehat

Cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi tambahan tanpa harus makan makanan dalam jumlah besar atau beralih ke makanan sampah adalah memilih makanan yang kaya nutrisi dengan banyak karbohidrat, protein atau lemak dalam porsi kecil. Buah kering adalah contoh yang bagus. Dengan menghilangkan air, porsi akan menyusut sekitar 75 persen, sehingga secangkir anggur berubah menjadi seperempat cangkir kismis.

Hanya pastikan untuk mencari buah-buahan kering tanpa tambahan gula atau bahan pengawet. Untuk camilan penuh gizi dan memberikan banyak energi, ambil oat, dark chocolate chips dan buah kering cincang ke dalam selai almond – campur dan gulingkan ke dalam bola kecil, bungkus dengan lilin dan kertas, dan ngemillah sepanjang hari.

4. Minum makanan Anda

Cairan tidak semengenyangkan makanan padat, sehingga ketika Anda mencoba untuk menambah berat badan, mereka dapat menambahkan nutrisi tanpa membuat Anda merasa kembung. Pilihan yang baik termasuk jus 100 persen buah, susu skim organik atau alternatif susu (seperti kedelai organik, atau rami), dan smoothies. Smoothies ideal karena dapat menunjang dengan segala macam hal yang baik, seperti gandum, selai kacang, jus wortel, dan bubuk protein.

5. Makan tepat sebelum tidur

Banyak dari penyembuhan, perbaikan dan regenerasi kita terjadi saat kita tidur. Ini seperti jam sibuk untuk membangun otot dan jaringan lemak, sehingga konsumsi cemilan sehat sebelum tidur menjamin pasokan segar nutrisi yang tersedia untuk “bekerja” di dalam tubuh.

Pilihan yang bagus yang tidak akan membuat Anda kembung mungkin semangkuk kecil slad pasta yang dibuat dengan 100 persen pasta gandum (gandum atau alternatif bebas gluten), saus yang dibuat dengan minyak zaitun extra-virgin, sayuran yang telah dicincang, dan protein seperti kacang, dada ayam cincang atau keju organik yang telah dihancurkan.

Setiap strategi di atas, ditambah dengan ‘apa, mengapa, berapa banyak, dan kapan’ yang tepat dapat membantu membangun tubuh yang lebih sehat.

Catatan: Anda memerlukan setidaknya berat badan lbs x 20 kcal setiap hari untuk menambah berat badan. Sebuah aturan praktis adalah setidaknya 1 kg untuk setiap cm di atas 1 m. Jangan lupa untuk melacak setiap kemajuan Anda, sheingga Anda bisa lebih termotivasi.