Organ Tubuh pada Manusia

ASTALOG.COM – Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki susunan organ tubuh yang masing-masing memiliki fungsi yang bermanfaat untuk tubuhnya. Berikut ini akan dibahas mengenai organ tubuh pada manusia yang meliputi: organ pernapasan, organ pencernaan, dan organ peredaran darah.

Organ Tubuh pada Manusia 

1. Organ Pernapasan

Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen (O2) dari udara bebas dan pengeluaran karbondioksida (CO2) serta uap air (H2O). Oksigen merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Alat-alat pernapasan pada manusia terdiri dari:

  1. Hidung adalah bagian paling atas dan paling luar dari alat pernapasan pada manusia dan merupakan alat pernapasan paling awal yang dilalui udara. Di hidung terdapat saraf-saraf penciuman.
  2. Tenggorokan (faring) yang berfungsi utama untuk  menyediakan saluran bagi udara yang keluar masuk dan juga sebagai jalan makanan dan minuman yang ditelan, faring juga menyediakan ruang dengung(resonansi) untuk suara percakapan.
  3. Pangkal tenggorokan (laring). Pada laring juga terdapat selaput suara yang akan bergetar jika berbicara. ada pangkal tenggorok terdapat selaput suara yang akan bergetar bila ada udara dari paru-paru, misalnya pada waktu kita bicara.
  4. Batang tenggorokan (trakea). Bagian dalam trakea licin dilapisi oleh selaput lendir dan mempunyai lapisan yang terdiri dari sel-sel bersilia. Lapisan bersilia ini berfungsi untuk menahan debu atau kotoran dalam udara agar tidak masuk ke dalam paru-paru.
  5. Paru-paru (pulmo) adalah alat pernapasan yang terletak di dalam rongga dada dan di atas diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut.

2. Organ Pencernaan

Proses pencernaan makanan diawali pada bagian mulut. Di dalam mulut makanan dihaluskan oleh gigi dan kelenjar ludah. Kelenjar ludah menghasilkan air ludah dan enzim ptialin. Enzim merupakan zat yang berguna untuk menghancurkan makanan secara kimiawi menjadi bagian yang lebih halus. Adapun organ pencernaan itu, yaitu:

  1. Mulut adalah organ pencernaan yang pertama bertugas dalam proses pencernaan makanan. Fungsi utama mulut adalah untuk menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup lebih kecil untuk dapat ditelan ke dalam perut.
  2. Lidah berfungsi untuk membantu mengunyah dan menelan makanan menuju ke kerongkongan, mengatur posisi makanan agar dapat dikunyah oleh gigi dan membantu dalam menelan makanan.
  3. Gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan, maka gigi dan lidah berfungsi sebagai pencernaan mekanik dalam mulut. Gigi membantu enzim-enzim pencernaan makanan agar dapat dicerna dengan efisen dan cepat.
  4. Kelenjar ludah menghasikan ludah atau air liur (saliva). Ludah berfungsi untuk membasahi dan melumasi makanan sehingga mudah dalam penelanan, serta melindungi selaput mulut terhadap panas, dingin, asam dan basa.
  5. Kerongkongan (esofagus) berfungsi sebagai saluran untuk memindahkan makanan dari mulut ke lambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikit ke dalam lambung. Makanan ada di dalam kerongkongan yang hanya sekitar 6 detik.
  6. Lambung (ventrikulus) adalah suatu kantung yang berdinding tebal, terletak di dalam rongga perut di bawah diafragma. Makanan dalam lambung seperti diaduk karena dinding lambung terdiri atas lapisan otot melingkar, memanjang, dan menyerong.
  7. Usus, yang terbagi atas usus halus dan usus besar (colon).

3. Organ Peredaran Darah

Bagian tubuh manusia yang berfungsi mengangkut dan mengedarkan oksign serta sari-sari makanan ke seluruh tubuh adalah darah. Peredaran darah dalam tubuh manusia terjadi melalui alat peredaran darah, yaitu:

  1. Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung manusia terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Pada jantung, bilik kiri bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan bilik kanan bertugas memompa darah ke paru-paru/
  2. Pembuluh darah merupakan saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya. Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang menyalurkan darah dari jantung. Lain halnya dengan pembuluh balik yang merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju ke jantung.
  3. Paru-paru merupakan organ yang ikut berperan dalam sistem peredaran darah manusia. Darah dari jantung yang sudah tidak mengandung oksigen diangkut menuju paru-paru. Peredaran darah pada tubuh manusia selalu berada di dalam darah sehingga disebut peredaran darah tertutup.