Faktor Pendorong Terjadinya Penjelajahan Samudera

Loading...

ASTALOG.COM – Masa penjelajahan samudera berlangsung sejak awal abad ke-15 hingga akhir abad ke-17. Masa ini ditandai dengan berlayarnya para pioner penjelajah dari Eropa untuk menemukan sumber-sumber komoditi dagang yang konon berada di belahan timur Bumi. Jika dilihat dari kronlogi sejarah, masa ini menjadi titik balik penting dalam sejarah Eropa menuju masa Renaisance atau masa Pencerahan, sekaligus juga menjadi pemicu penjajahan di Amerika dan Asia.

Sejumlah peristiwa penting juga terjadi pada masa itu, antara lain:

  • Penemuan kembali benua Amerika oleh Christophorus Columbus yang didanai Raja Spanyol.
  • Ekspedisi Vasco da Gama ke “Asia” (India)
  • Penaklukan orang Indian di Meksiko dan Inca (Peru) oleh kaum penakluk Spanyol (conquistadores).
  • Penaklukan Malaka dan ditemukannya kepulauan rempah di Maluku oleh penjelajah Portugis.
  • Perjalanan Magelhaens mengitari bumi.
  • Penemuan benua Australia dan Selandia Baru oleh orang Belanda dan Inggris.
  • Penguasaan Siberia oleh Kekaisaran Rusia.

Latar Belakang Terjadinya Penjelajahan Samudera

Ramainya perdagangan di Laut Tengah, terganggu selama dan setelah berlangsungnya Perang Salib (1096 – 1291). Dengan jatuhnya kota Konstantinopel, Byzantium pada tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, aktivitas perdagangan antara orang Eropa dan Asia terputus.

BACA JUGA:  Struktur Teks Cerpen Kisah Seekor Keledai

Sultan Mahmud II, penguasa Turki pada saat itu menjalankan politik yang mempersulit pedagang Eropa beroperasi di daerah kekuasaannyayang pada akhirnya menyebabkan Bangsa Eropa menghadapi kendala krisis perdagangan rempah-rempah. Oleh karena itu, bangsa Eropa berusaha keras mencari sumbernya dengan melakukan penjelajahan samudra.

Faktor Pendorong Terjadinya Penjelajahan Samudera

  1. Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib.
  2. Semangat gospel, yaitu semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.
  3. Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.
  4. Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.
  5. Perkembangan teknologi kemaritiman yang memungkinkan pelayaran dan perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.
  6. Adanya sarana pendukung seperti kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.
  7. Adanya buku Imago Mundi yang menceritakan tentang kisah perjalanan Marco Polo.
  8. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa, bumi dan benda-benda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).
BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Dengan Adaptasi Morfologi?

Catatan Penjelajahan Samudera yang Dilakukan oleh Orang Eropa

Negara-negara di Eropa yang mempelopori penjelajahan samudera, antara lain:

1. Portugis

Orang-orang Portugis dianggap sebagai pelopor penjelajahan samudera untuk mencari tempat asal rempah-rempah. Hal ini tidak lepas dari kiat Pangeran Henry sang Navigator (Mualim) yang memberi hak-hak istimewa kepada keluarga-keluarga saudagar sukses dari Italia, Spanyol, dan Perancis. Tujuannya agar supaya mereka bersedia tinggal dan berdagang di ibukota Portugis. Adapun tokoh-tokoh penjelajah samudera asal Portugis, antara lain:

  • Bartholomeu Dias. Penjelajahannya dimulai pada Agustus 1487.  Ia adalah seorang penjelajah Portugis yang berlayar mengelilingi Tanjung Harapan (Cape of a Good Hope), ujung selatan dari benua Afrika, dan diketahui sebagai penjelajah Eropa pertama yang pernah melakukannya.
  • Vasco da Gama. Pada sekitar tahun  1469 – 24 Desember 1524 ia melakukan penjejahan atas perintah Raja Portugis Manuel I. Ia berhasil menemukan jalur jalan laut langsung dari Eropa ke Malabar, India dengan melakukan penjelajahan laut mengelilingi benua Afrika.
  • Alfonso d’ Albuquerque. Ia adalah orang yang pertama kali menaklukkan Malaka pada tahun 1511 karena orang Portugis akhirnya menyadari bahwa tempat penghasil rempah tidak hanya berada di India saja.
BACA JUGA:  Latar Belakang Terjadinya Perlawanan Pattimura

2. Spanyol

Berikut ini para penjelajah Spanyol yang berhasil melakukan penjelajahan samudera ke dunia Timur:

  1. Christopher Columbus. Ia berhasil menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492. Perjalanan tersebut didanai oleh Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol setelah ratu tersebut berhasil menaklukkan Andalusia. Ia percaya bahwa Bumi berbentuk bola kecil, dan menganggap bahwa sebuah kapal dapat sampai ke Timur Jauh melalui jalur barat.
  2. Ferdinand Magelhaens. Ia adalah orang pertama yang berlayar dari Eropa ke barat menuju Asia, orang Eropa pertama yang melayari Samudra Pasifik, dan orang pertama yang memimpin ekspedisi yang bertujuan mengelilingi bola dunia.

Selain Portugis dan Spanyol, Inggris dan Belanda juga memiliki penjelajah-penjelajah samudera. Namun Portugis dan Spanyol dianggap sebagai 2 negara di Eropa yang menjadi pelopor terjadinya penjelajahan samudera yang akhirnya dilakukan oleh orang-orang Eropa lainnya.