Apa yang Kamu Ketahui Tentang Faximile?

ASTALOG.COM – Faksimile atau biasa dikenal dengan faks adalah teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk menyalin dan mengirimkan dokumen yang serupa dengan aslinya, menggunakan jaringan telepon ke mesin fax penerima yang kemudian bisa dicetak dikertas. Kata faksimile berasal dari bahasa latin yaitu ‘fac simile’ (make similar), yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Di berbagai tempat, mesin faks juga dikenal sebagai telecopier.

Penemu Faximile
Mesin faks pertama kali dibuat dan dipatenkan pada tahun 1843 oleh Alexander Bain, seorang fisikawan Skotlandia. Awalnya Alexander Bain tengah mengembangkan alat komunikasi yang disebut telegraf. Penemuan inilah yang menjadi bentuk awal dari mesin faks. Mesin faks buatan Bain ini berdasarkan prinsip kerja jam elektrik yang sebelumnya ia temukan.

Pada tahun 1862, fisikawan Italia Giovanni Caselli membangun sebuah mesin yang dia disebut pantelegraph (perpaduan antara pantograph dan telegraf), yang didasarkan pada penemuan Bain. Ia kemudian membuka layanan komersial telefaks yang pertama antara Lyon dan Paris, pada tahun 1865.

Ide tentang mesin faks ini kemudian diperbaiki oleh Frederick Bakewell yang membuat beberapa perbaikan pada desain awal Bain.

Bagian Faximile
Bagian-bagian mesin faksimile :
1. Modem (Modulator Demodulator)
2. Fotocopy
3. Scanner
4. Printer

Fungsi Faximile
Faksmile berfungsi untuk pengiriman data-data yang kita butuhkan, juga digunakan sebagai alat untuk komunikasi dan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengcopy dukumen atau kertas yang kita inginkan.

Cara menggunakan:
1. Menghidupkan/turn on mesin fax
2. Masukan steker pada stop kontak listrik yang tersedia. Mesin fax akan hidup dan lihat pesan di layar display yang akan di front panel.
3. OPEN COVER/OUT OF PAPER buka cover dan masukan kertas sesuai dengan petunjuk yang ada di tempat meletakan kertas.
4. PRESS START tekan tombol START perhatikan mesin bekerja, untuk mesin fax yang menggunakan cutter mesin akan memotong kertas dan yang tidak ada pemotong hanya keluar kertas saja.
5. langkah berikutnya masukan jack telefon dimesin dibagian yang tertulis Line, lalu coba angkat gagang handset atau tekan tombol sp-phone/monitor dengarkan nada tone, apabila ada nada tone berarti mesin sudah siap untuk digunakan.

Keunggulan dan Kekurangan Mesin Faximile

Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat. Ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh, maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melalui pos. Namun kekurangan mesin faks dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang telah tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.

Manfaat Menggunakan Mesin Faximile
Manfaat-manfaat yang dapat kita rasakan saat menggunakan mesin fax adalah sebagai berikut :

1. Lebih Efisien
Menggunakan mesin fax untuk saling bertukar dokumen lebih mudah dilakukan dengan menggunakan mesin fax yang secara garis besar sama dengan salinan aslinya. Sebagian besar perkantoran menggunakan mesin fax untuk melakukan pengiriman dokumen-dokumen penting yang memang perlu dikirim saat itu jaga tanpa perlu menggunakan jasa pos atau pengiriman dokumen. Baik itu mengirim ataupun menerima dokumen.

2. Tidak Membutuhkan Biaya yang Besar
Dengan kemajuan teknologi yang ada pada mesin fax membuktikan bahwa selain mempersingkat waktu juga menghemat biaya. Tidak perlu membutuhkan biaya lebih guna mengirim dokumen melalui jasa pengiriman yang tentunya menggunakan biaya untuk pengirimannnya. Cukup dengan menggunakan jaringan telepon kita sudah bisa mengirim salinan dokumen tersebut tanpa perlu pusing hilang atau rusak. Selain perkantoran banyak juga yang sudah menggunakan mesin fax untuk keperluan bisnis mereka seperti tempat jasa fotocopy umum. Dengan biaya yang murah kalian sudah bisa mengirimkan salinan dokumen sesuai tujuan Anda.

3. Mudah Dalam Perawatannya
Memiliki mesin fax juga perlu diperhatikan dalam menjaga atau merawat mesin fax tersebut agar tetep berfungsi dan berjalan semestinya. Merawat mesin fax agar tetap awet bisa dikatakan mudah karena tidak serumit komputer ataupun laptop. Hal yang perlu diperhatikan adalah tempat dimana mesin fax tersebut diletakan harus pada bidang datar dan apabila kotor cukup dibersihkan dengan lap atau kain bersih. Ada juga beberapa cara yang lebih spesifik dalam merawat mesin fax, silahkan baca disini untuk lebih mengetahuinya.